UNPAR Peduli Cianjur, Salurkan Donasi Bagi Warga Terdampak Bencana

UNPAR.AC.ID, Bandung –Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Bencana Gempa Cianjur Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) menyerahkan donasi berupa uang dan kebutuhan pokok yang jumlahnya mencapai Rp 35 juta yang terkumpul dari seluruh komunitas akademik UNPAR. Donasi yang diserahkan pada Selasa (31/1/2023) itu juga menjadi program kerja terakhir yang dilakukan Posko UNPAR Peduli Cianjur sejak berdiri pada Desember 2022 lalu di Desa Sarampad, Kecamatan Cugenang, Kab. Cianjur.

Sebagaimana diketahui, Posko UNPAR Peduli Cianjur diinisiasi sebagai bentuk kepedulian atas warga yang terdampak bencana gempa bumi Cianjur yang terjadi pada 21 November 2022 lalu. Penggalangan donasi dilakukan sebagai upaya membantu meringankan beban para korban yang terkena dampak. 

Dalam keterangan tertulis yang diterima dari Satgas Penanganan Bencana Gempa Cianjur UNPAR, Jumat (3/2/2023), Posko UNPAR Peduli Cianjur dibagi dalam dua bagian. Pertama untuk internal pengelolaan data, donasi, dan program kerja. Sementara di lapangan, dilakukan koordinasi dengan masyarakat, mencari data, dan melaksanakan program kerja di Desa Sarampad.

Dari hasil asesmen pada 1-3 Desember 2022, disepakati ada dua program kerja yang akan dilakukan selama di Cianjur. Pertama adalah pembuatan bak penampungan air bersih. Kedua, pendirian sekolah darurat dan trauma healing untuk anak-anak usia 4-12 tahun. 

Foto; Dok. Satgas Penanganan Bencana Cianjur UNPAR

“Pembuatan bak penampungan air bersih dilakukan oleh tim teknisi Biro Umum dan Teknik (BUT) UNPAR. Sementara sekolah darurat dan trauma healing diberikan tim dari Lembaga Pengembangan Humaniora (LPH) UNPAR bersama Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Korgala UNPAR,” demikian dijelaskan dalam keterangan tertulis yang diterima dari Satgas Penanganan Bencana Gempa Cianjur UNPAR.

Satgas Penanganan Bencana Gempa Cianjur UNPAR pun memulai program pendidikan sekolah darurat dan trauma healing pada 16-18 Desember 2022. Sementara pembuatan bak penampungan air dilaksanakan pada 21-23 Desember 2022.

“Kegiatan terakhir adalah penyerahan donasi yang terkumpul dari seluruh komunitas akademik UNPAR pada 31 Januari 2023. Dari penggalangan donasi, terkumpul uang sejumlah Rp 35.070.654,” demikian dituturkan.

“Sesuai dengan 8 sasaran bantuan arahan dari pemerintah daerah, donasi terkumpul kami alokasikan untuk pembelian beras, makanan anak, obat-obatan untuk anak dan orang dewasa, terpal, perlengkapan untuk kebutuhan rumah ibadah, perkakas pertukangan, perlengkapan sanitasi dan donasi uang untuk 5 warga yang memerlukan bantuan untuk biaya transportasi pengobatan,” lanjutnya.

Foto; Dok. Satgas Penanganan Bencana Cianjur UNPAR

Dengan berakhirnya penyerahan donasi, secara resmi Posko UNPAR Peduli Cianjur dihentikan. Satgas Penanganan Bencana CIanjur UNPAR pun  berharap ke depannya koordinasi semua pihak tetap terjaga dengan baik dalam hal gerak bersama penanganan bencana. Baik berupa pembentukan posko, program, dan penggalangan donasi. Tak hanya itu, program berupa revitalisasi pasca bencana juga bisa direalisasikan dengan koordinasi semua pihak. (KTH-Humkoler UNPAR)

Berita Terkini

Prestasi Gemilang UKM Badminton UNPAR di Liga Pelajar Nusantara 2024

Prestasi Gemilang UKM Badminton UNPAR di Liga Pelajar Nusantara 2024

UNPAR.AC.ID, Bandung – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Badminton Universitas Parahyangan (UNPAR) telah menorehkan tinta emas dalam sejarah olahraga kampus dengan meraih prestasi membanggakan pada Liga Pelajar Nusantara 2024, yang diselenggarakan di Bogor. Dengan...

Sistem Penghubung Layanan dan SSO untuk Transformasi Digital Indonesia

Sistem Penghubung Layanan dan SSO untuk Transformasi Digital Indonesia

UNPAR.AC.ID, Bandung - Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik atau yang dikenal dengan sebutan SPBE merupakan salah satu upaya transformasi digital di Indonesia. Fokus utama dari SPBE ialah meningkatkan layanan publik agar masyarakat bisa mendapatkan kemudahan dan...

Kontak Media

Humas UNPAR

Kantor Sekretariat Rektorat (KSR), Universitas Katolik Parahyangan

Jln. Ciumbuleuit No. 94 Bandung 40141 Jawa Barat

Feb 3, 2023

X