Prestasi Gemilang UKM Badminton UNPAR di Liga Pelajar Nusantara 2024

UNPAR.AC.ID, Bandung – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Badminton Universitas Parahyangan (UNPAR) telah menorehkan tinta emas dalam sejarah olahraga kampus dengan meraih prestasi membanggakan pada Liga Pelajar Nusantara 2024, yang diselenggarakan di Bogor. Dengan semangat dan dedikasi yang tinggi, tim badminton UNPAR berhasil memboyong gelar Juara 3 Ganda Putra Mahasiswa dan Juara 3 Tunggal Putra Mahasiswa.

Kesuksesan ini bukanlah perjalanan singkat atau kebetulan semata. Ivander, ketua UKM Badminton UNPAR, berbagi kisah inspiratif mengenai perjuangan timnya hingga mampu meraih prestasi cemerlang ini melalui wawancara tertulis yang dilakukan pada Kamis (04/04/2024).

“Pelatih kami, Rendy Sugiarto, seorang mantan atlet pelatnas, menetapkan standar dan metode latihan yang sangat tinggi. Kami berlatih dua kali seminggu dengan tambahan latihan fisik, menjaga kondisi kami tetap prima meskipun di tengah ujian tengah semester atau ujian akhir semester,” ungkap Ivander.

Motivasi utama tim badminton UNPAR adalah target yang diberikan oleh Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa) UNPAR, yang menjadikan tahun ini sebagai ‘tahun prestasi’. 

“Kami ditargetkan untuk meraih banyak prestasi, sekaligus membuktikan bahwa UKM Badminton UNPAR memiliki kemampuan bersaing. Kami juga berharap pencapaian ini dapat menarik minat brand atau sponsor untuk mendukung kami,” jelas Ivander dengan semangat.

Tantangan terbesar yang dihadapi tim adalah jadwal liburan yang membuat mereka terpisah dari pasangan ganda masing-masing. Namun, dengan dedikasi yang tinggi, mereka berhasil mengatasi tantangan ini dengan latihan mandiri di kota asal mereka selama liburan.

“Pendorong utama kami adalah dukungan dari UNPAR dan tanggung jawab besar yang kami miliki untuk tidak mengecewakan mereka,” tambah Ivander.

Dukungan UNPAR terhadap tim badminton termanifestasi dalam berbagai bentuk, mulai dari pembiayaan akomodasi, pendaftaran, hingga biaya latihan di Bogor.

“Kami juga melakukan iuran untuk pembelian shuttlecock selama di Bogor, namun, untuk latihan rutin, kami disubsidi oleh UNPAR. Ke depannya, kami juga berusaha mencari dukungan finansial dari luar agar dapat terus mengembangkan UKM Badminton UNPAR,” ungkap Ivander.

Mengenai langkah selanjutnya, Ivander berbagi visi besar UKM Badminton UNPAR. “Impian kami adalah menyelenggarakan UNPAR Badminton Competition, yang akan menjadi event tahunan. Kami juga akan mengikuti berbagai kompetisi seperti USM Open 2024 dan UGM Open 2024, serta membuka peluang kerja sama dan sponsorship,” ujarnya.

Ivander juga memiliki pesan inspiratif bagi mahasiswa UNPAR lainnya: “Usaha tidak akan mengkhianati hasil. Kami selalu latihan keras untuk tetap fit dan dalam kondisi terbaik. Saya berharap ini bisa menjadi inspirasi bagi semua mahasiswa UNPAR untuk terus berusaha meraih mimpi mereka.”

Prestasi UKM Badminton UNPAR di Liga Pelajar Nusantara 2024 tidak hanya merupakan kemenangan bagi tim tersebut, tetapi juga bagi seluruh komunitas UNPAR. Ini adalah bukti bahwa dengan dedikasi, kerja keras, dan dukungan yang tepat, mimpi besar dapat menjadi kenyataan. (NAT-Humas UNPAR)

Berita Terkini

UNPAR Gelar Pelepasan Bagi 12 Tenaga Kependidikan Purnabakti

UNPAR Gelar Pelepasan Bagi 12 Tenaga Kependidikan Purnabakti

UNPAR.AC.ID, Bandung – Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) mengadakan acara pelepasan bagi 12 tenaga kependidikan (tendik) purnabakti, pada Rabu (15/5/2024) di Operation Room Gedung Rektorat. Pelepasan purnabakti tersebut diadakan UNPAR sebagai bentuk penghargaan...

Kontak Media

Humas UNPAR

Kantor Sekretariat Rektorat (KSR), Universitas Katolik Parahyangan

Jln. Ciumbuleuit No. 94 Bandung 40141 Jawa Barat

Apr 5, 2024

X