UNPAR Resmi Buka Pendaftaran Calon Rektor Periode 2023-2027

UNPAR.AC.ID, Bandung – Pendaftaran Calon Rektor Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) periode 2023-2027 resmi dibuka, pada Kamis (27/10/2022) oleh Panitia Proses Seleksi Rektor dalam giat “Sosialisasi Tata Cara Pengangkatan dan Penetapan Rektor Masa Bakti 2023-2027. Pendaftaran Calon Rektor UNPAR dibuka sampai dengan 30 November 2022.

Ketua Pengurus Yayasan UNPAR Pastor Basilius Hendra Kimawan, OSC., L.Th menuturkan bahwa Pengurus Yayasan menilai di era kini perubahan yang begitu cepat, maka Rektor UNPAR di masa mendatang dituntut pula bisa berhadapan langsung dengan masalah-masalah yang harus segera diatasi. 

“salah satu hal misalnya, Rektor mendatang akan diminta benar-benar bekerja sama dengan semua komponen yang ada untuk meningkatkan jumlah penerimaan mahasiswa baru. Seperti kita tahu, tahun ini turun dibanding dengan tahun yang sebelumnya,” tuturnya.

Menurutnya, peningkatan jumlah penerimaan mahasiswa baru menjadi tantangan nyata bagi Rektor periode selanjutnya. Tak hanya itu, Pastor Hendra pun berharap para dosen dan tenaga kependidikan dapat semakin maksimal dalam menjalankan tugasnya serta mengoptimalkan semua potensi yang ada untuk membawa kemajuan signifikan bagi UNPAR.

“Untuk menghadapi hal itu, figur Rektor seperti apa yang kita butuhkan? Tentunya bukan hanya untuk menghadapi tantangan-tantangan yang ada di depan mata, tetapi juga menyiapkan landasan-landasan penting supaya kita bisa mengatasi tantangan jauh ke depan,” ucapnya.

Oleh karena itu, diharapkan Rektor Masa Bakti 2023-2027 merupakan sosok yang luar biasa. Pengurus Yayasan pun tak menutup peluang bagi pihak eksternal untuk mendaftar sebagai calon Rektor UNPAR. 

“Di dalam UNPAR sendiri ada banyak potensi, begitu pula dari luar UNPAR. Potensi itu tetap terbuka demi kebaikan UNPAR. Mudah-mudahan ada banyak calon yang mau menjadi Rektor UNPAR, karena itu dibutuhkan kerja keras kita bersama. Semoga ada banyak orang luar biasa yang mau menjadi Rektor dengan segala tantangan-tantangan yang jelas sangat besar. Mari saling mendukung satu sama lain dan mewujudkan visi misi kita bersama,” kata Pastor Hendra.

Sementara itu, Ketua Panitia Proses Seleksi Rektor UNPAR Masa Bakti 2023-2027 Dr. Henky Muljana, S.T., M.Eng., menuturkan bahwa pendaftaran calon Rektor UNPAR resmi dibuka karena sejalan dengan akan berakhirnya masa jabatan Rektor UNPAR 2019-2023 pada 30 Juni 2023 mendatang.

“Karena itu UNPAR perlu mencari Rektor Masa Bakti  2023-2027. Juga yang dibutuhkan UNPAR adalah kepemimpinan yang tegas, energik, decisive, dan teguh untuk kepentingan bersama (Bonum Commune) untuk kemajuan bersama. Hal itu sesuai dengan yang disampaikan oleh Rektor UNPAR Bapak Mangadar Situmorang,  pada upacara hari Kemerdekaan 17 Agustus 2022,” tuturnya.

Selanjutnya, dijelaskan pula tahapan pengangkatan dan penetapan Rektor. Di antaranya harus memenuhi 5 jenis persyaratan dan kriteria sebagai berikut:

  1. Persyaratan Administratif;
  2. Persyaratan Akademik;
  3. Persyaratan Kesehatan;
  4. Persyaratan dan Kriteria Manajerial;
  5. Persyaratan dan Kriteria lntegritas Moral serta Kepribadian.

Kemudian, proses pengangkatan dan penetapan Rektor terdiri dari:

  1. Tahap I Penjaringan Pelamar;
  2. Tahap ll Penyeleksian Bakal Calon Rektor;
  3. Tahap lll Pertimbangan Normatif dan Penilaian Bakal  Calon Rektor;
  4. Tahap IV Penetapan Calon Rektor;
  5. Tahap V Presentasi Calon Rektor;
  6. Tahap VI Pengangkatan dan Penetapan Rektor.

Tahap I Penjaringan Pelamar (27 Oktober – 30 November 2022)

  • Ada 2 jalur pengusulan nama:
  • Jalur usulan Fakultas/Biro/Lembaga/Kantor/Perpustakaan: Setiap unit diharapkan dapat memberi dukungan  berupa usulan minimal 2 nama dosen (Deadline: 11 November 2022).
  • Jalur usulan pribadi karyawan (dosen/tendik). Setiap karyawan dapat memberikan 5 usulan nama dosen (Deadline : 11 November 2022).

Tahap II Penyeleksian Bakal Calon Rektor (1 Desember 2022 – 17 Januari 2023)

  • Tes Kesehatan dan tes manajerial pelamar
  • Kegiatan matrikulasi untuk para pelamar
  • Penetapan Bakal Calon Rektor oleh Yayasan
  • Penyusunan Kertas Posisi

Tahap III Pertimbangan Normatif dan Penilaian Bakal Calon Rektor Diberikan oleh Senat Universitas (18 Januari 2023 – 18 Februari 2023)

  • Memberikan penilaian terhadap keseluruhan bakal calon Rektor

Tahap IV Penetapan Calon Rektor (18 Februari 2023 – 23 Februari 2023)

  • Penetapan Calon Rektor oleh Yayasan berdasarkan pertimbangan normatif dan penilaian Bakal Calon Rektor dari Senat Universitas 

Tahap V Presentasi Calon Rektor (24 Februari 2023 – 28 Februari 2023)

  • Meminta penyempurnaan atas Kertas Posisi masing-masing Calon Rektor;
  • Menyelenggarakan Forum Komunitas untuk menyaksikan presentasi Calon Rektor, dengan mengundang segenap komunitas akademik UNPAR.

Tahap VI Pengangkatan dan Penetapan Rektor (1 Maret 2023 – 31 Maret 2023)

  • Proses Pengangkatan dan Penetapan oleh Pengurus Yayasan UNPAR

Panitia Proses Seleksi Rektor UNPAR mengundang Anda sebagai calon Rektor UNPAR Masa Bakti 2023-2027. UNPAR membutuhkan seorang yang berjiwa pemimpin, enerjik, tegas, teguh, menjunjung bonum commune, dan siap melayani. Info lebih lanjut melalui seleksirektor.unpar.ac.id. (Ira Veratika SN-Humkoler UNPAR)

Berita Terkini

UNPAR Launching Pusat Studi STEM, Menjadi yang Kesembilan di Indonesia

UNPAR Launching Pusat Studi STEM, Menjadi yang Kesembilan di Indonesia

UNPAR.AC.ID, Bandung – Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) resmi me-launching Pusat Studi Kajian Pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics), pada Sabtu (26/11/2022) lalu di Mgr. Geisse Lecture Theatre. UNPAR menjadi kampus kesembilan di...

Kontak Media

Divisi Humas & Protokoler

Kantor Pemasaran dan Admisi, Universitas Katolik Parahyangan

Jln. Ciumbuleuit No. 94 Bandung
40141 Jawa Barat

Oct 27, 2022

X