Tim Mahasiswa FTI UNPAR Juara 1 Lomba International BKTI Competition 2023

UNPAR.AC.ID, Bandung – Tiga mahasiswa Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) berhasil menorehkan prestasi dalam rangkaian acara Indonesia Industrial Summit 2023. Tim yang terdiri dari Ivy Devorah Sianturi, Estherlyn Jessica Stacey Siagian, dan Devianna Felicia Veronica berhasil menjadi juara 1 dalam lomba International BKTI Competition (IBC) 2023 yang diselenggarakan pada 30 Agustus 2023 lalu di UNS Tower, Surakarta.

Dilansir dari guidebook, IBC yang diselenggarakan oleh Badan Kejuruan Teknik Industri Persatuan Insinyur Indonesia (BKTI-PII) merupakan kompetisi dalam bidang keilmuan Teknik Industri di mana mahasiswa Teknik Industri atau sederajat di wilayah Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) akan mengaplikasikan ilmu Teknik Industri dengan tema “Business Model for Industrial Downstreaming and Production System Restructuring”. IBC yang merupakan bagian dari rangkaian acara Indonesia Industrial Summit 2023 tersebut menyediakan empat topik utama studi kasus yakni; palm oil, battery, traditional medicine, dan heavy equipment. 

Ivy selaku perwakilan kelompok menyatakan bahwa timnya mengetahui lomba ini dari salah satu anggota keluarga yang bekerja di bidang Teknik Industri. Setelah mendapatkan berbagai informasi mengenai IBC, timnya pun memulai perjalanannya tepat setelah Ujian Akhir Selesai (UAS). Berbagai tahap pun dilalui dirinya bersama tim yakni Technical Meeting, Elimination Round, hingga Final Round.

“Dari yang awalnya baru mengenal satu sama lain, kami menjadi akrab dan juga mempunyai tujuan yang sama, yaitu berproses dan melakukan apa yang kami bisa,” ucap Ivy saat diwawancara sebagaimana dikutip pada Selasa (5/9/2023).

Lebih lanjut, dirinya menceritakan bahwa business model timnya mengambil topik palm oil dengan judul “Business Model of Empty Fruit Bunch Downstreaming”. Business model tersebut menjelaskan tentang bagaimana sebuah biorefinery untuk mengolah tandan kosong sawit menjadi 5 produk biokimia. Berbagai aspek dirinya bersama tim tinjau seperti mitra untuk menjalankan industri startup ini dan aspek konsumen.

“Dibutuhkan mitra-mitra untuk menjalankan industri startup ini, seperti supplier bahan baku, konsumen, distributor, dll. Tidak hanya itu, aspek-aspek konsumen (customer segments, channels, customer relationships) perlu ditinjau agar konsumen puas dengan pelayanan dan produk yang diberi,” ujar dirinya.

 Ia pun mengungkap adanya tantangan untuk tetap gigih dan terus melakukan apa yang mereka bisa meskipun sedikit. 

“Untuk mengetahui apakah Industri yang kami pilih dapat menghasilkan keuntungan dan juga kelayakan, kami perlu mencari komponen-komponen kecil seperti biaya tenaga kerja, biaya pembangunan industri dan fasilitas, dan lainnya. Untuk mencari komponen-komponen yang kecil ini memakan waktu yang cukup banyak dan dari sini kami belajar untuk bertekun,” tuturnya. 

Tidak hanya sendiri, tim ini juga dibimbing dan didukung oleh Dr. Johanna Renny Octavia Hariandja, S.T.,M.Sc.,PDEng. serta Hans Kristianto, S.T., M.T. Ivy bersama tim pun mengucapkan terima kasihnya kepada kedua dosen beserta keluarga dan teman yang mendukung perjalanannya. 

“Saya dan tim mengucapkan terima kasih untuk Dosen Pembimbing kami, Ibu Dr. Johanna Renny Octavia Hariandja, S.T. ,M.Sc., PDEng. dan Hans Kristianto, S.T., M.T., keluarga, dan teman-teman telah mendukung perjalanan kami,” tutur dirinya. 

Ivy pun berharap rekan mahasiswa UNPAR lainnya dapat berani mengambil kesempatan untuk berproses sesuai dengan kelebihan serta keunikannya masing-masing. 

“Setiap rekan mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan pasti mempunyai kelebihan dan keunikannya tersendiri. Biarlah hal itu membuat setiap mahasiswa berani mengambil kesempatan yang ada untuk berproses dan mengembangkan diri,” ujar Ivy. (KTH-Humkoler UNPAR)

Berita Terkini

Sebuah Perjalanan Akademik

Sebuah Perjalanan Akademik

UNPAR.AC.ID, Bandung - Pengelolaan sumber daya alam Nusantara melalui proses industrialisasi secara tepat dan selaras dengan ketentuan hukum positif yang bertumpu pada kemampuan warga masyarakat, khususnya yang bermukim di perdesaan di segenap pelosok Nusantara, maka...

UNPAR Buka Jalur PMDK Maba 2024, Ada Beasiswa Awal Masuk Kuliah

UNPAR Buka Jalur PMDK Maba 2024, Ada Beasiswa Awal Masuk Kuliah

UNPAR.AC.ID, Bandung - Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) telah membuka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) untuk tahun akademik 2024/2025 melalui jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK). Bagi peserta yg lulus seleksi nantinya akan mendapatkan beasiswa sampai...

UNPAR Gelar Career Expo 2023, Puluhan Perusahaan Buka Lowongan Kerja

UNPAR Gelar Career Expo 2023, Puluhan Perusahaan Buka Lowongan Kerja

UNPAR.AC.ID, Bandung – Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) secara resmi membuka UNPAR Career 2023, Jumat (22/9/2023) di Ruang Multifungsi PPAG UNPAR. Career Expo yang berlangsung hingga Sabtu (23/9/2023) ini bekerja sama dengan lebih dari 39 perusahaan yang...

Kontak Media

Divisi Humas & Protokoler

Kantor Pemasaran dan Admisi, Universitas Katolik Parahyangan

Jln. Ciumbuleuit No. 94 Bandung 40141 Jawa Barat

Sep 5, 2023

X