Tim Lintas Jurusan Unpar Menjadi Finalis EBICO ECODAYS 2020

Tiga orang mahasiswi Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) terpilih sebagai finalis dalam Environmental Business Idea Competition (EBICO) yang diselenggarakan oleh Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. Capaian ini diraih berkat karya mereka yaitu aplikasi bertajuk  “College Needs”.

Tim SINERGI Unpar merupakan tim lintas fakultas dan jurusan terdiri atas Laurencia Asti, Natasya Tio, dan Delaneira Princess yang merupakan mahasiswi sarjana Teknik Sipil dan Teknik Kimia Unpar. Selama satu bulan lebih sejak September hingga November 2020, mereka merancang karya kreatif dalam sub-tema “riset dan pengembangan” di bawah bimbingan Dr. Elvy Maria Manurung selaku dosen Kewirausahaan Teknik Sipil Unpar. 

Ide kreatif bisnis Tim SINERGI Unpar berawal dari pemenuhan kebutuhan kuliah mahasiswa, khususnya tingkat awal serta akhir, seperti buku dan perlengkapan kuliah lain. Ide ini mendukung tema kewirausahaan dan keberlanjutan lingkungan dengan mengurangi ‘sampah’ yang ditinggalkan oleh mahasiswa setelah lulus kuliah, umpamanya buku perkuliahan, peralatan laboratorium, perabotan, dan lain-lain.

Dengan tantangan ide yang dirintis dan wawasan yang terbatas, Tim Unpar berhasil melangkah sebagai salah satu dari enam finalis EBICO. Meski belum keluar sebagai pemenang kompetisi, proses kerja selama satu bulan lebih memberi pengalaman berharga bagi para anggota tim.

EBICO merupakan kompetisi nasional sebagai bagian dari acara tahunan ECODAYS yang digelar oleh Program Studi Teknik Kimia UNS. Pada tahun ini, tema yang diangkat adalah “Eco-Friendly Creative Innovation Promising in The Future”. Kompetisi ini menghimpun rancangan ide kreatif bisnis yang bertujuan mendukung terciptanya lingkungan berkelanjutan berdasarkan nilai-nilai kewirausahaan. 

Proficiat bagi Tim SINERGI Unpar atas keberhasilan kalian! (DAN – Divisi Publikasi)