UNPAR Buka MBKM Seni, Cara Baru Lestarikan Bebunyian Khas Jawa Barat

UNPAR.AC.ID, Bandung – Fakultas Filsafat Universitas Katolik Parahyangan (FF UNPAR) melalui program Kampus Merdeka membuka Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Seni dengan topik “Artsperiment Dengung” hingga 4 September 2022. MBKM ini akan menggarisbawahi pentingnya eksperimentasi cara-cara baru dalam mengalami, memahami, dan melestarikan kamus bebunyian yang tumbuh di ruang lingkup Jawa Barat. 

Memiliki bentuk perkuliahan project-based, mahasiswa berkesempatan untuk terlibat langsung dari awal perencanaan hingga akhir kegiatan festival seni yang nantinya diselenggarakan di Gedung Pusat Pembelajaran Arntz-Geise (PPAG) UNPAR.

Beberapa kegiatan lainnya ialah pertunjukan musik, pengarsipan bunyi, workshop rancang instrumen, dan pameran arsip. Nantinya proses yang akan dilakukan mahasiswa meliputi proses perencanaan festival, persiapan performans, pembuatan pameran dan lokakarya publik, riset arsip, pembentukan respitori rekaman bunyi digital, dan penciptaan instrumen musik baru. 

Menjadi satu dari sekian banyak MBKM Khas UNPAR, MBKM Seni Artsperiment Dengung sendiri memiliki makna bebunyian dan praktik musik sepanjang sejarah kebudayaan banyak ditentukan oleh instrumen yang tumbuh secara lokal dan bersaling-silang dengan lokalitas lainnya. Sesuai namanya, Artsperiment Dengung menekankan pada eksperimen/pengalaman cara-cara baru dalam mengalami, memahami, dan melestarikan kamus bebunyian yang tumbuh di Jawa Barat sejak dulu, hari ini, dan esok. 

Dengan mengikuti MBKM ini, mahasiswa mendapatkan konversi setara dengan 20 SKS untuk 1 semester. Setiap mahasiswa juga akan mendapatkan pendampingan selama 6 jam yang dilengkapi dengan kerja mandiri di luar perkuliahan. Mahasiswa yang mengikuti MBKM ini juga akan mendapatkan insentif sebesar Rp 1,2 juta selama pelaksanaan program. 

Lebih lanjut, berikut adalah syarat-syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi :

  • Mahasiswa aktif UNPAR tingkat sarjana dari semua program studi
  • Minimal semester 5 dengan IPK terakhir > 2,75.
  • Memiliki minat dalam mengelola dan menyelenggarakan event.
  • Memiliki kemampuan manajemen waktu dan berorganisasi yang baik.
  • Komunikatif dan sigap.

Bagi mahasiswa yang tertarik, dapat mendaftarkan diri melalui https://forms.gle/nKQGVBuFRFMxQK7u9 dan mengisi data yang diperlukan.  Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Kantor Sekretariat MBKM UNPAR melalui email mbkm@unpar.ac.id (KTH/JES-Humkoler UNPAR)

Berita Terkini

Menilik Ihwal Ekonomi Kesejahteraan dari Perspektif Amartya Sen

Menilik Ihwal Ekonomi Kesejahteraan dari Perspektif Amartya Sen

UNPAR.AC.ID, Bandung – Dewasa ini, kesejahteraan ekonomi merupakan hal yang masih sulit untuk dicapai. Faktor utama dari kesejahteraan bukan lagi berbicara mengenai ekonomi semata, lebih jauh lagi berbicara mengenai kemanusiaan dan hal tersebut harus dapat diukur. ...

Panitia Seleksi Umumkan 6 Bakal Calon Rektor UNPAR Masa Bakti 2023-2027

Panitia Seleksi Umumkan 6 Bakal Calon Rektor UNPAR Masa Bakti 2023-2027

UNPAR.AC.ID, Bandung – Panitia Proses Seleksi Rektor Universitas Katolik Parahyangan mengumumkan 6 nama Bakal Calon Rektor UNPAR masa bakti 2023-2027 di Selasar Multifungsi Pusat Pembelajaran Arntz-Geise UNPAR, Kamis (26/1/2023). Dari 10 Pelamar Bakal Calon Rektor, 6...

Kontak Media

Divisi Humas & Protokoler

Kantor Pemasaran dan Admisi, Universitas Katolik Parahyangan

Jln. Ciumbuleuit No. 94 Bandung
40141 Jawa Barat

Aug 25, 2022

X