Home / Berita Terkini / Tim Lomba Akuntansi Unpar Raih Juara 3 di Widyatama Accounting Competition 2017

Tim Lomba Akuntansi Unpar Raih Juara 3 di Widyatama Accounting Competition 2017

Tiga Tim Akuntansi Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) mengikuti gelaran kompetisi Widyatama Accounting Competition (WAC 2017) yang diadakan oleh Senat Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Widyatama Bandung pada 19-22 April 2017.  Kompetisi ini mengangkat tema “Come Out! To be the Best with All Your Strength”. Salah satu dari ketiga tim berhasil menempati juara ke-3.

Tim Akuntansi Unpar 1 beranggotakan Cindy Witama, Filemon Raynaldi Limandibrata, dan Aryatanto Deo. Kemudian, Tim 2 terdiri dari Natasya Agustina, Yokhebed Liana Wijaya, dan Deandra Rizkyandita. Terakhir, Tim 3 meliputi Silvia Widjaja, Jessica Natasha, dan Elvira Natalia Mulyono.

Kompetisi berskala nasional ini diikuti oleh 23 tim dari 12 universitas se-Indonesia. Materi yang dilombakan mencakup Akuntansi Keuangan, Akuntansi Biaya dan Manajemen, Auditing, Sistem Informasi Akuntansi, Perpajakan, Akuntansi Syariah, Pasar Modal, Akuntansi Pemerintah, Teori Akuntansi, Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK), dan isu akuntansi terkini.

WAC terdiri dari 4 babak, yakni kualifikasi I dan II, perempat final, semifinal I dan II, dan final I, II, II, dan IV. Babak kualifikasi I terdiri dari soal-soal pilihan majemuk tertulis yang dikerjakan secara individu, sedangkan kualifikasi II terdiri soal-soal penjodohan dan isian yang dikerjakan oleh tim. Selanjutnya, babak perempat final, tim harus mengerjakan sepuluh soal esai studi kasus.

Kemudian, babak semifinal I yang mana tim harus mengerjakan soal isian wajib oleh seluruh tim di dalam pool yang sama. Pada tahap ini, terdapat enam materi yang dipilih berdasarkan hasil undian. Babak selanjutnya adalah semifinal II yang peraturannya sama dengan semifinal I, namun setiap kelompok harus memilih untuk menaruh waktu dan poin. Semakin lama waktu yang diperoleh untuk mengerjakan soal, maka semakin kecil poin yang diterima oleh kelompok apabila berhasil menjawab soal dengan benar.

Terakhir adalah babak final. Final I mewajibkan tim untuk melakukan presentasi berdasarkan topik yang ditentukan dari hasil undian. Kemudian, babak final II adalah babak cepat-tepat. Adapun, final III yang merupakan soal teori dan hitungan. Tim yang menekan bel paling cepat memiliki kesempatan menjawab soal atau melemparnya kepada tim lawan. Terakhir, babak final IV yang dinamakan Game On! yang terdiri dari soal teori dan hitungan yang wajib dijawab oleh tim.

Kedudukan akhir dari babak final itu dimenangi oleh tim Universitas Indonesia (UI), kemudian Tim 2 Universitas Widyamandala pada peringkat ke-2, dan Tim 2 Unpar yang meraih peringkat ke-3.

Diharapkan keberhasilan ini akan mendorong tim lomba Akuntansi Unpar dan mahasiswa-mahasiswa Unpar lainnya untuk semakin termotivasi menjunjung budaya berprestasi.