Home / Berita Terkini / Upacara Pelantikan Anggota Baru Resimen Mahasiswa Unpar 2020

Upacara Pelantikan Anggota Baru Resimen Mahasiswa Unpar 2020

Resimen Mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan (Menwa Unpar) menyelenggarakan acara penutupan pendidikan dasar Resimen Mahawarman Batalyon III Unpar angkatan ke-49 Pada Sabtu, (4/1) bertempatan di lapangan parkir Rektorat Unpar. Pada upacara penutupan tersebut, 5 mahasiswa secara resmi dilantik sebagai anggota baru Menwa Unpar. 

Menwa Unpar merupakan Unit Kegiatan Mahasiwa bela negara di Unpar, di mana mahasiswa yang bergabung akan dilatih dan dipersiapakan untuk mempertahankan NKRI sebagai perwujudan Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata). Para anggotanya juga merupakan salah satu komponen warga negara yang mendapatkan pelatihan militer.

Kelima anggota baru tersebut telah melaksanakan rangkaian kegiatan pendidikan dasar (diksar) selama kurang lebih 20 hari. Dalam 8 hari pertama dilaksanakan diksar satuan yang bertempat di Oray Tapa, Tugu Infantry. Kemudian dilanjutkan dengan diksar gabungan selama 12 hari di Lembaga Pendidikan Mahawarman, Cipanas, Garut. Pelatihan tersebut meliputi penggunaan senjata, taktik pertempuran, bertahan hidup, bela diri militer, penyamaran, navigasi, dan sebagainya.

Dalam amanatnya, dosen Fakultas Hukum Unpar R. Ismadi Santoso Bekti, S.H., M.H. selaku Pembina Upacara mengucapkan selamat kepada seluruh mahasiswa anggota Menwa Unpar yang telah mengikuti pendidikan dasar. “Unpar tentunya merasa sangat bangga memiliki Resimen Mahasiswa yang menjadi bagian nyata dalam rangka mencintai negeri ini dengan menyatukan kapasitas intelektual dengan kesamaptaan raga dalam bingkai mengawal dan menjaga republik tercinta,” ungkap Ismadi.

Beliau berharap jumlah mahasiswa yang ikut dalam program Menwa dapat lebih meningkat karena Menwa adalah komponen cadangan yang sangat diperlukan bagi kesatuan NKRI. “Beraktifitaslah dalam unit kegiatan yang telah disediakan oleh Unpar, berprestasilah dalam kegiatan studi yang masih harus saudara jalani,” pungkas Ismadi.

Upacara ini dihadiri oleh perwakilan Biro Kemahasiswaan dan Alumni Unpar, Danmenwa Mahawarman H. Djoni Wijaya Aluwi SH, Danmenwa Mahawarman Tiffany Gusti Ayu Cantigi, S.H., juga komandan-komandan satuan Menwa Mahawarman yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di Bandung. (MGI/DAN)