Home / Berita Terkini / Unpar Tempati Peringkat Tiga

Unpar Tempati Peringkat Tiga

Kalahkan Universitas Pelita Harapan 63-54

Bandung, (PR).-Tim putri Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) akhirnya merebut peringkat ketiga Lima Basketball Nationals Season 4, 2015-2016. Mereka menekuk Universitas Pelita Harapan (UPH) 63-54 dalam laga terakhir di GOR C-Tra Arena Kota Bandung, Minggu (21/2/2016).

Tampil tanpa beban, putri Alligators menurunkan Jessica, Elsa, Jessie, Andrea, dan Calista sebagai starter. Mereka langsung menekan dan unggul 8-3 hingga menit ke-5. Tertinggal poin, starting five Pelita Harapan yang dihuni Devina, Christie, Vitta, Regita, dan Sharah tak lantas menyerah. Sedikit demi sedikit UPH mulai bangkit dan menipiskan selisih skor menjadi 15-13 di akhir kuarter pertama.

Pertarungan ketat terjadi pada kuarter kedua. Secara mengejutkan, Pelita Harapan mampu membalikan keadaan menjadi 20-24 sampai pertengahan kuarter. Namun, parahyangan yang tampil lepas bisa segera keluar dari tekanan dan kembali unggul 27-26 sampai waktu turun minum.

Memanfaatkan kelengahan pemain Parahyangan, Pelita Harapan kembali berbalik unggul 34-38. Namun, lagi-lagi Calista cs bisa meredam tekanan dan memimpin 46-40 di akhir kuarter ketiga.

Pada kuarter terakhir, Parahyangan sepenuhnya mampu mengendalikan permainan. Poin demi poin mereka tembakan ke papan skor. Begitu pun pertahanan yang rapi membuat serangan Pelita Harapan yang datang bertubi-tubi mampu dihalau dengan baik. Unggul 52-46 di paruh kuarter keempat, Parahyangan mengakhiri pertandingan dengan skor akhir 63-54.

Silvia Elsa menjadi pemain terbaik bagi Unpar di pertandingan ini. Ia menorehkan 20 poin dan 11 rebound. Sementara di kubu Pelita Harapan, penampilan Vitta tak kalah impresif dengan membukukan 19 poin dan 11 rebound.

Seusai pertandingan, pelatih Unpar, Arifin mengaku bangga dengan penampilan anak asuhnya. Tak hanya di partai itu, tetapi sepanjang kompetisi berlangsung.

“Dengan materi pemain yang di bawah rata-rata tim unggulan lain, mampu sampai ke semifinal pun saya sudah puas. Bisa meraih peringkat ketiga, saya bangga sekali,” ujarnya.

Esa Unggul Juara

Sementara itu, tim putri Universitas Esa Unggul (UEU) Jakarta menjawarai Lima Basketball Nationals Season 4 setelah menundukan tim Universitas Airlangga 61-44 dalam partai final.

Tampil memukau, UEU menggebrak sejak menit awal. Mereka unggul 15-13 di kuarter pertama. Memasuki kuarter kedua, UEU menunjukan dominasinya. Keunggulan pun semakin lebar, 31-32 di akhir kuarter ini. Unggul 51-35 di kuarter ketiga, UA semakin sulit mengejar UEU yang menutup pertandingan dengan skor 61-44.

Sayang keberhasilan tim putri UEU tak diikuti tim putra mereka. Putra UEU harus tunduk 62-77 dari UPH. Sementara bagi putra UPH hasil itu membuat mereka mempertahankan gelar juara, sekaligus tim pertama yang menjuarai Lima Basketball National dua kali berturut-turut. (Handri Handriansyah)***

Sumber: Pikiran Rakyat (Senin, 22 Februari 2016)