UNPAR Buka Jalur Tanpa Tes bagi Mahasiswa Baru 2022

Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) membuka seleksi tanpa tes bagi mahasiswa baru tahun 2022 melalui seleksi Program PMDK (Penelusuran Minat dan Kemampuan) yang telah dibuka sejak 1 September 2021 hingga 2 November 2021. Seleksi Program PMDK yang ditawarkan UNPAR tidak memungut biaya apapun.

Seleksi Program PMDK UNPAR tahun akademik 2022/2023 dilakukan secara online dan mengisi/melengkapi formulir isian yang tersedia sesuai petunjuk melalui laman http://pmb.unpar.ac.id. Seleksi ditujukan bagi siswa kelas XII atau kelas 3 SMA/SMK/Sederajat di seluruh Indonesia pada tahun ajaran 2021/2022.

Adapun persyaratan umum yaitu memiliki minat yang tinggi untuk melanjutkan studi di UNPAR dan akan mendaftarkan diri apabila dinyatakan lulus seleksi program PMDK dan lulus SMA. Jika pada jalur seleksi lain peserta bisa memilih sampai 3 pilihan program studi (prodi), pada seleksi Program PMDK, peserta hanya dapat memilih 1 (satu) prodi yang paling diminati dari 17 prodi yang tersedia di UNPAR (pendaftaran PMDK hanya dapat dilakukan satu kali).

Peserta juga wajib memenuhi persyaratan nilai rapor, yaitu Nilai Mata Pelajaran di SMA kelas X sampai dengan kelas XI (nilai teori dan praktik) tidak kurang dari Nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Jika sekolah menerapkan kurikulum 2013, nilai akan dikonversi secara otomatis sesuai dengan perhitungan dari Kemendikbud atau nilai yang diinput adalah nilai yang telah dikonversi dalam skala 100 oleh sekolah. Selanjutnya, jika terdapat 2 nilai (Nilai Wajib dan Peminatan) dalam satu Mata pelajaran. Hanya diinput nilai Mata Pelajaran Wajib 

Adapun persyaratan khusus prodi:

  • Program Studi Arsitektur : mengirimkan hasil gambar sesuai dengan petunjuk soal dan ketentuan.
  • Program Studi Filsafat : mengirimkan hasil penulisan esai/paper sesuai dengan petunjuk soal dan ketentuan.
  • Program Studi Teknik Kimia dan Teknik Elektro : Tidak Buta Warna, dibuktikan dengan mengupload Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari Dokter Spesialis Mata.
  • Program Studi Ilmu Hubungan Internasional : uraian/motivasi/testimoni di tulis dalam Bahasa Inggris

Kelengkapan berkas pendaftaran yang harus di-upload meliputi : 

  • Fotokopi rapor SMA kelas X dan kelas XI (semester 1 dan semester 2), yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah; legalisir rapor yang di-upload harus menunjukkan nilai yang sesuai dengan yang diinput oleh peserta
  • Surat keterangan Jurusan SMA (rekomendasi sekolah), yang menyatakan siswa yang bersangkutan adalah benar siswa SMA kelas XII (kelas 3 (tiga) SMA) pada tahun akademik 2021/2022 dan menyatakan jurusan SMA yang bersangkutan. 
    1. untuk siswa yang bersekolah di sekolah Internasional, jika dinyatakan lolos, pada saat daftar ulang harus sudah memiliki penyetaraan Ijazah (setara SMA)
    2. untuk siswa yang berijazah Paket C, jika dinyatakan lolos, pada saat daftar ulang diwajibkan menyerahkan legalisir ijazah beserta fotokopi rapor kelas 1 s.d. kelas 3
  • Uraian/Motivasi (motivation letter) “Mengapa saya memilih UNPAR, dan alasan ingin studi pada program studi yang dipilih”, ditulis tangan maksimal 500 kata dalam bahasa Indonesia atau dalam bahasa Inggris. Untuk pilihan Program Studi Ilmu Hubungan Internasional ditulis dalam Bahasa Inggris.
  • Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari Dokter Spesialis Mata bagi siswa yang melamar ke Program Studi Teknik Kimia atau Teknik Elektro. 
  • Hasil Gambar sesuai ketentuan yang diberikan (khusus pelamar program studi Arsitektur) dan hasil penulisan paper sesuai ketentuan yang diberikan.

8 Program Baru UNPAR

Menjawab tantangan zaman sekaligus memanfaatkan peluang di tengah ketatnya persaingan di era kini, UNPAR pun menawarkan 8 program peminatan teranyar dengan skill set mumpuni sebagai jawaban kebutuhan terkini.

Mendekatkan kurikulum dengan kebutuhan nyata industri pun disajikan dalam 8 program peminatan terbaru UNPAR. Adapun program peminatan tersebut yaitu Data Science, Mekatronika, Bisnis Digital, Fisika Medis, Integrated Arts, Aktuaria, Chemical Business Development, serta Manajemen Bisnis Keluarga dan Kewirausahaan.

Di tengah persaingan dunia kerja yang tak hanya mengandalkan gelar sarjana, 8 program peminatan terbaru UNPAR sudah sewajarnya menjadi pilihan untuk menjawab kepentingan zaman. Generasi muda perlu memilih bidang yang berhubungan dengan kebutuhan terkini.

Informasi selengkapnya bisa dilihat di laman pmb.unpar.ac.id atau melalui Layanan Informasi PMB UNPAR dengan mengirimkan pesan pada e-mail admisi@unpar.ac.id, telepon (022) 2032655 atau info lebih lanjut di akun @unparofficial (Instagram) dan @unpar (Official Line). (Ira Veratika SN-Humkoler UNPAR)