Unjuk Kemampuan B2B Sales, Mahasiswa UNPAR Juara 2 Se-Asia Tenggara

UNPAR.AC.ID, Bandung – Berawal sebagai juara kompetisi Parahyangan Sales Competition, Daphne Andrea melanjutkan perjalanannya melalui kompetisi Business-to-Business (B2B) sales terbesar di Asia Tenggara. Kini, mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Katolik Parahyangan (HI UNPAR) angkatan 2020 meraih  juara 2 dalam South-East Asian Sales Competition (SEASAC) 2022.

SEASAC 2022 merupakan kompetisi tingkat Asia Tenggara yang didanai oleh Erasmus+ dan European Union dengan tujuan lahirnya sales professional B2B yang profesional. Pada tahun 2021, UNPAR mendapatkan kesempatan untuk menjadi tuan rumah SEASAC 2021. 

Daphne menyatakan bahwa rasa penasaran merupakan motivasi awal dirinya mengikuti lomba sales ini. Daphne sendiri mendapatkan informasi mengenai lomba ini dari Fernando Mulia selaku dosen Manajemen UNPAR dan Cerry Marlencia selaku mahasiswa Manajemen UNPAR angkatan 2018. Ia yakin bahwa ada hal menarik dari lomba ini yang bisa dieksplor. 

“Aku yakin pasti ada sesuatu yang menarik tentang lomba ini yang bisa aku explore,” tutur Daphne dalam wawancaranya, sebagaimana dikutip pada Selasa (1/11/2022).

Dalam kompetisi ini, Daphne bersaing dengan lebih dari 100 peserta yang berasal dari seluruh Asia Tenggara. Pada setiap tahap lomba, dirinya ditugaskan untuk bisa meyakinkan para ‘pembeli’ dengan produk yang dijual olehnya. Setelah melalui  4 tahapan, Daphne berhasil terpilih menjadi salah satu dari 6 finalis yang maju. 

“Di setiap round, aku bertemu pemangku dengan kepentingan berbeda dan aku harus meyakinkan mereka dengan produk yang aku jual,” ujarnya. 

Tidak sampai di situ, Daphne mengungkap bahwa ia bertemu dengan banyak orang baru dari Asia Tenggara dan bahkan Eropa. Meskipun berbeda, ia dapat berinteraksi dan mendapatkan pembelajaran dari mereka. 

Lebih lanjut, Daphne mengungkap bahwa dirinya sempat mengalami kesulitan saat harus mengikuti semifinal dan final yang diselenggarakan secara offline. Selama kuliah, ia belum pernah mengikuti lomba offline. Meskipun demikian, Daphne menyatakan bahwa lomba offline justru lebih menarik dan seru. Ia juga mengungkap bahwa ia melalui banyak tantangan lainnya selama proses penyiapan diri dan lomba. 

“Dari awal PSC sampai SEASAC, jujur aku ngelewatin banyak tantangan tidak hanya saat lomba dan latihan, tentunya tidak hanya lelah fisik.” ujarnya

Daphne berharap B2B sales dapat semakin dikenal oleh para mahasiswa UNPAR. Ia juga berharap pandangan buruk terhadap sales bisa perlahan menghilang. Setelah mengikuti lomba, ia sadar bahwa sales adalah tentang memahami, jujur, dan strategi komunikasi yang tepat. 

“Setelah mengikuti lomba ini, aku belajar bahwa sales adalah tentang memahami, jujur, dan strategi komunikasi yang tepat agar produk yang tepat bisa dirasakan manfaatnya oleh pembeli baik perorangan maupun perusahaan seperti yang kemarin aku jalani.” ujarnya.

