UNPAR Raih Peringkat 2 Universitas Terbaik Publikasi Riset Versi Nature Index 2023

UNPAR.AC.ID, Bandung – Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) meraih prestasi gemilang dengan menempati peringkat kedua dalam Nature Index 2023 untuk wilayah Indonesia. Pencapaian ini didasarkan pada data terbaru yang mencakup periode 1 September 2022 hingga 31 Agustus 2023.

Menurut hasil pemeringkatan yang diterbitkan di situs resmi Nature, UNPAR berhasil memperoleh nilai share sebesar 1,33, menandakan kontribusi yang signifikan dalam penelitian ilmiah di berbagai bidang keilmuan. Sebanyak dua artikel penelitian yang dihasilkan oleh UNPAR turut berkontribusi pada prestasi tersebut.

Berdasarkan pemeringkatan terbaru, UNPAR mendapatkan sebaran kontribusi sebesar 1.50 yang didapatkan dari 2 artikel dengan topik Physical Science di jurnal internasional. Kedua artikel tersebut berjudul “Meissner effect and holographic dual for the Melvin-Kerr-Newman-Taub-NUT spacetimes” dengan sebaran kontribusi sebesar 0,50 bersama University of Saskatchewan, Canada. Serta “Hidden conformal symmetries in Kerr-de Sitter spacetime revisited”. Kedua artikel ini ditulis oleh Dosen Program Studi Fisika, Haryanto M. Siahaan. 

Nature Index, yang diakui sebagai tolok ukur kredibilitas dan kualitas penelitian ilmiah, memberikan peringkat berdasarkan output publikasi ilmiah suatu institusi. Pemeringkatan ini mempertimbangkan jumlah artikel penelitian dan nilai share, yang merupakan metrik khas Nature Index. Nilai share mencerminkan seberapa besar kontribusi suatu lembaga terhadap artikel penelitian tertentu.

Pencapaian ini menandai posisi UNPAR di puncak ranah akademik Indonesia, bersaing dengan institusi-institusi ternama lainnya. Peringkat UNPAR pada Nature Index 2023 juga menandakan UNPAR berada di posisi strategis sebagai lembaga pendidikan tinggi yang mampu bersaing secara global.

Keberhasilan UNPAR dalam Nature Index 2023 memberikan dorongan positif bagi lingkungan akademik dan penelitian di Indonesia. UNPAR terus menunjukkan komitmen kuatnya untuk berkontribusi dalam mengembangkan pengetahuan dan ilmu pengetahuan di tingkat nasional dan internasional.

Dengan demikian, prestasi UNPAR dalam Nature Index 2023 menjadi landasan kokoh bagi perguruan tinggi ini untuk terus berkarya dan berinovasi di masa depan, membawa harum nama Indonesia di kancah penelitian ilmiah global. 

Nature Index merupakan basis data terbuka berisi informasi afiliasi dari artikel penelitian yang diterbitkan dalam 145 jurnal sains berkualitas pilihan. Setiap tahunnya, Nature Index mengeluarkan peringkat publikasi untuk beberapa lembaga khususnya perguruan tinggi yang didasarkan oleh dua nilai, yakni jumlah artikel dan sebaran kontribusi. (NAT/KTH-Humas UNPAR)

Berita Terkini

Mengendalikan A.I. di Era A.I.

Mengendalikan A.I. di Era A.I.

UNPAR.AC.ID, Bandung - Hampir semua orang di dunia sudah familiar dengan teknologi Artificial Intelligence (A.I.) pun menggunakannya. Artificial Intelligence atau Kecerdasan Artifisial adalah mesin (komputer) yang memiliki kemampuan untuk berpikir dan bertindak...

Prodi Studi Humanitas UNPAR Terakreditasi Baik BAN PT

Prodi Studi Humanitas UNPAR Terakreditasi Baik BAN PT

https://www.youtube.com/watch?v=tPoNEuVdlLc UNPAR.AC.ID, Bandung – Program Studi Studi Humanitas Universitas Katolik Parahyangan telah memenuhi peringkat akreditasi “Baik” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) tertanggal 23 Januari 2024. Peringkat...

Kontak Media

Divisi Humas & Protokoler

Kantor Pemasaran dan Admisi, Universitas Katolik Parahyangan

Jln. Ciumbuleuit No. 94 Bandung 40141 Jawa Barat

Feb 2, 2024

X