UNPAR Luluskan 84 Mahasiswa Program Profesi Insinyur

UNPAR.AC.ID, Bandung – Rektor Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) Mangadar Situmorang, Ph.D. mengukuhkan 84 mahasiswa Program Studi Program Profesi Insinyur (PS-PPI) dalam Upacara Wisuda I Tahun Akademik 2022/2023 yang digelar secara hybrid di Auditorium Pusat Pembelajaran Arntz-Geise (PPAG) UNPAR, Sabtu (3/12/2022). Tercatat, hingga Semester Ganjil 2022/2023 PS-PPI UNPAR telah memiliki 305 lulusan insinyur.

Kepala PS-PPI UNPAR Ir. Tony Handoko, ST, MT, IPM., dalam laporannya menuturkan bahwa sejak berdiri pada September 2020, sampai saat ini PS-PPI UNPAR telah memiliki 5 angkatan. Angkatan ke-4 yang dilantik sebagai insinyur telah menyelesaikan masa perkuliahannya.

“Kegiatan akademik Angkatan ke-4 jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) dilaksanakan selama satu semester, mulai 26 Februari 2022 hingga 20 Agustus 2022 secara daring. Perkuliahan diwarnai dengan kuliah umum yang menjadi bagian mata kuliah wajib PS-PPI UNPAR ditambah dengan pengembangan wawasan tentang dispute solution dan tantangan tenaga kerja konstruksi yang tersertifikasi yang memenuhi K4,” tuturnya.

Lebih lanjut, dipaparkan pula bahwa para mahasiswa juga melakukan kegiatan diskusi dan tanya jawab dalam pengisian Formulir Asesmen Mandiri yang akan diases oleh para asesor. Proses asesmen di PS-PPI UNPAR dilakukan oleh para asesor berpengalaman dan profesional dari berbagai bidang kejuruan serta dari berbagai perguruan tinggi terpilih. Kegiatan ini juga dimaksudkan membantu  mempersiapkan mahasiswa dalam pengisian FAIP untuk mendapatkan sertifikat insinyur profesional pada tahap selanjutnya di Persatuan Insinyur Indonesia.

“Dengan demikian, sampai Semester Ganjil 2022/2023 PS-PPI UNPAR telah memiliki 305 lulusan insinyur. Kami juga mengucapkan selamat bagi para lulusan yang dilantik hari ini dan mendoakan menjadi mercusuar dalam menjalankan peran insinyur di kancah nasional maupun internasional,” ujarnya.

Rektor UNPAR Mangadar Situmorang, Ph.D. pun mengatakan bahwa 84 mahasiswa yang berhasil menyelesaikan program PS-PPI di UNPAR merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Menurut Rektor, hal tersebut sesuai dengan amanat yang diemban UNPAR untuk meningkatkan sumber daya manusia Indonesia, khususnya melalui PPI.

“Sekali lagi kepada para insinyur selamat bekerja, selamat berkarya  membangun bangsa dan juga masyarakat,” ucap Rektor.

Sementara itu, Ketua Badan Pelaksana PPPI PII Prof. Ir. Asep Kurnia Permadi, MSc., Ph.D., IPU., dalam sambutannya mengatakan menyambut baik penambahan jumlah insinyur lulusan PS-PPI. Hal ini pula yang menjadi komitmen bersama termasuk komitmen Persatuan Insinyur Indonesia (PII) dalam menambah jumlah Perguruan Tinggi penyelenggara PS-PPI dan jumlah insinyur sampai tahun 2024 sebagai target dari kepengurusan PII dibawah kepemimpinan Ketua Umum Dr. Ir. Danis Hidayat Sumadilaga, M.Eng.Sc., IPU.

Terbitnya Permendikbudristek 39 tahun 2022 tentang Program Profesi Insinyur diharapkan pula dapat memberikan peluang yang lebih besar untuk peningkatan kualitas maupun kuantitas penyelenggaraan PS-PPI ke depannya.

“Kami mempunyai harapan besar untuk dapat terus menambah jumlah Perguruan Tinggi penyelenggara dan jumlah insinyur lulusan PS-PPI  sampai tahun 2024. Sekali lagi, selamat kepada para insinyur baru yang telah dilantik dari PS-PPI UNPAR,” tuturnya. (JES-Humkoler UNPAR)

Berita Terkini

Menilik Ihwal Ekonomi Kesejahteraan dari Perspektif Amartya Sen

Menilik Ihwal Ekonomi Kesejahteraan dari Perspektif Amartya Sen

UNPAR.AC.ID, Bandung – Dewasa ini, kesejahteraan ekonomi merupakan hal yang masih sulit untuk dicapai. Faktor utama dari kesejahteraan bukan lagi berbicara mengenai ekonomi semata, lebih jauh lagi berbicara mengenai kemanusiaan dan hal tersebut harus dapat diukur. ...

Panitia Seleksi Umumkan 6 Bakal Calon Rektor UNPAR Masa Bakti 2023-2027

Panitia Seleksi Umumkan 6 Bakal Calon Rektor UNPAR Masa Bakti 2023-2027

UNPAR.AC.ID, Bandung – Panitia Proses Seleksi Rektor Universitas Katolik Parahyangan mengumumkan 6 nama Bakal Calon Rektor UNPAR masa bakti 2023-2027 di Selasar Multifungsi Pusat Pembelajaran Arntz-Geise UNPAR, Kamis (26/1/2023). Dari 10 Pelamar Bakal Calon Rektor, 6...

Kontak Media

Divisi Humas & Protokoler

Kantor Pemasaran dan Admisi, Universitas Katolik Parahyangan

Jln. Ciumbuleuit No. 94 Bandung
40141 Jawa Barat

Dec 3, 2022

X