Home / Berita Terkini / Teknik Sipil dan Teknik Kimia Unpar Raih Akreditasi IABEE

Teknik Sipil dan Teknik Kimia Unpar Raih Akreditasi IABEE

Dengan penerapan MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) dan berbagai perjanjian pasar bebas yang ditandatangani Pemerintah RI, maka terbuka peluang juga sekaligus melahirkan ancaman bagi lulusan perguruan tinggi di Indonesia. MEA dan pasar bebas membuka peluang mobilitas tenaga kerja yang terlatih untuk mengambil kesempatan kerja di Indonesia dan kawasan pasar bebas yang ada. Maka untuk dapat bersaing, penting sekali bagi program studi untuk mendapatkan pengakuan kesetaraan kompetensi lulusannya dengan standar internasional yang diakui.

Dua program studi (prodi) sarjana di Unpar yaitu Teknik Sipil dari Fakultas Teknik dan Teknik Kimia dari Fakultas Teknologi Industri berhasil meraih akreditasi dari Indonesian Accreditation Board for Engineering Education (IABEE), organisasi independen yang merupakan bagian dari Persatuan Insinyur Indonesia (PII).

IABEE sendiri di Indonesia diakui oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) sebagai badan yang bertanggungjawab terhadap akreditasi program-program studi yang memberikan gelar sarjana akademik di bidang teknik dan computing. Akreditasi Nasional oleh BAN-PT/LAM-PT bersifat wajib bagi program studi sesuai dengan peraturan perundang-undangan di Indonesia, sedangkan akreditasi bertaraf internasional oleh IABEE bersifat pilihan.

Dalam Sertifikat Akreditasi no. 00050.P, Program Studi Sarjana Teknik Sipil Unpar mendapat status ‘Provisionally Accredited’ dalam Disiplin ‘Civil and Similarly-named Engineering Program’ pada 2019. Status yang sama diperoleh Program Studi Sarjana Teknik Kimia Unpar dalam Disiplin ‘Chemical, Biochemical, and Similarly-named Engineering Program’ seperti yang tertuang dalam Sertifikat Akreditasi no. 00046.P. Status ini berlaku selama tiga tahun dari 2019 hingga 2022.

Selain terakreditasi IABEE, Prodi Sarjana Teknik Sipil dan Teknik Kimia Unpar sendiri telah terakreditasi ‘A’ oleh BAN-PT. Status akreditasi ini tidak hanya menjadi bukti kualitas pendidikan tinggi di Unpar, namun sekaligus mendorong Unpar untuk meningkatkan seluruh elemen pemelajaran Unpar untuk memberikan pendidikan tinggi terbaik bagi masyarakat. (DAN – Bagian Publikasi, Sumber: Prodi Teknik Sipil dan Teknik Kimia Unpar, IABEE.or.id)