UNPAR Virtual Job Fair : Pembekalan Pengetahuan Aplikatif Dunia Nyata bagi Mahasiswa

Lembaga Pengembangan Pemelajaran dan Karier adalah salah satu unit yang bertugas membekali mahasiswa dengan berbagai pengetahuan aplikatif untuk menyiapkan mahasiswa sejak awal perkuliahan sampai dengan lulus agar siap bekerja. Di setiap tahun, LPPK bekerjasama dengan serangkaian perusahaan untuk bersama-sama memberi pembekalan kepada mahasiswa di dunia nyata melalui UNPAR Virtual Job Fair.

Unlocking My Potential 

Rangkaian pertama webinar dimulai pada Senin (12/4/2021) dari Bright Internship. Webinar bertema “Unlocking My Potential” dengan Ariady (Director of Strategic Partnerships Bright Internships) sebagai narasumber. Ariady memaparkan 14 aspek agar hidup berjalan secara seimbang dalam perspektif ekonomi. Awal kelahiran merupakan opening stock, hal yang datang kepada kita adalah credit, hal yang pergi dari kita adalah debit. Kematian merupakan closing stock dimana kita tidak bisa berbuat apa-apa lagi terkait dengan kehidupan duniawi. Ide merupakan aset dalam diri dan kebiasaan buruk dianggap sebagai liabilitas. Kebahagiaan merupakan keuntungan sedangkan kesedihan merupakan kerugian, maka dari itu usahakan tetap membahagiakan diri sendiri dan orang sekitar. Jiwa adalah goodwill dan hati merupakan fixed asset. Karakter diri adalah capital, pengetahuan adalah investasi, dan semakin berumur maka diri akan semakin mengalami penurunan value dalam bidang pekerjaan. Tidak lupa bahwa ada auditor dari semua kegiatan ini yang tidak lain adalah Tuhan Sang Pencipta.

Online Recruitment Hack

Di hari yang sama juga diadakan webinar bertajuk “Online Recruitment Hack”. Kegiatan ini mengundang Roberto Maria Sontani (Recruitment Management Head Astra Credit Companies) sebagai pembicara. 

Dalam wawancara pekerjaan terdapat beberapa hal yang wajib diketahui oleh para job seeker yaitu posisi apa yang dilamar, siapa yang mewawancara, perusahaan yang dilamar, hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum wawancara dimulai, perkiraan waktu yang akan dihabiskan dalam wawancara, dan mempersiapkan hal yang akan dipresentasikan kepada pewawancara. 

Di masa pandemi ini, sudah banyak perusahaan yang melakukan proses rekrutmen secara daring. Baik daring maupun luring, pelamar harus siap baik secara mental, pengetahuan, dan juga fisik. Hal yang membuat proses rekrutmen secara online lebih sulit karena tentunya lebih sulit untuk membangun koneksi antara pelamar dan pewawancara. Koneksi dibangun dari kedua belah pihak, namun pelamar sebagai yang membutuhkan pekerjaan harus lebih berusaha contohnya dengan mengetahui profil dari pewawancara.

How to Create a Work Life Harmony

Rangkaian webinar LPPK terakhir pada Jumat (16/4/2021) bekerjasama dengan Asuransi Astra. Webinar bertema “How to Create a Work Life Harmony”. Tidak bisa dipungkiri pembagian waktu antara kehidupan bekerja dan kehidupan pribadi pada masanya akan menjadi suatu tantangan tersendiri. Webinar mengundang Natasya Sheba (Digital Specialist Asuransi Astra) dan Christian Gautama (Facilities Management Analyst Asuransi Astra) sebagai narasumber.

Ketika lulus kuliah, Syeba mengira kehidupannya akan lebih santai karena telah terbebas dari perkuliahan. Nyatanya, sejak masuk ke dalam pekerjaannya di Asuransi Astra pikiran tersebut sirna. Bagi Syeba terdapat beberapa cara untuk menyeimbangkan waktu antara kerja dan kuliah yaitu menggunakan cuti dalam pekerjaan sebaik mungkin dan melakukan plotting untuk mengetahui tujuan akhir bekerja setiap tahunnya dan target yang ingin dicapai.

Akibat pandemi, tentu siklus kehidupan juga berubah. Christian yang sebelum pandemi bisa jalan-jalan secara bebas bersama teman dan keluarga, sekarang sudah tidak bisa karena memikirkan kesehatan keluarga yang berada di rumah. Pada awalnya work from home (WFH) membuat Christian merasa kesulitan terkait komunikasi dengan rekan kerja. Namun bagi Christian yang telah merantau sejak masa kuliah, sisi positif dari masa WFH yakni membuatnya memiliki banyak waktu bersama keluarga dan semakin akrab.

Survival KIT : The Generation Z for Starting Tech Career

Pada hari yang sama yaitu Jumat (16/4/2021), LPPK bersama dengan Jatis Mobile mempersembahkan webinar bertajuk “Survival KIT : the Generation Z for Starting Tech Career”. Kegiatan mengundang Maryam Yosepa, Susy Ardin, Ricky Nauvaldy Ruliputra (Dept. Head of HRD / GM Project Specialist / Unit Head of Engineer PT Informasi Teknologi Indonesia (Jatis Mobile)) sebagai narasumber. 

Terdapat beberapa kesulitan yang nampak dari para pelamar pekerjaan. Pertama, sulitnya mencari pekerjaan di tengah pandemi. Kedua, tidak adanya pengalaman bekerja khususnya bagi para fresh graduate sedangkan kebanyakan lowongan pekerjaan membutuhkan orang yang sudah berpengalaman. Ketiga, kebutuhan IT yang meningkat secara tajam sedangkan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni kurang.

Jatis Mobile memahami permasalahan ini dan menyediakan solusi yakni sebagai Job Connector yaitu jembatan yang menghubungkan perusahaan dengan talent yang sesuai di pasar. Bagi talent yang belum memiliki kemampuan di bidang IT, Jatis Mobile memberikan Virtual Training Session yaitu pelatihan untuk meningkatkan kemampuan IT.

Di masa WFH, para pekerja tetap harus memiliki working mindset. Dengan bekerja di rumah bukan berarti bisa santai-santai, tetapi harus tetap mengarahkan pikiran agar tetap fokus dengan pekerjaan yang ada. Untuk mempermudah hal tersebut, pekerja dapat menyiapkan satu tempat khusus untuk bekerja, bukan di kasur ataupun di ruang makan agar dapat memisahkan antara pekerjaan dan dunia di luar itu. Selanjutnya, buatlah to-do-list agar mempermudah pencapaian tujuan agar lebih terarah.

Supaya tercapai stabilitas antara kehidupan pekerjaan dan kehidupan pribadi, bekerjalah dalam waktu kerja. Selain itu, pertemuan dengan orang yang sekarang lebih baik dilakukan secara daring mengingat masa pandemi perlu dilakukan secara rutin untuk menjaga interaksi. (JNS)