Home / Berita Terkini / Unpar dan Media Massa, “Bersama Menjadi Inspirasi Pendidikan”

Unpar dan Media Massa, “Bersama Menjadi Inspirasi Pendidikan”

Berdiri sejak tahun 1955, Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) hadir sebagai perguruan tinggi yang hidup bersama dengan masyarakat Jawa Barat. Kontribusi, keunggulan, dan popularitas Unpar di khalayak masyarakat Jawa Barat turut direpresentasikan dengan kehadiran media massa.

Tidak bisa dipungkiri, media massa merupakan ‘instrumen’ komunikasi publik sekaligus sebagai ‘katalisator’ dalam penyelenggaraan pendidikan. Atas dasar hal tersebut, Unpar menyelenggarakan ‘Media Gathering’ pada Kamis (3/3) lalu di Hotel Hilton Jalan HOS Tjokroaminoto, Bandung. Kegiatan ini merupakan forum komunikasi sekaligus membina hubungan baik antara Unpar dengan media massa.

Hadir dalam acara ini, para pimpinan struktural Unpar, Mirza Zulhadi sebagai Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Barat, Erwin Kustiman selaku Redaktur Pelaksana Harian Pikiran Rakyat beserta insan media lainnya.

Di dalam dialog interaktif bertajuk “Unpar dan Media Massa Bersama Menjadi Inspirasi Pendidikan di Jawa Barat”, Mangadar Situmorang, Ph.D., selaku Rektor Unpar mengatakan bahwa kepakaran dan keilmuan yang dimiliki perguruan tinggi dapat dimengerti dan diterima khalayak masyarakat melalui media massa. Artinya, media secara efektif, efisien, signifikan, dan menyeluruh dapat membantu menerapkan fungsi ‘edukasi’ kepada khalayak maupun melakukan publikasi mengenai kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan pihak universitas. Dengan demikian, kepakaran dan konteks keilmuan yang diterapkan perguruan tinggi dapat dengan mudah dipahami publik melalui pemberitaan media massa.

Ketua PWI Jawa Barat, Mirza Zulhadi mengatakan bahwa popularitas suatu perguruan tinggi turut didukung dengan semakin banyaknya pakar dari perguruan tinggi yang disorot media. Demikian pula dengan Unpar yang disorot media sebagai perguruan tinggi yang unggul dalam Prodi Arsitektur dan Prodi Ilmu Hubungan Internasional.

Mengutip pernyataan, Dr. Budi Husodo Bisowarno selaku Wakil Rektor Unpar, Bidang Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat, dan Kerjasama, mengatakan, “Unpar tengah mengembangkan diri sebagai kampus yang berkualitas sehingga kedepan, Unpar dapat dikenal sebagai kampus yang unggul.”

Melalui ‘Media Gathering’, diharapkan terjalin hubungan harmonis serta meningkatkan kerjasama sinergis antara Unpar dengan media massa, untuk bersama menjadi inspirasi pendidikan di Indonesia, khususnya Jawa Barat.