Home / Berita Terkini / Silver Winner ISPRIMA untuk Warta Himahi

Silver Winner ISPRIMA untuk Warta Himahi

Warta Himahi (WH), majalah internal Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Universitas Katolik Parahyangan (HI Unpar) mempertahankan prestasinya dalam ajang Indonesia Student Print Media Award (ISPRIMA) 2018. WH Edisi 1 (Agustus 2017) bertema “Hello!” mendapatkan penghargaan Silver Winner WH dalam kategori The Best of Java Magazine ISPRIMA 2018. Prestasi ini menandakan peningkatan bagi WH, yang telah mendapatkan penghargaan Bronze Winner dalam kategori yang sama di ISPRIMA 2016 dan 2017.

Ajang penghargaan yang mengusung tema “Kreativitas Tanpa Batas di Era yang Terus Berubah” sendiri dihelat oleh Serikat Perusahaan Pers Indonesia (SPS Indonesia) di Hotel Mercure, Padang, Sumatra Barat pada 7 Februari 2018, berdekatan dengan perayaan Hari Pers Nasional. Sampul edisi WH yang terpilih adalah salah satu dari empat edisi WH dan 60 edisi majalah yang didaftarkan dalam ajang tersebut.

Editor-in-chief WH Brigette Giovandretta, menyampaikan rasa syukurnya atas keberhasilan WH pada ISPRIMA tahun ini. Hal ini tidak lepas dari kerja keras redaksi WH serta inovasi yang dilakukan belakangan ini. “Untuk periode ini, yang mungkin berbeda dari periode sebelumnya adalah perubahan cover,” ungkapnya. Bila sebelumnya sampul WH diisi oleh komposisi foto, maka kini sampul WH didominasi oleh ilustrasi yang menarik. Perubahan lain juga terlihat dari permainan tata letak dalam majalah, dengan permainan warna yang lebih beragam.

Brigette menjelaskan bahwa penilaian utama dilihat dari sampul majalah, khususnya kesesuaian antara sampul dengan tema yang diusung, serta kreativitas sampul. “Terus, dicocokkan lagi dengan isinya, apakah cover ini merepresentasikan isi dari tema yang kita ambil,” jelasnya. Sesuai dengan tema ISPRIMA, WH mengajukan empat edisi yang dihasilkan di tahun 2017. “Pertama, ‘Distanta Vikarsa’. Terus selanjutnya ‘Gone’, ‘Hello!’, sama terakhir People of Colour,” ujar Brigette.

Ia menambahkan bahwa prestasi yang didapat WH pada ISPRIMA kali ini melebihi harapan redaksi. Diawali dari pemberitahuan dari panitia bahwa WH terpilih sebagai salah satu pemenang dalam ISPRIMA. “Jujur, di situ kita deg-degan banget,” katanya, khususnya karena pada akhirnya, WH mampu menyabet Silver Winner. Ia mengaku, “Sangat di luar ekspektasi sih.” Brigette berharap agar prestasi ini mampu dipertahankan oleh Redaksi WH ke depan, dan, “Kalau bisa ditingkatkan.”