UNPAR Perdana Mulai Program Praktisi Mengajar, Libatkan 11 Praktisi Beri Kuliah Kolaborasi

UNPAR.AC.ID, Bandung – Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) resmi memulai program Praktisi Mengajar secara perdana dengan melibatkan 11 praktisi yang mumpuni. Praktisi Mengajar yang merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) itu resmi diluncurkan dalam acara “Kick Off Praktisi Mengajar 2023”, secara virtual, Selasa (9/5/2023).

Adapun 11 praktisi yang terlibat dalam kelas kolaborasi, yaitu:

  1. Magdalena Hasian
  2. William Alexander Tosina
  3. Ramanda Audia Adam
  4. R Moh Karunia Romadhoni
  5. Fadjar Swatyas
  6. Regi Rifyunando
  7. Dadang Budiaji
  8. Adrian Aldo Bagaskara
  9. Padlah Riyadi
  10. Danang Rizky Utomo
  11. Achmad Machsuni

Koordinator Perguruan Tinggi Program Praktisi Mengajar UNPAR Kristining Seva, S.S., M.Pd menuturkan, selain melibatkan 11 praktisi tersebut, sebanyak 7 dosen UNPAR dari berbagai fakultas juga terlibat dalam pelaksanaan kelas kolaborasi program Praktisi Mengajar itu.

Sementara 7 Dosen UNPAR yang terlibat yaitu:

  1. Pascal Alfadian Nugroho, S.Kom., M.Comp.
  2. Rismawati, S.H., M.H.
  3. Dr. Aknolt Kristian Pakpahan
  4. Dr. Amelia Setiawan, S.E., M.Ak.,CA.
  5. Dian Sadeli, S.E., M.Ak.
  6. Edy Syahputra Sihombing, S.S., M.Hum.
  7. Dr. Margaretha Banowati Talim, Dra., M.Si

Wakil Rektor Bidang Akademik UNPAR Prof. Tri Basuki Joewono, Ph.D. berharap, dengan dimulainya program Praktisi Mengajar di UNPAR, bisa memberikan ilmu yang memadai bagi para mahasiswa UNPAR. 

“Mahasiswa UNPAR diharapkan juga memiliki pengetahuan mengenai kerja praktik dan tidak hanya teori saja. Program ini juga diharapkan dapat membawa cita-cita UNPAR untuk membuat pembelajaran yang semakin relevan dengan dunia nyata,” ucapnya.

Sementara itu, perwakilan dari Kantor Sekretariat MBKM UNPAR, Dr. Sylvia Fettry Elvira Maratno, S.E., S.H., M.Si., Ak.menyampaikan bahwa program Praktisi Mengajar yang dilaksanakan di UNPAR ini merupakan yang pertama kali dan didanai oleh pemerintah untuk satu semester penuh. 

Lebih lanjut, melalui program Praktisi Mengajar ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi lulusan agar lebih sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan di masa mendatang. Sebagaimana diketahui bahwa kebutuhan dan tuntutan dunia karier yang dapat berubah dari waktu ke waktu.

“Dengan adanya program ini, para mahasiswa bisa dipersenjatai oleh pengalaman praktis mengenai cara menerapkan ilmu yang telah mereka pelajari dari para praktisi, memungkinkan mereka untuk lebih siap menghadapi pasar kerja,” ujarnya.

Dalam acara tersebut, disampaikan pula teknis pelaksanaan program yang akan diikuti oleh para praktisi dan mahasiswa UNPAR selama satu semester.

Tidak hanya itu, sesi tanya jawab juga dilakukan bersama para praktisi untuk memastikan pemahaman yang lebih komprehensif terkait program ini. Setelah semua teknis dan informasi telah disampaikan dengan jelas, acara ditutup dengan pengesahan secara virtual dan foto bersama antara para praktisi dan jajaran UNPAR.

Sebagaimana dikutip dari laman resmi Kemendikbudristek, pada Rabu (10/5/2023), program Praktisi Mengajar ini diusung untuk melatih lulusan perguruan tinggi agar lebih siap memasuki dunia kerja. Praktisi Mengajar menekankan kolaborasi aktif antara dosen dengan praktisi ahli untuk terciptanya pertukaran ilmu dan keahlian yang mendalam dan bermakna antar sivitas akademika di perguruan tinggi dan profesional di dunia kerja. (NAT/SYA-Humkoler UNPAR)

Berita Terkini

UNPAR dan Bank BJB Bersinergi Dorong Pertumbuhan UMKM melalui BJBPreneur

UNPAR dan Bank BJB Bersinergi Dorong Pertumbuhan UMKM melalui BJBPreneur

UNPAR.AC.ID, Bandung – Pada Selasa (20/02/2024), Ruang Multifungsi PPAG Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) menjadi arena yang ramai oleh kehadiran para pemangku kepentingan dari berbagai sektor dalam acara “BJBPreneur: Future for Sustainability on Campus”. Acara...

UNPAR Raih 3 Gold Winner Anugerah LLDIKTI IV Tahun 2024

UNPAR Raih 3 Gold Winner Anugerah LLDIKTI IV Tahun 2024

UNPAR.AC.ID, Bandung – Universitas Katolik Parahyangan meraih tiga Gold Winner Anugerah Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV Tahun 2024, yang bertempat di The Grand Krakatau Ballroom pada Senin (19/2/2024) malam. Dalam malam penganugerahan tersebut,...

Kontak Media

Divisi Humas & Protokoler

Kantor Pemasaran dan Admisi, Universitas Katolik Parahyangan

Jln. Ciumbuleuit No. 94 Bandung 40141 Jawa Barat

May 10, 2023

X