Home / Berita Terkini / Pelatihan Guru Fisika Hadirkan Solusi Pembelajaran Jarak Jauh

Pelatihan Guru Fisika Hadirkan Solusi Pembelajaran Jarak Jauh

Setiap tahun, Jurusan Fisika Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) menyelenggarakan Pelatihan Guru Fisika bagi para pendidik fisika di tingkat SMA. Melalui kegiatan ini, para guru dapat mengembangkan metode ajar dan wawasan fisika dengan bimbingan para dosen fisika Unpar.

Tahun ini, Fisika Unpar kembali menghadirkan PGF bagi para guru SMA. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, PGF kali ini diadakan secara daring selama tiga hari yaitu pada Sabtu, 3 Oktober, 10 Oktober, dan 17 Oktober 2020. Tidak hanya dilakukan lewat metode daring, materi PGF yang juga sangat relevan dengan pembelajaran jarak jauh yang tengah diimplementasikan oleh lebih dari seratus guru peserta pelatihan.

Memanfaatkan Gawai

Melalui Tema “Lab From Home: Percobaan Fisika Menggunakan Smartphone”, fasilitator dari fisika Unpar memberikan wawasan baru akan eksperimen fisika yang memanfaatkan gawai. Pelatihan menggunakan aplikasi “Phyphox” pada Android serta iOS ini dibawakan oleh enam dosen fisika Unpar yaitu Drs. Janto V. Sulungbudi, Philips N. Gunawidjaja, Ph.D., Reinard Primulando, Ph.D., Paulus C. Tjiang, Ph.D., Haryanto M. Siahaan, Ph.D., serta Aloysius Rusli, Ph.D.

Sebagai aplikasi eksperimen, Phyphox dapat dimanfaatkan sebagai alat peraga dalam pembelajaran jarak jauh. Dalam PGF, para guru diajak mengeksplorasi aplikasi tersebut melalui berbagai peragaan eksperimen. Pada tingkat dasar (basic), peserta mendapat penjelasan mengenai penggunaan Phyphox, serta percobaan mekanika serta resonansi gelombang suara dan mekanik.

Selanjutnya, para peserta diajak untuk meningkatkan wawasan mereka melalui percobaan yang lebih lanjut tingkatannya (advance). Percobaan tersebut antara lain eksperimen fotolistrik, serta pemanfaatan sensor eksternal yang diintegrasikan dengan Phyphox. Selain eksperimen, fasilitator dari Fisika Unpar juga akan berbagi pengalaman mengajar fisika secara daring sebagai inspirasi bagi para guru.

Tingkatkan Kualitas Pendidikan. 

Dekan Fakultas Teknologi Informasi dan Sains (FTIS) Unpar  Dr. rer.nat Cecilia Esti Nugraheni, S.T., M.T. menyambut baik keikutsertaan para guru secara daring dalam PGF 2020. Terlebih dalam masa pandemi ini, banyak inovasi berbasis teknologi yang dapat dipelajari oleh para peserta dalam mendukung pembelajaran jarak jauh. “Ini akan menjadi pengalaman baru bagi kita semua,” jelasnya. Ia juga berharap agar Unpar dapat menjalin kerjasama meningkatkan kualitas pendidikan dasar dan menengah di Indonesia.

Sejalan dengan sambutan Dekan FTIS, Rektor Unpar Mangadar Situmorang, Ph.D. mengapresiasi terselenggaranya PGF 2020. Ia menyoroti bagaimana pendidikan karakter dan praktikum dapat tetap berjalan optimal dalam proses pembelajaran digital. “Tantangan untuk kita, yang berusaha dijawab oleh Prodi Fisika,” ungkapnya. 

Rektor melanjutkan bahwa upaya ini dapat bermanfaat meningkatkan kualitas pendidikan daring. “Bersyukur, karena ada akselerasi,” tegasnya. “Tetapi barangkali lebih bersyukur karena ada kemajuan teknologi digital.”

Lewat teknologi, pendidikan daring diharapkan dapat semakin berkualitas. Optimalisasi digital ini menjadi kunci sehingga pada masa sulit pun para peserta didik tetap mendapatkan materi dan metode pembelajaran terbaik. Kegiatan PGF daring 2020 pun akan semakin bermakna untuk mempersiapkan para guru mencapai hal tersebut. (DAN – Divisi Publikasi)