UNPAR Buka Pendaftaran KIP Kuliah Bagi Calon Mahasiswa Baru

UNPAR.AC.ID, Bandung – Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) melalui Biro Kemahasiswaan dan Alumni (BKA) membuka pendaftaran calon penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Angkatan 2021. 

Sebagaimana diketahui, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) telah membuka pendaftaran KIP Kuliah untuk seleksi mandiri Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) 2021. Namun tidak semua PTS menerima program KIP Kuliah.

KIP Kuliah hanya bisa dipakai pada PTS yang bekerja sama dalam program ini. Selain UNPAR, untuk mengetahui lebih lanjut Universitas mana saja yang menerima KIP Kuliah, peserta didik dapat melihat pada laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/.

Melansir laman Kemdikbud, Senin (2/8/2021), KIP Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang memiliki potensi akademik baik, namun memiliki keterbatasan ekonomi. Ini berbeda dari beasiswa yang berfokus pada memberikan penghargaan atau dukungan dana terhadap mereka yang berprestasi (lihat lebih lanjut penjelasan Pasal 76 UU No. 12/2012 tentang Pendidikan Tinggi).

Walaupun demikian, syarat prestasi pada KIP Kuliah ditujukan untuk menjamin bahwa penerima KIP Kuliah terseleksi dari yang benar-benar mempunyai potensi dan kemauan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi. Selain dua hal itu, peserta KIP juga harus lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru pada Program Studi (Prodi) dengan Akreditasi A dan B (dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi C).

KIP Kuliah akan diberikan kepada 200.000 mahasiswa baru pada PTN dan PTS dibawah naungan Kemendikbud Ristek. Nantinya, Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbud Ristek akan membayarkan biaya kuliah sebesar Rp 2,4 juta/semester langsung ke Perguruan Tinggi (PT).

Siswa penerima program KIP Kuliah akan memperoleh bantuan biaya hidup sebesar Rp 700.000/bulan yang dibayarkan setiap semester. Sesuai dengan masa studi normal (S1 maksimal 8 Semester, total selama studi maksimal Rp. 33.6 juta; D3 maksimal 6 Semester, total selama studi maksimal Rp. 25.2 juta; D2 maksimal 4 Semester, total selama studi maksimal Rp. 16.8 juta; D1 maksimal 2 Semester, total selama studi maksimal Rp. 8.4 juta). 

KIP Kuliah di UNPAR

Calon mahasiswa UNPAR peserta KIP Kuliah dapat mendaftarkan diri dengan tahapan sebagai berikut;

  1. Mengikuti seleksi dan dinyatakan lulus seleksi pada jalur PMB UNPAR 2021
  2. Mendaftarkan diri pada https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id
  3. Mengisi form pendataan KIP Kuliah UNPAR bit.ly/kipunpar2021

“Pengisian pendataan hanya ada satu kali kesempatan dan akan dibuka sampai dengan 30 September 2021,” tutur Kepala Bagian Kesejahteraan BKA UNPAR Ayu Pritandiya Pertiwi, Jumat (30/7/2021).

Dia menuturkan, seluruh data bersifat confidential dan hanya akan dipergunakan sebagai bahan pertimbangan internal untuk pengambilan keputusan maupun tindak lanjut terkait rangkaian seleksi calon penerima KIP Kuliah untuk Tahun Akademik 2021/2022. 

“Apabila dibutuhkan informasi lebih lanjut, dapat menghubungi hotline BKA pada hari & jam kerja, dengan nomor 0811-2110-100,” ujarnya. (ira Veratika SN-Humkoler UNPAR)

Berita Terkini

UNPAR dan Bank BJB Bersinergi Dorong Pertumbuhan UMKM melalui BJBPreneur

UNPAR dan Bank BJB Bersinergi Dorong Pertumbuhan UMKM melalui BJBPreneur

UNPAR.AC.ID, Bandung – Pada Selasa (20/02/2024), Ruang Multifungsi PPAG Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) menjadi arena yang ramai oleh kehadiran para pemangku kepentingan dari berbagai sektor dalam acara “BJBPreneur: Future for Sustainability on Campus”. Acara...

UNPAR Raih 3 Gold Winner Anugerah LLDIKTI IV Tahun 2024

UNPAR Raih 3 Gold Winner Anugerah LLDIKTI IV Tahun 2024

UNPAR.AC.ID, Bandung – Universitas Katolik Parahyangan meraih tiga Gold Winner Anugerah Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV Tahun 2024, yang bertempat di The Grand Krakatau Ballroom pada Senin (19/2/2024) malam. Dalam malam penganugerahan tersebut,...

Kontak Media

Divisi Humas & Protokoler

Kantor Pemasaran dan Admisi, Universitas Katolik Parahyangan

Jln. Ciumbuleuit No. 94 Bandung 40141 Jawa Barat

Aug 2, 2021

X