Terbuka untuk Umum, Prodi Humanitas UNPAR Adakan Kelas Terbuka Seni dan Budaya

UNPAR.AC.ID, Bandung – Program Studi Humanitas pada Fakultas Filsafat Universitas Katolik Parahyangan (FF UNPAR) membuka kesempatan untuk siapa saja melakukan eksplorasi pendekatan bidang kesenian dan budaya melalui kelas terbuka selama 14 pertemuan yang ada dalam rentang waktu 4 Maret 2024 hingga 15 Juni 2024 mendatang. Kelas akan dilaksanakan secara luring/offline Gedung Fakultas Filsafat UNPAR (Jl. Nias No. 2 Bandung) ataupun Gedung Pasca Sarjana UNPAR (Jl. Merdeka No. 30 Bandung). 

Melalui rangkaian kelas ini, peserta memiliki kesempatan untuk mendapatkan sertifikat dan nilai yang dapat diakukan (credit earning) jika kemudian menjadi mahasiswa reguler di Program Studi Humanitas UNPAR. Kelas ini merupakan rangkaian bagian dari program non reguler tingkat Sarjana, UNPAR. 

Beberapa kelas dengan beban setara 2 SKS yang ditawarkan meliputi:

  1. Studi Asia 

Mengkaji berbagai perspektif unik di dalam budaya Asia, mata kuliah ini akan menggali kekayaan peradaban Asia yang dapat memberi kontribusi bagi peradaban dunia ataupun menjadi inspirasi proses kreatif. 

Pengajar : Prof. Dr. Ignatius Bambang Sugiharto dan Dr. Yohanes Slamet Purwadi S.Ag., M.A.

Jadwal : Rabu, 13.00-15.00

  1. Fotografi

Mata kuliah ini membahas tentang potensi fotografi sejauh mana dapat dieksplorasi, di mana penekanan fotografi sebagai praktis kritis menjadi agenda paling utama.

Pengajar : Henrycus Napitsunargo S.T., M.Sn

Jadwal : Jumat, 08.00-10.00

  1. Penulisan Kreatif

Mata kuliah ini mengenalkan dasar-dasar penulisan kreatif melalui teori maupun praktik di dalam dan luar kelas. Cakupan penulisan mata kuliah ini meliputi fiksi (cerpen) dan juga nonfiksi (esai) dengan proyek akhir berupa penciptaan karya tulisan. 

Pengajar : Tri Joko Her Riadi S.S., M.A. dan Kristining Seva S.S., M.Pd

Jadwal : Selasa, 16.00-18.00

  1. Kajian Media dan Kepenontonan 

Mata kuliah ini mempelajari media elektronik dan/atau yang berbasis internet, konten yang dihadirkan, beserta dengan dinamika dalam interaksi dengan penonton/pemirsa. 

Pengajar : Gorivana Ageza S.S., M.Hum.

Jadwal : Kamis, 17.00-19.00

  1. Komposisi Musik

Mata kuliah ini memperkenalkan berbagai pendekatan dalam proses penciptaan sebuah komposisi musik. 

Pengajar : Fauzie Wiriadisastra BSME., Dip. ABRSM.

Jadwal : Jumat, 08.00-10.00

  1. Cetak Grafis

Berfokus pada pendekatan printmaking atau seni grafis dengan teknik cetak manual, mata kuliah ini akan memperkenalkan macam cara mencetak, korespondensi kepada dunia cetak hari ini yang digital, dan lainnya. Mahasiswa juga akan membuat karya cetak grafis berdasarkan urutan kerjanya. 

Pengajar : Angga Aditya S.Sn., M.Sn.

Jadwal : Senin, 08.00-10.00

Lebih lanjut, peserta dapat memilih dua tipe keikutsertaan yakni kelas non reguler dan nonreguler pendengar (sit in). Peserta juga dapat memilih untuk mengikuti kelas sepanjang semester ataupun hanya setengah semester. 

Bagi peserta yang tertarik mengikuti rangkaian kelas terbuka, dapat mendaftarkan diri melalui bit.ly/KelasTerbukaIAUNPAR hingga 8 Maret 2024 mendatang. 

Untuk informasi lebih lanjut dapat mengunjungi instagram @iaunpar atau mengakses link buklet informasi di laman https://bit.ly/BukletKelasTerbukaIA

Para peserta juga akan mendapatkan sejumlah benefit melalui kelas ini, yaitu:

Peserta Kelas Nonreguler

  1. Mendapatkan sertifikat keikutsertaan/menyelesaikan kelas
  2. Mengikuti penilaian tugas & ujian
  3. Nilai & beban SKS hasil belajar dapat diakukan (credit earning, terhitung sudah pernah mengambil & menyelesaikan mata kuliah itu), bila peserta menjadi Mahasiswa Reguler Studi Humanitas di kemudian hari*

Peserta Kelas Nonreguler Pendengar

  1. Hanya sit in saja, tidak mengikuti penilaian tugas & ujian
  2. Tidak mendapatkan sertifikat, hanya mendapatkan surat keterangan telah mengikuti program ini

Peserta dapat mengikuti Kelas Nonreguler atau Kelas Nonreguler Pendengar sepanjang semester, atau dasar-dasar perkuliahan saja selama setengah semester.

*terdapat masa berlaku untuk mengakukan hasil pembelajaran kelas Nonreguler, dengan pengakuan nilai yang mengikuti syarat kelulusan masing-masing kelas. (KTH-Humas UNPAR)

Berita Terkini

Prestasi Gemilang UKM Badminton UNPAR di Liga Pelajar Nusantara 2024

Prestasi Gemilang UKM Badminton UNPAR di Liga Pelajar Nusantara 2024

UNPAR.AC.ID, Bandung – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Badminton Universitas Parahyangan (UNPAR) telah menorehkan tinta emas dalam sejarah olahraga kampus dengan meraih prestasi membanggakan pada Liga Pelajar Nusantara 2024, yang diselenggarakan di Bogor. Dengan...

Sistem Penghubung Layanan dan SSO untuk Transformasi Digital Indonesia

Sistem Penghubung Layanan dan SSO untuk Transformasi Digital Indonesia

UNPAR.AC.ID, Bandung - Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik atau yang dikenal dengan sebutan SPBE merupakan salah satu upaya transformasi digital di Indonesia. Fokus utama dari SPBE ialah meningkatkan layanan publik agar masyarakat bisa mendapatkan kemudahan dan...

Kontak Media

Humas UNPAR

Kantor Sekretariat Rektorat (KSR), Universitas Katolik Parahyangan

Jln. Ciumbuleuit No. 94 Bandung 40141 Jawa Barat

Feb 29, 2024

X