Home / Berita Terkini / UCES, Menggali Peluang dan Kesempatan Karier

UCES, Menggali Peluang dan Kesempatan Karier

Setelah menyelesaikan kuliah di tingkat universitas, banyak lulusan yang ingin segera berkarier di dunia kerja. Tidak sedikit pula dari mereka yang bercita-cita untuk studi ke tingkat selanjutnya, baik di dalam maupun luar negeri. Bahkan, sebagian dari mereka sudah jauh-jauh hari mempersiapkan diri untuk segera mencari peluang karier dan pekerjaan ataupun beasiswa studi lanjut sebelum masa studi mereka berakhir. Ada juga yang mengikuti kegiatan magang untuk menambah pengalaman mereka sebelum masuk ke dunia profesi.

Universitas sebagai tempat mereka menimba ilmu tentunya memiliki peranan dalam mempersiapkan mahasiswanya agar siap bersaing di dunia kerja. Tak terkecuali, Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) yang meyakini bahwa berbagai kegiatan bimbingan dan pendampingan karier bagi calon lulusan dalam menghadapi dunia kerja menjadi sebuah tugas tersendiri.

Pembekalan dan pendampingan karier

Pusat Perkembangan Karier (PPK) Unpar membantu mahasiswa Unpar untuk mempersiapkan diri memasuki dunia kerja dan meniti karier di masa depan.  Sejak dibentuk pada 2013, PPK Unpar memiliki tujuan untuk membekali mahasiswa dengan berbagai pengetahuan aplikatif agar mereka siap menerima tantangan baru dalam dunia kerja melalui berbagai kegiatan pembekalan dan pendampingan.

PPK Unpar juga melaksanakan kegiatan penyaluran untuk memfasilitasi lulusan Unpar agar mudah bertemu dengan pengguna lulusan serta dapat memperoleh pekerjaan yang baik dan membantu mereka yang ingin melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

PPK Unpar rutin mengadakan kegiatan bimbingan serta pendampingan bagi mahasiswa. Hal ini bertujuan agar pada saat lulus, mahasiswa tidak hanya memliki kemampuan akademik, tetapi juga mampu bekerja dengan baik serta bisa mengembangkan kariernya.

PPK Unpar juga menyelenggarakan berbagai kegiatan lainnya terkait pembekalan karier mahasiswa seperti career planning program, job preparation class, serta career workshop plus agar peserta mendapatkan pembekalan agar siap memasuki dunia kerja melalui proses pembelajaran disertai kegiatan praktik.

Ada pula kegiatan pendampingan mahasiswa seperti psikotes dan konseling karier serta kegiatan penyaluran lain, yakni campus recruitment bekerja sama dengan berbagai perusahaan mitra berskala nasional dan internasional.  Untuk meningkatkan kualitas lulusan, PPK Unpar juga menyelenggarakan berbagai kursus bahasa asing serta pelatihan brevet pajak.

UCES

Selain bimbingan dan pengembangan karier, PPK mengadakan kegiatan Unpar Career Expo dan Seminar (UCES) setiap tahunnya.

Kegiatan UCES tidak hanya dikhususkan bagi alumni yang sedang mencari peluang karier, tetapi juga menjadi tempat mahasiswa untuk menggali pengetahuan mengenai dunia kerja yang akan mereka hadapi setelah lulus dari perguruan tinggi.

Melalui sejumlah sesi seminar karier dengan narasumber yang kompeten, mahasiswa maupun pencari kerja dapat memperoleh berbagai ilmu mengenai dunia kerja dan pengembangan karier. Pada September tahun ini, UCES kembali diadakan selama lima hari. Seminar Karier akan diadakan pada Senin-Rabu, 17-19 September 2018 di Operation Room, Gedung Rektorat Lantai 4 Unpar.

Adapun rincian kegiatan UCES sebagai berikut. Seminar Karier, Senin, 17 September 2018 (narasumber: Widya Putra Founder MusHome dengan topik Membangun Bisnis dari Nol); Selasa, 18 September 2018 (sesi 1 pukul 09:00-12:00, narasumber: Noppawan Rauf Human Capital and Organization Development PT MAP) dengan topik “Between Passion, Career, and Job dan sesi 2 pukul 13:00-15:00 narasumber: Bryan Tilaar (Presiden Direktur PT Martina Berto dengan topik “Membangun Jiwa Entrepreneur Sejak Muda); Rabu, 19 September 2018 (sesi 1 pukul 09:00-12:00 narasumber: Ernest Layman Indonesia Hair Care Market Strategy and Planning Manager dan Muhammad Yusuf Suherman HR Manager for P&G Indonesia Manufacturing Site dengan topik “How to Survive in Workplace).

Career expo akan diselenggarakan pada Jumat-Sabtu, 21-22 September 2018, pukul 09:00-16:00, bertempat di Harris Hotel & Convention, Ciumbuleuit, Bandung.

 

Sumber: Kompas Griya Ilmu (Selasa, 18 September 2018)