Daphne juga berterima kasih atas dukungan yang diberikan oleh lingkungan sekitarnya khususnya untuk sahabat dan mentor yang membawa dirinya hingga menjadi juara SEASAC 2022

Sekadar informasi, perlombaan ini diikuti oleh 104 mahasiswa tingkat sarjana dan magister dari 32 universitas dan 8 negara di Asia Tenggara. Kompetisi dilaksanakan secara online untuk sesi kualifikasi 1 & 2 pada tanggal 13-15 September 2022. Dilanjutkan dengan sesi semifinal dan final yang dilaksanakan secara hybrid pada tanggal 12-13 Oktober 2022 di The Joseph Wibowo Center of Advance Learning, Bina Nusantara, Jakarta. Binus menjadi tuan rumah untuk pelaksanaan SEASAC tahun ini.

SEASAC adalah proyek capacity building for higher education di Asia Tenggara untuk bidang penjualan B2B. Proyek ini didanai oleh Erasmus+ dari Uni Eropa. Konsorsium ini terdiri dari 4 universitas di Eropa, 5 universitas di Indonesia, 2 universitas di Thailand, dan SEAMOLEC (Southeast Asian Ministers of Education Organization Regional Open Learning Center). Melalui penjualan B2B, mahasiswa ditantang untuk menunjukkan keterampilan dan perilaku sebagai seorang profesional B2B sales berdasarkan kasus yang diberikan pada tiap sesi. Pada setiap sales meeting session, peserta akan berhadapan dengan buyer dari praktisi industri dan beraksi di depan juri independen yang merupakan praktisi serta dosen yang memiliki kompetensi di bidang sales & marketing.

Pada kesempatan ini, UNPAR mengirimkan empat mahasiswa perwakilan, yaitu: Josh Samuel Dumanauw (Prodi Sarjana Administrasi Bisnis), Daphne Andrea (Prodi Sarjana Hubungan Internasional), Marvellyn Chrystalinda Cezreine (Prodi Sarjana Manajemen), dan Shannon Malena Santoso (Prodi Sarjana Manajemen). Keempatnya pun diberi pelatihan serta bimbingan oleh para dosen pendamping, yiatu Fernando Mulia, S.E., M.Kom., Dr. M. Banowati Talim, Dian Sadeli, S.E., M.Ak., dan Albert MPL Tobing, S.T., MBA.

Pada 3rd SEASAC ini, Daphne Andrea berhasil mendapatkan Juara 2 mengalahkan ratusan kompetitor. Selain itu, Daphne mendapatkan predikat The Best Presentation Deck dan The Best Social Media Posting. Shannon Malena Santoso juga berhasil mendapatkan Juara 5. Marvellyn Chrystalinda Cezreine medapatkan predikat semi-finalist serta Josh Samuel Dumanauw mendapatkan predikat semi quarter-finalist. (KTH-Humkoler UNPAR)

Berita Terkini

Menilik Ihwal Ekonomi Kesejahteraan dari Perspektif Amartya Sen

Menilik Ihwal Ekonomi Kesejahteraan dari Perspektif Amartya Sen

UNPAR.AC.ID, Bandung – Dewasa ini, kesejahteraan ekonomi merupakan hal yang masih sulit untuk dicapai. Faktor utama dari kesejahteraan bukan lagi berbicara mengenai ekonomi semata, lebih jauh lagi berbicara mengenai kemanusiaan dan hal tersebut harus dapat diukur. ...

Panitia Seleksi Umumkan 6 Bakal Calon Rektor UNPAR Masa Bakti 2023-2027

Panitia Seleksi Umumkan 6 Bakal Calon Rektor UNPAR Masa Bakti 2023-2027

UNPAR.AC.ID, Bandung – Panitia Proses Seleksi Rektor Universitas Katolik Parahyangan mengumumkan 6 nama Bakal Calon Rektor UNPAR masa bakti 2023-2027 di Selasar Multifungsi Pusat Pembelajaran Arntz-Geise UNPAR, Kamis (26/1/2023). Dari 10 Pelamar Bakal Calon Rektor, 6...

Kontak Media

Divisi Humas & Protokoler

Kantor Pemasaran dan Admisi, Universitas Katolik Parahyangan

Jln. Ciumbuleuit No. 94 Bandung
40141 Jawa Barat

Nov 1, 2022

X