Home / Alumni / Unpar Menerima Anugerah SPMI

Unpar Menerima Anugerah SPMI

Pada peringatan Hari Teknologi Nasional (Harteknas) tahun ini, Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) menerima Piagam Apresiasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI). Penyerahan Piagam dilaksanakan pada puncak peringatan Harteknas yang berlangsung di Pekanbaru pada 10 Agustus 2018. Rektor Unpar Mangadar Situmorang Ph.D menerima penghargaan tersebut dari Direktorat Penjaminan Mutu, Prof. Aris Junaedi selaku Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti). Unpar menerima penghargaan tersebut bersama universitas dan sejumlah sekolah tinggi dan politeknik.

Piagam apresiasi diberikan berdasarkan penilaian Kemristekdikti bahwa Unpar telah menjalankan prinsip utama penyelenggaraan pendidikan tinggi, yakni budaya mutu. Dari ratusan perguruan tinggi yang memberikan laporan atau informasi tentang pemetaan pelaksanaan SPMI, sebagian kecil diantaranya dinyatakan telah melengkapi seratus persen informasi yang dibutuhkan. Dari jumlah tersebut hanya belasan perguruan tinggi yang diputuskan untuk divisitasi. Ini merupakan asesmen lapangan yang dilakukan oleh asesor yang ditugaskan oleh Kemristekdikti.

Melalui Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) yang bertanggungjawab atas pelaksanaan standar dan budaya mutu, Unpar menerima asesmen lapangan yang dilakukan oleh asesor Prof. Hartanto Nugroho pada Sabtu 4 Agustus 2018. Asesor tidak hanya memeriksa kelengkapan dokumen standar yang telah dirumuskan dan dikembangkan sejak 2009, tetapi juga memeriksa dengan seksama pelaksanaannya berupa Audit Mutu Internal (AMI) yang dilakukan secara reguler.

Hasil AMI juga diperiksa terkait dengan tindaklanjut berupa koreksi dan perbaikan. Berdasarkan hasil asesmen tersebut, Unpar dinyatakan telah melakukan siklus SPMI yakni PPEPP, yaitu Penetapan Standar, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Perbaikan standar secara berkelanjutan. Berdasarkan praktik baik tersebut, Unpar dinyatakan berhak untuk mendapatkan apresiasi.

Atas piagam apresiasi ini, Rektor menyampaikan selamat dan terima kasih kepada LPM dibawah komando Dr. Thomas Anung, Dr. Elly Erawati, Dr. Roy, staf LPM serta semua unit yang telah menjalankan arahan dan standar yang telah ditentukan. Juga, kepada Prof. Johannes Gunawan, Prof. Bernadette dan Prof. Bambang Suryoatmono yang tiada hentinya mendorong dan mengawal pelaksanaan SPMI Unpar.

Diharapkan, semoga dengan apresiasi tersebut, Unpar terus mengembangkan diri dengan berpedoman pada standar dan budaya mutu yang tinggi. Hal itu semakin relevan juga penting mengingat penilaian dan sistem akreditasi yang akan datang akan berdasar pada Outcome-Based Education (OBE).