Home / Alumni / Persatuan Mahasiswa Unpar

Persatuan Mahasiswa Unpar

Persatuan Mahasiswa (PM) Unpar didirikan pada tahun 1971. PM Unpar merupakan bentuk penyempurnaan dari Keluarga Mahasiswa Unpar yang merupakan student government sebelumnya. Anggota PM Unpar adalah Majelis Perwakilan Mahasiswa (MPM), Lembaga Kepresidenan Mahasiswa (LKM), 17 Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS), dan 26 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

PM Unpar merupakan wadah mahasiswa dalam berorganisasi maupun menyalurkan minat dan bakatnya. PM Unpar periode 2018/2019 memiliki prinsip dasar yang dijunjung tinggi, yaitu “Bersatu dalam aksi, bergerak dengan hati, bersama menginspirasi”.

MPM

Majelis Perwakilan Mahasiswa (MPM) memiliki fungsi legislatif dan yudikatif. Fungsi legislatif dari MPM yakni membuat peraturan yang harus ditaati setiap lembaga di dalam PM Unpar. Fungsi yudikatif MPM adalah untuk mengawasi setiap program kerja dan kegiatan kemahasiswaan yang dijalankan agar sesuai dengan peraturan yang telah dibuat.

Anggota MPM berasal dari perwakilan tiap fakultas di Unpar yang dipilih melalui Pemilihan Umum.

MPM berkewajiban untuk mencari, menampung, mempertimbangkan, dan menindaklanjuti setiap aspirasi dari seluruh mahasiswa Unpar.

Di periode 2018/2019, MPM mengangkat visi “MPM yang proaktif dan bersinergi sehingga memberikan kontribusi nyata bagi PM Unpar”. Adapun, visi tersebut tertuang ke dalam sejumlah misi yaitu mengoptimalkan kinerja dan peran MPM yang tepat guna di lingkungan Unpar; mengembangkan budaya komunikatif dengan seluruh elemen di Unpar; serta memberikan informasi yang akurat dan relevan mengenai fungsi dan perkembangan MPM di dalam PM Unpar.

LKM

Lembaga Kepresidenan Mahasiswa (LKM) merupakan organisasi tingkat universitas yang berfungsi sebagai lembaga eksekutif tertinggi dalam struktur PM Unpar.

Visi LKM periode 2018/2019 adalah akrab, strategis, inklusif yang disingkat sebagai AKSI. Dengan AKSI sebagai visi, LKM akan berusaha menghimpun kebutuhan setiap elemen Unpar lewat gerakan-gerakan yang esensial dan efektif serta lewat lingkungan kerja yang membangun dan transparan.

Adapun, visi tersebut dituangkan ke dalam sejumlah misi, yakni mewujudkan LKM yang hadir, partisipatif, dan peduli dalam menghimpun kebutuhan setiap elemen Unpar; bergerak secara esensial dan efektif; serta menciptakan lingkungan kerja yang membangun dan transparan.

HMPS

Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) adalah lembaga organisasi di tingkat program studi (jurusan). HMPS merupakan wadah mahasiswa di program studi untuk mengembangkan potensi diri. Terdapat 17 HMPS di dalam PM Unpar yang mewakili masing-masing program studi.

UKM

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) adalah wadah bagi mahasiswa untuk menggali potensi diri dan mengasah kemampuan soft skill yang sesuai dengan minat dan bakat mahasiswa. Di dalam PM Unpar terdapat 26 UKM yang terbagi dalam berbagai kategori seperti olahraga, seni, bela diri, dan lainnya.

Sumber: pm.unpar.ac.id