Home / Berita Terkini / Upacara 17 Agustus & Festival Merah Putih

Upacara 17 Agustus & Festival Merah Putih

Upacara dalam rangka merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia sudah selayaknya dilakukan oleh instansi-instansi pendidikan, untuk kembali menyelami nilai-nilai nasionalisme dan patriotik agar generasi kontemporer tidak kehilangan identitas diri sebagai bangsa Indonesia.

Memperingati kemerdekaan juga menjadi sarana untuk mengingatkan bahwa keadaan dimana kita dapat menentukan nasib kita sendiri untuk mencapai kebahagiaan, tidaklah didapat dengan mudah, tapi dengan daya, darah dan doa.

Dalam memperingati hal tersebut, Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) menyelenggarakan upacara peringatan kemerdekaan dengan menggandeng salah satu unit kegiatan mahasiswa (UKM) Bela Negara / Resimen Mahasiswa, pada Jumat (17/8).

Acara tersebut turut didukung oleh Paduan Suara Mahasiswa Unpar serta Lingkung Seni Tradisional (Listra) yang menampilkan lagu-lagu kebangsaan dan tari tradisional.

Selain itu, merayakan kemerdekaan juga butuh aksi nyata dan menarik untuk menggaet kalangan muda. Pada hari yang sama, Lembaga Kepresidenan Mahasiswa (LKM) Unpar menyelenggarakan Festival Merah Putih di parkiran rektorat Unpar.

“Kita maunya yang menarik, tapi juga nyata (dampaknya) pada masyarakat,” ungkap Erik Darmawan Menteri Kemahasiswaan LKM Unpar.

Ia menambahkan bahwa tahun ini Festival Merah Putih mengadakan lomba tarik tambang dan berbagai permainan lain sebagai tradisi perayaan kemerdekaan. Ia juga mengatakan, LKM tahun ini menyelenggarakan penjualan sembako murah dan garage sale untuk membantu masyarakat yang berkekurangan.

“…memang sih enggak gratis, tapi ya ini yang bisa kita lakukan untuk secara ga langsung ngebuka akses masyarakat pada kebutuhan mereka (sandang & pangan) dengan lebih murah dari biasanya,” jelas Erik.

Perayaan seperti ini, tambahnya, harusnya kita apresiasi lebih lagi karena menggambarkan bahwa mahasiswa Unpar telah sadar akan isu sosial dan ekonomi di masyarakat dan berusaha membantu semampunya. Hal inilah salah satu cara generasi muda untuk mengisi perayaan kemerdekaan.