Home / Berita Terkini / Yessy Venisia Turun di Ajang Olimpiade Rio de Janeiro 2016
Yessy Venisia-Atlet Renang Unpar Olimpiade Rio 2016
Sumber Foto: http://www.ligamahasiswa.co.id

Yessy Venisia Turun di Ajang Olimpiade Rio de Janeiro 2016

Student athlete asal Universitas Katolik Parahyangan (Unpar), Yessy Venisia Yosaputra, mewakili Indonesia di cabang olah raga renang bersama dengan Glenn Victor pada ajang Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro.

Sebelumnya, Indonesia dinyatakan tidak memenuhi persyaratan untuk kualifikasi limit B Olimpiade oleh Federasi Renang Internasional (FINA) melalui surat yang dikirim FINA OG Entries Coordinator, Pedro Adrega, 13 Juli 2016 lalu.

Keadaan tersebut membuat Indonesia memilih jalur wild card untuk bisa menempatkan wakilnya di Olimpiade Rio de Janeiro. Namun, untuk jatah wild card ini, Indonesia harus mengajukan permohonan untuk mengirimkan satu perenang putra dan satu perenang putri, dengan syarat perenang yang didaftarkan harus yang ikut dalam kejuaraan dunia renang 2015 di Kazan, Rusia.

Setelah memilih para perenang yang akan diturunkan pada ajang Olimpiade nanti. Pihak PRSI akhirnya menjatuhkan pilihannya kepada Yessy Yosaputra dan Glenn Victor untuk masuk ke dalam daftar penerima wild card.

Jatuhnya pilihan kepada Yessy juga bukan tanpa alasan. Dari  data yang berhasil dihimpun, Yessy sendiri setidaknya telah meraih sembilan medali di ajang kompetisi renang nasional maupun internasional, ditambah empat medali serta predikat best swimmer di ajang Liga Mahasiswa (LIMA) LIMA Swimming 2015.

Sementara itu, satu prestasi pada keikutsertaannya dalam kejuaraan dunia di Kazan, Rusia pada tahun lalu menjadi kunci keberangkatan putri kelahiran 27 Agustus 1994 tersebut ke Rio.

Kesempatan berlaga di Olimpiade 2016 ini dikatakan Yessy sebagai sesuatu yang sangat membanggakan karena hal ini merupakan mimpinya sejak kecil yang akhirnya bisa terwujudkan.

“Awalnya saya tidak menyangka bisa terpilih untuk mewakili Indonesia di ajang Olimpiade. Yang jelas, saya sangat senang sekali dengan kesempatan ini, terlebih ini adalah mimpi saya sejak kecil yang akhirnya bisa menjadi kenyataan juga,” ujar perenang yang mengidolakan Missy Franklin tersebut.

“Mengenai persiapan, saya latihan setiap hari agar menjaga kondisi agar tetap prima. Untuk program khusus kemungkinan akan lebih banyak race pace ketika latihan,” tambahnya.

Dengan dipastikannya dua kuota wild card dari renang, maka total kontingen Indonesia dalam ajang Olimpiade di Rio de Janeiro, Brasil, bertambah menjadi 28 atlet. Dengan rincian atlet 10 bulutangkis, tujuh angkat besi, empat panahan, 2 rowing, satu atletik, satu BMX dan dua perenang.

Perhelatan Olimpiade 2016 sediri akan dihelat do Rio de Janeiro, Brasil, pada 5 – 21 Agustus 2016.

 

Sumber: http://www.ligamahasiswa.co.id