UNPAR Raih Tiga Penghargaan Anugerah LLDIKTI IV Tahun 2023

UNPAR.AC.ID, Bandung – Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) mendapatkan tiga penghargaan sekaligus dalam Anugerah Lembaga Layanan Pendidikan TInggi (LLDIKTI)  Wilayah IV Tahun 2023 yang bertempat secara luring di Hotel Novotel, Tangerang pada Kamis (16/2/2023) malam.

Acara tersebut mengangkat tema Perguruan Tinggi LLDIKTI Wilayah IV Terdepan dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Tinggi melalui Gerakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Dengan mengusung tema tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kompetensi lulusan baik dari segi soft skill maupun hard skill serta menyiapkan lulusan yang unggul sesuai dengan kebutuhan zaman.

Dalam malam penganugerahan tersebut, UNPAR raih 3 kategori Penghargaan Anugerah LLDIKTI Wilayah IV Tahun 2023 yaitu Perguruan Tinggi dengan Akreditasi Unggul, Gold Winner PT dengan Akreditasi Prodi Minimal Baik Sekali/B Terbesar Kategori Universitas dan Institut, dan Silver Winner Kerja Sama Internasional Terbaik Anugerah Dikti Ristek tahun 2022. 

Penghargaan tersebut diterima langsung Rektor UNPAR Mangadar Situmorang, Ph.D. saat malam penganugerahan bersama para PTS lainnya di Jawa Barat dan Banten. Rektor menuturkan, capaian tersebut semakin mengukuhkan komitmen UNPAR dalam menjaga kualitas serta kolaborasi demi peningkatan mutu pendidikan tinggi.

“Anugerah atau penghargaan ini merupakan pengakuan dan apresiasi dari pemerintah melalui LLDIKTI IV terhadap UNPAR yang secara konsisten menjaga mutu pendidikan tinggi. Akreditasi peringkat Unggul yang disandang UNPAR dan/atau Baik Sekali dari seluruh program studi yang ada juga merupakan bagian dari pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) yan dijalankan pemerintah, baik melalui BAN-PT maupun Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi pada Kemendikbudristek,” tutur Rektor, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (17/2/2023).

Lebih dari itu, Rektor menyampaikan pula terima kasihnya atas kontribusi dan kerja sama semua pihak, baik seluruh pimpinan maupun unit kerja yang ada di lingkungan UNPAR. Anugerah tersebut dicapai berkat komitmen bersama komunitas akademik UNPAR.

“Ini adalah hasil kerja keras, komitmen, dan dedikasi semua anggota komunitas akademik UNPAR yang terus memberikan yang terbaik bagi kemajuan UNPAR,” ujarnya.

Selain itu, terhadap Anugerah Kerjasama Internasional yang diraih UNPAR, Rektor menggarisbawahi bahwa kemajuan dan perkembangan UNPAR akan sangat ditentukan oleh kerja-kerja kolaboratif. 

“Untuk itu UNPAR harus semakin terbuka dan mampu mengelola potensi dan sumberdaya yang berlimpah di luar UNPAR, baik itu yang ada di lembaga pemerintahan, dunia usaha dan organisasi kemasyarakatan. Secara khusus, alumni yang tergabung dalam IKA UNPAR merupakan potensi yang sangat besar, termasuk dalam membuka akses dan jejaring ke dunia internasional,” ucap Rektor.

Sekadar informasi, Anugerah LLDIKTI Wilayah IV Tahun 2023 merupakan bagian dari Rakorda LLDIKTI IV Jabar Banten yang dihadiri lebih dari 450 pimpinan perguruan tinggi di Jabar dan Banten. Pada rangkaian acara pembukaan, Mendikbudristek Nadiem Makarim kembali menegaskan pentingnya transformasi pendidikan tinggi yang digerakkan oleh kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Hasil yang dicapai dalam tiga tahun implementasi Kampus Merdeka dapat menunjukkan capaian positif seperti jumlah mahasiswa yang mengikuti pendidikan di luar prodi dan PT serta jumlah lulusan yang langsung terserap oleh dunia kerja dengan imbalan atau gaji yang lebih baik.

Pada kesempatan berikutnya Plt. Dirjen Dikti, Prof. Nizam mengharapkan peran PT di Jabar dan Banten untuk menghasilkan lulusan, penelitian dan kolaborasi yang semakin tinggi kualitasnya untuk menjawab persoalan bangsa. Prof. Nizam juga mengingatkan bahwa angka partisipasi kasar (APK) pendidikan tinggi di Jabar masih rendah (24-25%) dibandingkan APK nasional (39-40%).

Selain menghadirkan presentasi dari anggota Dewan Eksekutif BAN PT, pada Rakorda kali ini juga dihadiri pimpinan pemerintah daerah (bupati dan walikota) dari berbagai kota dan kabupaten yang ada di Jabar dan Banten. 

LLDIKTI IV juga mengundang dan menghadirkan perwakilan dari dunia usaha dunia industri (DUDI) yang pada kesempatan ini diwakili oleh Chief Operation Officer (COO) Auto2000 Ivan Petrus Sadik yang juga alumni dari Fakultas Hukum UNPAR. Ivan Sadik juga tercatat sebagai Ketua Umum IKA UNPAR. Dalam pemaparannya, Ivan Sadik menyampaikan kontribusi Auto2000 dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan tinggi nasional, baik melalui penyediaan beasiswa, tempat magang, dan praktik kerja maupun untuk lapangan pekerjaan. (JES-Humkoler UNPAR)

Berita Terkini

Prestasi Gemilang UKM Badminton UNPAR di Liga Pelajar Nusantara 2024

Prestasi Gemilang UKM Badminton UNPAR di Liga Pelajar Nusantara 2024

UNPAR.AC.ID, Bandung – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Badminton Universitas Parahyangan (UNPAR) telah menorehkan tinta emas dalam sejarah olahraga kampus dengan meraih prestasi membanggakan pada Liga Pelajar Nusantara 2024, yang diselenggarakan di Bogor. Dengan...

Sistem Penghubung Layanan dan SSO untuk Transformasi Digital Indonesia

Sistem Penghubung Layanan dan SSO untuk Transformasi Digital Indonesia

UNPAR.AC.ID, Bandung - Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik atau yang dikenal dengan sebutan SPBE merupakan salah satu upaya transformasi digital di Indonesia. Fokus utama dari SPBE ialah meningkatkan layanan publik agar masyarakat bisa mendapatkan kemudahan dan...

Kontak Media

Humas UNPAR

Kantor Sekretariat Rektorat (KSR), Universitas Katolik Parahyangan

Jln. Ciumbuleuit No. 94 Bandung 40141 Jawa Barat

Feb 17, 2023

X