Home / Berita Terkini / Uni Potato & Uni Corn Raih Juara 2 & 3 ISCE 2016
Uni Potato & Uni Corn Raih Juara 2 & 3 ISCE 2016

Uni Potato & Uni Corn Raih Juara 2 & 3 ISCE 2016

The 2nd International Statistics Competition for Engineering Students (ISCE) telah berhasil diselenggarakan oleh Program Studi Teknik Industri Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) pada 8 hingga 10 November 2016. ISCE resmi dibuka oleh Mangadar Situmorang, Ph.D., selaku Rektor, di Aula Sekolah Pascasarjana Unpar. Kompetisi bergengsi ini diikuti  oleh 26 tim dari berbagai Universitas dari dalam maupun luar negeri. Pada kesempatan kali ini, Unpar turut berpartisipasi dengan mengikutsertakan dua tim.

ISCE diselenggarakan dalam 3 babak, yaitu penyisihan, semifinal, dan final. Babak penyisihan dibagi menjadi 3 sesi, yaitu sesi essay, pilihan berganda, dan betting. Dua sesi pertama yaitu essay dan pilihan berganda diselenggarakan pada tanggal 8 November 2016. Di hari kedua ISCE yang diawali dengan melanjutkan babak betting, tim harus mengatur strategi untuk mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya. Kedua tim Unpar berhasil masuk 20 besar dan menjadi unggulan untuk babak semifinal.

Pada babak semifinal, kedua tim Unpar berhasil meraih poin tertinggi di setiap sesi dan berhak lolos ke babak final diikuti 3 tim lainnya yaitu The Odyssey (Universitas Kristen Petra), UP Diliman (University of Philippines Diliman), dan UBAYA 1 (Universitas Surabaya).

Di tahap final, tim dihadapkan pada sebuah kasus dan mencari pemecahan masalah dari kasus tersebut dalam waktu 180 menit.  Selanjutnya, kompetisi dilanjutkan dengan sesi presentasi. Setelah semua tim selesai mempresentasikan hasil pemecahan kasus, diperoleh 3 tim sebagai juara.

Dalam kompetisi kali ini, Unpar berhasil meraih posisi juara 2 dan juara 3 yang diperoleh oleh Tim Uni Potato (poin total: 1343) dan Tim Uni Corn (poin total: 1317,5). Posisi juara 1 dengan poin total 1485 berhasil diraih UP Diliman, dari University of Philippines Diliman.