Home / Berita Terkini / Wisuda I Unpar 2019-2020

Wisuda I Unpar 2019-2020

Sebanyak 945 orang wisudawan dan wisudawati Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) mengikuti Upacara Wisuda I Unpar Tahun Akademik 2019-2020. Kegiatan Wisuda yang diselenggarakan di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) pada Sabtu (22/2/2020) ini menjadi momen penting bagi lulusan yang siap terjun dan membaktikan ilmunya bagi negeri dan masyarakat luas.

Adapun 945 lulusan terdiri dari empat jenjang studi yang berbeda, yaitu lulusan Doktor sebanyak 4 orang, lulusan Magister sebanyak 29 orang, lulusan Sarjana sebanyak 894 orang, serta 18 orang lulusan program Diploma III. Para lulusan berasal dari tujuh fakultas di Unpar, yaitu 244 lulusan Fakultas Ekonomi, 105 lulusan Fakultas Hukum, 220 lulusan Fakultas Teknik, 270 lulusan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 72 lulusan dari Fakultas Teknologi Industri, 31 orang lulusan Fakultas Teknologi Informasi dan Sains, serta tiga lulusan dari Fakultas Filsafat.

Arak-arakan dan penampilan Lingkung Seni Tradisional (Listra) Unpar sebagai pengiring masuknya Senat Universitas mengawali Upacara Wisuda. Seusai sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan upacara pelantikan wisudawan dan wisudawati yang ditandai dengan pemindahan tali topi oleh Rektor Unpar Mangadar Situmorang, Ph.D. dan pemberian ijazah oleh dekan fakultas masing-masing. 

Selain itu, upacara diisi dengan Pembacaan Janji Wisudawan dipimpin oleh Gilberta Miranda Hutabarat, S.T. yang diikuti wisudawan dan wisudawati Unpar, serta Pamit Wisudawan yang disampaikan oleh Liko Kurniawan, S.Ak. Wisudawan dan wisudawati yang tergabung dalam Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Unpar turut memberikan persembahan lagu untuk mengungkapkan kegembiraan dan rasa syukur atas kelulusan ini.

Ibarat Cangkir Kopi

Dalam sambutannya, Rektor Unpar secara khusus mengingatkan para wisudawan dan wisudawati untuk membaktikan ilmu yang mereka peroleh lewat proses belajar di Unpar. Ibaratnya, menurut beliau, ilmu yang telah dikumpulkan oleh para wisudawan selama masa-masa kuliah serupa cangkir kopi yang terisi penuh, yang suatu saat bisa ‘tumpah’ dan keluar dari wadahnya. 

“Kalau hati, budi, pikiran kita terisi oleh hal-hal yang baik, itulah yang kita ekspresikan,” ungkap Rektor. Ia berharap agar lulusan berani untuk ‘menumpahkan’ ilmu untuk menjawab problematika nyata di tengah masyarakat. “Keluarkan pengetahuan itu, keluarkan kearifan itu, keluarkan kegembiraan itu,” tegasnya, “(Karena) itulah yang selama ini Anda isi di Unpar.”

Wisuda I Unpar 2019-2020 dihadiri oleh Sekretaris Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV Ir. Dharnita Chandra, M.Si., Drs. Antonius Tardia selaku perwakilan Yayasan Unpar, serta Wakil Ketua Ikatan Alumni Unpar (IKA Unpar) Ir. Lydia Dewi Setiawan. Acara ini disaksikan pula oleh para orang tua, kerabat dan handai taulan dari wisudawan dan wisudawati. (/DAN)