Home / Berita Terkini / Tiga Mahasiswi Unpar Sumbang Medali Bagi Jabar di POMNAS 2019 XVI
  • Jennifer Graciela (Manajemen 2017, ketiga dari kiri) dan Szcheva Aquilera (Akuntansi 2018, paling kiri) mendapat medali perunggu di cabang renang estafet 4x100m putri gaya bebas dalam POMNAS XIV

  • Dalam ajang yang sama, Angel Ruth (Akuntansi 2016, kedua dari kiri) menyumbang dua medali emas (cabang catur cepat dan catur kilat) dan satu perunggu (cabang catur klasik) untuk Kontingen Jabar

Tiga Mahasiswi Unpar Sumbang Medali Bagi Jabar di POMNAS 2019 XVI

Tiga mahasiswi Unpar yaitu Angel Ruth (Akuntansi 2016), Jennifer Graciela (Manajemen 2017), dan Szcheva Aquilera (Akuntansi 2018) berhasil meraih prestasi dalam Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) 2019 XVI yang berlangsung selama 10 hari sejak tanggal 19 hingga 28 September 2019. Angel, Jennifer, dan Szcheva berhasil meraih 2 medali emas dan 2 medali perunggu untuk Kontingen Jawa Barat. 

POMNAS merupakan pertandingan multievent antar mahasiswa terbesar di Indonesia yang diselenggarakan oleh Badan Pembina Olahraga Mahasiswa (Bapomi) setiap dua tahun sekali. Jakarta menjadi tuan rumah POMNAS tahun ini yang memperlombakan 19 cabang olahraga, seperti bulu tangkis, basket, renang, catur, dan lain-lain.

Angel bertanding bersama dengan tim Kontingen Jawa Barat cabang olahraga Catur, yang terbagi ke dalam tiga kategori permainan, yakni Catur Klasik dengan perolehan perunggu, dan Catur Cepat dan Catur Kilat dengan perolehan masing-masing emas. Selain itu, Jennifer dan Szcheva bersama dengan anggota tim lainnya dari Kontingen Jawa Barat berhasil memperoleh medali perunggu dalam cabang olahraga Renang Estafet 4x100m Gaya Bebas Putri. 

Rasa bangga diluapkan oleh ketiganya saat ditanyakan bagaimana kesan pengalamannya mengikuti POMNAS 2019 XVI. “Yang pasti senang karena setidaknya dapat menyumbangkan satu medali untuk Jawa Barat, dan juga untuk Unpar. Saya juga tidak menyangka masih dapat menyumbangkan medali di event ini karena sebelumnya sudah sempat berhenti berlatih dan persiapan latihan ini masih sangat kurang,” jawab Jennifer. Selain itu, Angel, yang sudah mengikuti POMNAS dua tahun sebelumnya juga masih merasakan kepuasan dan kegembiraan yang sama. “Senang kali ini dapat membawa nama Unpar, menang atas nama Unpar, dan mewakili Jawa Barat. Bangga,” tutur Angel.

Ketika ditanyakan tantangan apa yang telah dihadapi saat melakukan persiapan hingga hari H pertandingan, ketiganya memberikan jawaban yang sama, bahwa tidak mudah untuk mengatur waktu antara latihan mempersiapkan diri untuk bertanding dengan jadwal perkuliahan. Khususnya bagi Szcheva yang baru memasuki dunia perkuliahan, masih sibuk dengan kegiatan kampus dan jadwal kuliah yang padat. Masing-masing dari mereka menjalankan persiapan secara mandiri. 

Selain itu, mereka mengaku di saat bertanding pun mereka mendapatkan tantangan mental, di mana mereka bertanding tanpa dibimbing oleh pelatih. Namun jerih payah tersebut tidak sia-sia, dengan bangga masing-masing dari mereka berhasil membawa kemenangan sebagai hasil kerja kerasnya. “Selalu berpikiran positif di segala situasi dan kondisi, disiplin, harus bisa membagi waktu dan harus bisa mengatur diri,” merupakan mantra bagi Szcheva sebagai kiat untuk menghadapi tantangan-tantangan tersebut.

“Olahraga itu tidak memberikan dampak negatif terhadap prestasi akademis, semua itu bergantung pada diri masing-masing untuk bagaimana mengelola waktu, jadi jangan takut untuk meniti prestasi dalam bidang olahraga sembari menduduki bangku akademis di universitas,” pesan Jennifer di akhir wawancara. 

Prestasi yang diraih oleh ketiga mahasiswa membuktikan bahwa sangatlah mungkin bagi mahasiswa pada umumnya untuk tetap aktif beraktifitas di bidang non-akademik saat menjalankan perkuliahan, seperti olahraga. Tidak hanya baik bagi kesehatan tubuh, apabila ditekuni, olahragapun dapat dijadikan mahasiswa sebagai arena untuk berperestasi. “Kalau kita melakukan sesuatu yang kita suka dan dilakukan secara totalitas, pasti akan membuahkan hasil yang baik juga,” tambah Angel. (MGI/DAN)