Home / Berita Terkini / Tim Lomba Akuntansi Unpar Raih Juara 3 pada Macarony Competition 2017

Tim Lomba Akuntansi Unpar Raih Juara 3 pada Macarony Competition 2017

Tiga mahasiswa Akuntansi Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) berhasil meraih juara ketiga pada Maranatha Accounting Ceremony (Macarony) Competition 2017. Kompetisi yang bertajuk “Explore the World of Accounting” diselenggarakan selama dua hari pada 30-31 Maret 2017 lalu oleh Himpunan Mahasiswa Akuntansi Maranatha (HIMATHA). Ketiga mahasiswa Akuntansi itu adalah Janet Angeline Yonathan, Felicia Hadiwidjaja dan Josephine Tani.

Tidak hanya universitas se-Bandung Raya saja, tetapi juga sejumlah universitas dari luar pulau ikut berkompetisi. Sesuai dengan tajuk kompetisi yang menjelajahi dunia akuntansi, berbagai materi yang diujikan meliputi Akuntansi Keuangan, Akuntansi Biaya dan Akuntansi Manajemen, Manajemen Keuangan, Sistem Informasi Akuntansi, Auditing, Perpajakan, serta Akuntansi Sektor Publik.

Sebelum melaju ke babak final, Tim Unpar harus melewati lima tahapan panjang. Babak sesi I atau Final Countdown merupakan tahap kualifikasi individual yang terdiri dari 100 soal pilihan majemuk. Selanjutnya, babak sesi II atau Guess Your Strategy adalah tahap kualifikasi tim melalui pemberian tiga jenis soal, yakni 30 soal penjodohan, 20 soal isian singkat, dan studi kasus. Kemudian, babak Time Crisis, yaitu tim menghadapi sepuluh soal yang mana masing-masing tim harus menuliskan perkiraan waktu pengerjaan soal.

Babak keempat adalah Bingo Time, yakni masing-masing tim memilih 24 soal secara bergantian. Namun, tidak ada satu tim pun yang berhasil membentuk ‘BINGO’. Babak terakhir sebelum final adalah Good Choice, yakni setiap tim akan berkompetisi untuk mengerjakan soal di dalam amplop yang memiliki bobot nilai.

Tahap final terdiri dari tiga babak berjenjang, diantaranya Presentation, Break the Case, dan High Risk, High Return. Pada babak pertama final, tim diundi untuk menentukan urutan presentasi. Tim Unpar mendapat bagian mempresentasikan mengenai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Babak selanjutnya, setiap tim diberikan kasus menggunakan bahasa Inggris. Terakhir, tim harus mengerjakan sepuluh soal hitungan.

Tim Unpar berhasil lolos sampai dengan babak final dan meraih gelar juara ketiga. Diharapkan keberhasilan ini akan mendorong tim lomba Akuntansi Unpar dan mahasiswa-mahasiswa Unpar lainnya untuk semakin termotivasi menjunjung budaya berprestasi.