UNPAR Buka Pendaftaran MBKM Khas, Bisa Diikuti Mahasiswa Kampus Lain

UNPAR.AC.ID, Bandung – Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) bekerja sama dengan Lembaga Layanan Pendidikan TInggi Wilayah IV (LLDIKTI IV) membuka program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Khas UNPAR, yaitu MBKM Bela Negara, MBKM Ekologi, dan MBKM Seni Artsperiment. Pendaftaran untuk ketiga program itu juga dapat diikuti oleh mahasiswa yang berasal dari Perguruan Tinggi lainnya di Kota Bandung dan dibuka hingga 5 Februari 2024. Sementara bagi mahasiswa UNPAR dibuka hingga 10 Februari 2024.

Pendaftaran MBKM Khas UNPAR bisa dilakukan melalui bit.ly/DAFTARKHASUNPAR2024

Bagi yang tertarik mendaftarkan diri, berikut persyaratannya:

  1. Mahasiswa aktif dari semua jurusan/program aktif yang telah menempuh Semester 5 (sarjana) atau Semester 3 (diploma tiga manajemen);
  2. IPK minimal 2,75;
  3. Berkonsultasi dengan ketua program studi

Kegiatan MBKM Khas UNPAR memberikan keleluasaan dan kesempatan kepada mahasiswa UNPAR untuk menempuh pembelajaran di luar program studinya setara dengan 20 sks dan mendapatkan pendanaan proyek.

MBKM Khas UNPAR mengedepankan kreativitas berpikir mahasiswa, pengayaan substansi pembelajaran dan sekaligus mengambil bagian dalam isu-isu kemasyarakatan, ekologis, tanggung jawab sosial serta mempertumbuh kepedulian terhadap rasa berbangsa dan bernegara. 

Dalam program MBKM Bela Negara, mahasiswa diajak untuk mengembangkan identitas kebangsaan melalui pemahaman dan praktik kepemimpinan berbasis Pancasila. Melalui serangkaian kegiatan seperti literasi digital, pemahaman ideologi, dan interkulturisme, program ini bertujuan untuk memperkuat rasa kebangsaan di tengah kebhinekaan Indonesia. Setiap mahasiswa yang terlibat akan mendapatkan pengalaman berharga yang setara dengan 20 SKS.

Selanjutnya, program MBKM Ekologi menitikberatkan pada kesadaran dan aksi nyata dalam menjaga keseimbangan lingkungan. Melalui kegiatan seperti literasi kepekaan sosial di sekitar Sungai Cikapundung, kajian implementasi pengetahuan dan teknologi terhadap ekologi, dan desain proyek-proyek ekologi, mahasiswa diharapkan dapat memberikan solusi kreatif dan berkelanjutan untuk isu lingkungan. Program ini juga menyamakan nilai kontribusi mahasiswa dengan 20 SKS.

Di sisi lain, MBKM Seni Artsperiment membuka jalan bagi mahasiswa untuk mengeksplorasi dunia seni dan filsafat seni. Dengan fokus pada inklusivitas, khususnya bagi penyandang disabilitas, program ini meliputi seminar, workshop, dan penelitian seni yang berorientasi pada eksperimen dan inovasi. Sama seperti program lainnya, MBKM Seni memberikan pengalaman yang tidak hanya berharga secara akademis, tetapi juga secara pribadi, dengan nilai yang setara dengan 20 SKS.

UNPAR mengajak mahasiswanya untuk menyambut tahun baru 2024 dengan semangat baru dan berpartisipasi dalam program-program inovatif ini. Untuk informasi lebih lanjut, mahasiswa dapat menghubungi mbkm@unpar.ac.id atau mengunjungi situs resmi universitas di unpar.ac.id. Mari kita bersama-sama memanfaatkan kesempatan ini untuk memperkaya pengalaman akademis dan sosial, sekaligus berkontribusi bagi kemajuan masyarakat. (NAT-Humas UNPAR)

Berita Terkini

UNPAR dan Bank BJB Bersinergi Dorong Pertumbuhan UMKM melalui BJBPreneur

UNPAR dan Bank BJB Bersinergi Dorong Pertumbuhan UMKM melalui BJBPreneur

UNPAR.AC.ID, Bandung – Pada Selasa (20/02/2024), Ruang Multifungsi PPAG Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) menjadi arena yang ramai oleh kehadiran para pemangku kepentingan dari berbagai sektor dalam acara “BJBPreneur: Future for Sustainability on Campus”. Acara...

UNPAR Raih 3 Gold Winner Anugerah LLDIKTI IV Tahun 2024

UNPAR Raih 3 Gold Winner Anugerah LLDIKTI IV Tahun 2024

UNPAR.AC.ID, Bandung – Universitas Katolik Parahyangan meraih tiga Gold Winner Anugerah Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV Tahun 2024, yang bertempat di The Grand Krakatau Ballroom pada Senin (19/2/2024) malam. Dalam malam penganugerahan tersebut,...

Kontak Media

Divisi Humas & Protokoler

Kantor Pemasaran dan Admisi, Universitas Katolik Parahyangan

Jln. Ciumbuleuit No. 94 Bandung 40141 Jawa Barat

Jan 31, 2024

X