UNPAR Buka Jalur Khusus Calon Maba Pakai Nilai UTBK 2023, Simak Syaratnya

UNPAR.AC.ID, Bandung – Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) Bandung membuka penerimaan mahasiswa baru melalui Jalur Seleksi Khusus menggunakan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) hingga 16 Juli 2023. Unpar pun memberikan benefit berupa gratis formulir pendaftaran dan peluang mendapatkan potongan 20% Biaya Awal Kuliah (s.d 10 juta) bagi 500 pendaftar pertama.

Seleksi Khusus Jalur UTBK ini memberi kemudahan bagi calon mahasiswa tanpa perlu tes dan proses seleksi hanya berdasarkan nilai UTBK yang diperoleh. Seleksi Khusus Jalur UTBK ini pun dibuka untuk semua Program Studi S1 dan DIII melalui laman pmb.unpar.ac.id. Calon mahasiswa yang memenuhi kriteria dan persyaratan nilai UTBK yang ditentukan nantinya langsung dinyatakan lulus seleksi untuk melanjutkan studi di UNPAR.

Untuk biaya pendaftaran program S1, UNPAR menentukan biaya sebesar Rp 250.000. Sedangkan untuk program D3, biaya pendaftaran sebesar Rp 150.000. Calon mahasiswa dapat memilih sampai 3 pilihan program studi. Program Studi Manajemen, Ilmu Hukum, Ilmu Hubungan Internasional dan Arsitektur tidak dapat dijadikan pilihan ke-3.

Adapun persyaratan khusus, yaitu Program Studi Teknik Kimia dan Teknik Elektro: Tidak buta warna, dibuktikan dengan melampirkan Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari dokter spesialis mata.

Calon mahasiswa yang berminat masuk UNPAR melalui jalur nilai UTBK ini mesti menyiapkan beberapa berkas yang harus di-upload, antara lain:

  1. Fotokopi Akta Kelahiran
  2. Fotokopi Raport Kelas X – XII yang telah dilegalisir.
  3. Sertifikat perolehan hasil UTBK
  4. Surat Keterangan Jurusan SMA/K atau Legalisir Ijazah SMA/K
  5. Siswa yang bersekolah di sekolah internasional dinyatakan lolos, pada saat Daftar Ulang harus sudah memiliki penyetaraan ijazah (setara SMA)
  6. Siswa yang berijazah Paket C jika dinyatakan lolos, pada saat Daftar Ulang wajib menyerahkan legalisir ijazah beserta fotocopy rapor kelas 1 s.d kelas 3
  7. Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari Dokter Spesialis Mata. (Khusus siswa yang memilih Program Studi Kimia dan Teknik Elektro)

Sementara alur pendaftaran Seleksi Khusus Jalur UTBK, peserta mendaftar melalui laman UNPAR di pmb.unpar.ac.id/menu/penerimaan_khusus, Peserta bisa mengikuti langkah-langkah pengisian yang ada.

Jadwal Pelaksanaan Jalur Seleksi UTBK UNPAR:

  • Pendaftaran peserta melalui pmb.unpar.ac.id: 20 Juni 2023 – 16 Juli 2023 paling lambat pukul 23.59 WIB.
  • Pembayaran biaya pendaftaran: 20 Juni 2023 – 17 Juli 2023 paling lambat pukul 16.00 WIB.
  • Upload berkas pendaftaran dan cetak kartu tanda peserta: 20 Juni 2023 – 17 Juli 2023 paling lambat pukul 23.59 WIB.
  • Ujian untuk yang memilih Program Studi Arsitektur dan Program Studi Humanitas dilakukan secara online: 18 Juli 2023
  • Pengumuman hasil seleksi UTBK dapat dicek di pmb.unpar.ac.id mulai pukul 18.00 WIB: 21 Juli 2023
  • Pembayaran biaya studi bagi peserta yang dinyatakan lolos seleksi sebagai calon mahasiswa baru: 24 Juli 2023 – 24 Agustus 2023
  • Daftar ulang calon mahasiswa baru: 24 Juli 2023 – 25 Agustus 2023
  • Awal perkuliahan: 11 September 2023 sesuai kalender akademik.

UNPAR juga menyediakan berbagai program beasiswa bagi mahasiswa dan calon mahasiswa baru tahun akademik 2023/2024. Terdapat enam program beasiswa, termasuk skema KIP Kuliah yang dapat dipilih oleh lulusan SMA/sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi di Unpar. Program beasiswa ini menawarkan berbagai keuntungan, mulai dari keringanan hingga bantuan biaya studi.

Informasi lebih lanjut, termasuk tata cara pelaksanaan USM 3 Online dan biaya studi, dapat ditemukan di laman pmb.unpar.ac.id atau melalui akun media sosial resmi UNPAR, yaitu @unparofficial (Instagram) dan @unpar (LINE Official Account). Jika diperlukan, Layanan Informasi PMB UNPAR juga dapat dihubungi melalui e-mail admisi@unpar.ac.id, telepon (022) 2032655, atau hotline PMB Unpar 0815-7010-000 (Chat Only). (KTH-Humkoler UNPAR)

Berita Terkini

Prestasi Gemilang UKM Badminton UNPAR di Liga Pelajar Nusantara 2024

Prestasi Gemilang UKM Badminton UNPAR di Liga Pelajar Nusantara 2024

UNPAR.AC.ID, Bandung – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Badminton Universitas Parahyangan (UNPAR) telah menorehkan tinta emas dalam sejarah olahraga kampus dengan meraih prestasi membanggakan pada Liga Pelajar Nusantara 2024, yang diselenggarakan di Bogor. Dengan...

Sistem Penghubung Layanan dan SSO untuk Transformasi Digital Indonesia

Sistem Penghubung Layanan dan SSO untuk Transformasi Digital Indonesia

UNPAR.AC.ID, Bandung - Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik atau yang dikenal dengan sebutan SPBE merupakan salah satu upaya transformasi digital di Indonesia. Fokus utama dari SPBE ialah meningkatkan layanan publik agar masyarakat bisa mendapatkan kemudahan dan...

Kontak Media

Humas UNPAR

Kantor Sekretariat Rektorat (KSR), Universitas Katolik Parahyangan

Jln. Ciumbuleuit No. 94 Bandung 40141 Jawa Barat

Jun 22, 2023

X