Home / Berita Utama / Unpar Masuk Peringkat 50 Besar PT di Indonesia
Indonesia

Unpar Masuk Peringkat 50 Besar PT di Indonesia

Tahun 2017, Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) kembali membuktikan diri sebagai salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia. Dalam pemeringkatan universitas seluruh Indonesia yang dirilis Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) beberapa waktu lalu, Unpar kembali masuk ke dalam daftar 100 perguruan tinggi non-politeknik terbaik di Indonesia. Bahkan, berdasarkan pemeringkatan tersebut, Unpar menjadi universitas swasta terbaik di Provinsi Jawa Barat.

Berdasarkan klasterisasi dan pemeringkatan tahun 2017, Unpar dikategorikan sebagai universitas klaster dua, berada di peringkat ke-34 secara nasional. Bila dibandingkan dengan perguruan tinggi swasta non-politeknik se-Indonesia, Unpar kini menduduki peringkat ke-4 nasional. Selama tiga tahun berturut-turut, Unpar adalah universitas swasta terbaik untuk wilayah Indonesia bagian barat (Provinsi Jawa Barat, DKI Jakarta dan Banten, juga Sumatera).

Berbagai faktor memengaruhi capaian kualitas tersebut. Indikator yang memengaruhi penilaian adalah akreditasi institusi dan program studi, kualitas dosen dan kecukupan dosen tetap, kegiatan penelitian, serta kualitas dan prestasi kegiatan kemahasiswaan. Saat ini, mayoritas program studi sarjana dan diploma yang ada di Unpar telah terakreditasi amat baik.

Hal ini didukung pula dengan peningkatan kualitas dan kuantitas tenaga pengajar di Unpar. Tidak hanya melalui pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi (program Doktor), para dosen juga meningkatkan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Tidak sedikit pula hasil penelitian dosen Unpar yang mampu menebus berbagai jurnal internasional, juga dipakai oleh akademisi secara global.

Meskipun demikian, masih banyak ruang bagi universitas untuk meningkatkan kualitasnya, khususnya di bidang kegiatan mahasiswa, utamanya melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Tidak hanya mahasiswa, peningkatan kuantitas dan kualitas kegiatan penelitian serta pengabdian masyarakat yang diadakan oleh tenaga kependidikan, yang mengikutsertakan mahasiswa selaku akademisi belia, juga memengaruhi kualitas universitas secara umum.

Dalam perjalanannya selama 62 tahun, Unpar membuktikan diri sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia. Di tanah kelahirannya, Jawa Barat, Unpar tetap menjadi yang terbaik, diakui tidak hanya oleh pemerintah, namun juga berintegrasi dalam masyarakat.