Home / Berita Terkini / Unpar Raih Penghargaan ICSB Indonesia Presidential Award 2016 Bidang Penelitian
Unpar Raih Penghargaan ICSB dalam bidang penelitian

Unpar Raih Penghargaan ICSB Indonesia Presidential Award 2016 Bidang Penelitian

International Council for Small Business (ICSB) Indonesia pada Selasa (13/09) lalu memberikan penghargaan “ICSB Indonesia Presidential Award 2016” pada Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) untuk pilar Academician khususnya dalam bidang penelitian (research). Penghargaan ICSB tersebut diberikan atas dedikasi serta komitmen Unpar dalam mendukung kemajuan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia. Penghargaan yang diberikan pada acara Makan Malam Pembukaan The 4th Asian SME Conference 2016 tersebut diterima langsung oleh Rektor Unpar Mangadar Situmorang di depan Menteri Koperasi & UKM Republik Indonesia, A.A.G.N. Puspayoga serta 700 para peserta konferensi yang berasal dari dalam negeri serta 100 lainnya yang berasal dari 16 negara.

ICSB sendiri merupakan sebuah organisasi nirlaba internasional yang didirikan pada tahun 1955 dengan tujuan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan usaha kecil dan menengah di seluruh dunia yang pada gilirannya dapat memberikan dampak ekonomi dan sosial yang positif bagi suatu negara, dimana organisasi ini memilik 70 chapter di berbagai negara, termasuk ICSB Indonesia sebagai salah satu afilisasi yang baru terbentuk pada tahun 2015 lalu.

ICSB mempertemukan akademisi, peneliti, pembuat kebijakan, dan praktisi dari seluruh belahan dunia yang berfungsi sebagai 4 pilar utama untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman di bidangnya masing-masing. Salah satu Dosen Program Studi Teknik Industri Unpar, Catharina Badra Nawangpalupi, saat ini juga merupakan salah satu pengurus ICSB Indonesia.

ICSB Global pada Juli 2016 lalu menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah The 4th Asian SME Conference 2016 yang merupakan konferensi UKM se-Asia yang diadakan pada 13-17 September 2016 di The Kasblanka, Mal Kota Kasablanka, Jakarta oleh Asia Council for Small Business (ACSB) yang didukung oleh Kementerian Koperasi & UKM RI.

Mengangkat tema “Small Business or Start-Up: Entrepreneurship, Productivity, Creativity”, acara ini diisi dengan serangkaian kegiatan menarik seperti Industrial Visit, presentasi penelitian di bidang UKM,  Youth Entrepreneurship Camp, ACSB 2016 Awards, ACSB Dean Council, ACSB Academic Conference,  talkshow, The 2nd ASEAN Marketing Summit, Asian SME Awards 2016, Bandung Cultural Night yang dipersembahkan oleh Ridwan Kamil selaku Walikota Bandung serta Wonderful Indonesia Field Trip to Bandung.