UNPAR Tuan Rumah Seminar dan Musyawarah Akademisi Profesi Dosen Vokasi Indonesia

UNPAR.AC.ID, Bandung – Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) Bandung menjadi tuan rumah penyelenggaraan seminar dan musyawarah nasional Akademisi Profesi Dosen Vokasi Indonesia (APDOVI), Selasa (20/6/2023). Eksistensi dan penguatan dosen vokasi menuju Indonesia Unggul pun menjadi upaya bersama APDOVI untuk membangun pendidikan tinggi.

Mengutip keterangan tertulis dari Program Vokasi dan Profesi (PVP) UNPAR, pada Rabu (28/6/2023). Keberhasilan pendidikan tinggi vokasi memerlukan beberapa upaya, antara lain:

  1. Penguatan kompetensi dosen vokasi sebagai dosen profesional dengan keahlian khusus bagi para dosen;
  2. Peningkatan kompetensi profesi dosen vokasi yang berkesinambungan;
  3. Komunikasi aktif dan kolaborasi antara dosen vokasi dengan industri untuk menjadikan kompetensi yang profesional bagi para dosen.

Ketua Umum APDOVI 2020-2023 Sigit Pranowo Hadiwardoyo mengatakan, APDOVI diharapkan dapat menjadi rumah bagi pengembangan kompetensi dosen vokasi Indonesia. APDOVI sendiri terbentuk atas inisiasi 10 Perguruan Tinggi, salah satunya UNPAR. 

Kepala PVP UNPAR Prof. Wimpy Santosa, Ph.D pun menyambut baik dan mendukung penuh kegiatan APDOVI. Rektor UNPAR Mangadar Situmorang, Ph.D juga menyampaikan dukungannya untuk setiap kegiatan Program Vokasi untuk meningkatkan kontribusi di dunia pendidikan.

“Kami menyambut baik dan sangat mendukung kegiatan APDOVI karena dapat menjadi ruang belajar bersama dalam mengembangkan pendidikan vokasi,” ujar Prof. Wimpy

Retna Apsari selaku moderator membersamai Marwansyah selaku Direktur Politeknik Negeri Bandung dan M. Sigit Darmawan selaku Dekan Fakultas Vokasi Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya juga berbagi dalam sharing tentang pengelolaan dan pengembangan dosen program vokasi yang bertujuan untuk menghasilkan generasi unggul di masa depan.

Selain penyelenggaraan seminar, diadakan pula Musyawarah Nasional (Munas) ke-2 untuk memilih kepengurusan periode 2023-2026 untuk tingkat nasional dan wilayah. Munas yang dipimpin oleh Maksimus Bisa bersama Lia Dahlia Iryani dan Rahmat Yuliawan, telah menyepakati secara aklamasi Arman Faslih sebagai Ketua Umum APDOVI periode tahun 2023 – 2026.

Selain itu, untuk mengoptimalkan kolaborasi, telah dipilih Ketua Pengurus Wilayah untuk 6 area di seluruh Indonesia. APDOVI pun diharapkan menjadi wadah yang dikembangkan oleh dan untuk dosen vokasi sehingga semakin menguatkan eksistensi dan kontribusi di dunia pendidikan Indonesia. (Ira Veratika SN-Humkoler UNPAR)

Berita Terkini

Selami Seni dan Komunitas dalam Kuliah Umum Estetika UNPAR

Selami Seni dan Komunitas dalam Kuliah Umum Estetika UNPAR

UNPAR.AC.ID, Bandung – Di tengah perkembangan abad ke-21 yang membawa perubahan cepat dan mendasar, Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) menggelar Kuliah Umum Estetika bertajuk “Seni, Komunitas, dan Penghayatan Pengetahuan” pada Kamis (13/06/2024). Acara ini...

Kontak Media

Humas UNPAR

Kantor Sekretariat Rektorat (KSR), Universitas Katolik Parahyangan

Jln. Ciumbuleuit No. 94 Bandung 40141 Jawa Barat

Jun 28, 2023

X