Mahasiswa UNPAR Juara 1 Industrial Engineering Competition Unika Atma Jaya 2021

UNPAR.AC.ID, Bandung – Tim Jipuragi yang beraggotakan 3 mahasiswa Program Studi Teknik Industri Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) angkatan 2018 berhasil memperoleh juara pertama dalam Industrial Engineering Competition of Unika Atma Jaya (IECA) 2021.

IECA merupakan lomba tahunan bagi mahasiswa Teknik industri yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Industri Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya dan tahun ini, IECA 2021 merupakan edisi ke-7.

Tiga mahasiswa yang menjadi anggota Tim Jipuragi adalah Kenny Marcelius, Michele Octavia, dan Nicholas Budi Santoso. Lomba ini terdiri dari 3 babak, yaitu seleksi online, semifinal, dan final. Tahun ini IECA membuka pendaftaran mulai tanggal 5 April 2021 dan selesai dengan babak final pada tanggal 22 Juli 2021 secara online. Tema yang diangkat dalam IECA 2021 adalah Innovation for Industrial Engineering Technology of Production System.

Pada babak seleksi online mereka diminta untuk membuat abstrak sesuai dengan tema. Setelah melalui babak tersebut, Tim Jipuragi berhasil masuk ke top 15 yang berarti memasuki babak semifinal. Pada babak ini, mereka diharuskan membuat proposal terkait ide/inovasi yang telah mereka ajukan pada babak sebelumnya.

Inovasi yang dibuat oleh Tim Jipuragi tersebut adalah Cloud-based Lean Integrated Production System (CLIPS). Dengan inovasi tersebut, Tim Jipuragi berhasil lolos ke babak final untuk mempresentasikan inovasi mereka dan akhirnya memperoleh juara pertama IECA 2021.

Selama proses perlombaan tersebut tentunya terdapat beberapa tantangan yang dialami tim terutama berkaitan dengan waktu. Hal tersebut dikarenakan perlombaan yang berlangsung bersamaan dengan perkuliahan semester 6 mereka. Namun, tantangan tersebut tidak menjadi penghalang bagi mereka untuk berusaha dan belajar lebih dari yang seharusnya. Usaha mereka ini pun tidak hanya memberikan kemenangan bagi mereka namun juga memberikan banyak pengalaman dan pembelajaran baru seperti time management, teamwork, analytical thinking, dan kemampuan berpikir secara kreatif. (Ira Veratika SN-Humkoler UNPAR)

Berita Terkini

Mengendalikan A.I. di Era A.I.

Mengendalikan A.I. di Era A.I.

UNPAR.AC.ID, Bandung - Hampir semua orang di dunia sudah familiar dengan teknologi Artificial Intelligence (A.I.) pun menggunakannya. Artificial Intelligence atau Kecerdasan Artifisial adalah mesin (komputer) yang memiliki kemampuan untuk berpikir dan bertindak...

Prodi Studi Humanitas UNPAR Terakreditasi Baik BAN PT

Prodi Studi Humanitas UNPAR Terakreditasi Baik BAN PT

https://www.youtube.com/watch?v=tPoNEuVdlLc UNPAR.AC.ID, Bandung – Program Studi Studi Humanitas Universitas Katolik Parahyangan telah memenuhi peringkat akreditasi “Baik” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) tertanggal 23 Januari 2024. Peringkat...

Kontak Media

Divisi Humas & Protokoler

Kantor Pemasaran dan Admisi, Universitas Katolik Parahyangan

Jln. Ciumbuleuit No. 94 Bandung 40141 Jawa Barat

Aug 17, 2021

X