Teknik Industri UNPAR, Bagaimana Berindustri Dengan Lebih Baik

Program Studi Teknik Industri Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) merancang kurikulumnya untuk mencetak lulusan yang mampu merancang dan memberikan perbaikan berbagai sistem mulai dari sistem yang sangat sederhana sampai sistem yang kompleks.

Sistem terintegrasi yang menjadi garapan atau menu utama Ilmu Teknik Industri, tidaklah “jatuh dari langit”, tetapi harus kita rancang dari awal. Sistem terintegrasi ini harus kerap ditinjau ulang untuk kita temukan ruang-ruang perbaikan yang mungkin dilakukan agar kita senantiasa dapat berindustri dengan lebih baik yang pada akhirnya mampu terus bersaing dengan pihak-pihak lain.

Perancangan Sistem Teknik Industri (PSTI) merupakan mata kuliah terapan, yaitu mahasiswa diajak untuk merancang pabrik bagi sebuah produk yang ada di pasar. Dimulai dengan mengevaluasi kebutuhan pasar akan produk tersebut, mahasiswa selanjutnya menentukan target produksi untuk produk tersebut, mengidentifikasi proses produksinya, merancang sistem kerja dan lintasan produksinya, merencanakan kebutuhan material dan kapasitas produksi, merancang struktur organisasi yang tepat didasarkan pada proses bisnis perusahaan, hingga merancang prosedur operasi baku dalam perusahaan. Lebih dalam lagi, materi kuliah ini dilanjutkan dengan perancangan pabrik, kantor dan gudang yang tepat, serta analisis biaya untuk mengevaluasi kelayakan usaha dari pabrik tersebut. Perancangan ini dilakukan dengan pendampingan dosen secara komprehensif dan terus-menerus melalui proses asistensi rutin.

Proses pembelajaran dalam perancangan sistem di Teknik Industri UNPAR dapat berjalan dengan sangat baik karena didukung dasar-dasar ilmu yang kuat. Dasar ilmu yang kuat tersebut didukung oleh proses pencarian dan penggalian kemutakhiran ilmu secara terus-menerus oleh lima Komunitas Bidang Ilmu (KBI) yang terdapat di Teknik Industri UNPAR terdiri atas kelompok bidang ilmu manufaktur, sains manajemen, studi manusia dan ergonomi (human study), manajemen industri dan teknologi informasi. Berbagai penelitian mengenai perancangan dan perbaikan produk, sistem keselamatan kerja, perencanaan dan pengendalian produksi, sistem persediaan, sistem rantai pasok, sistem manufaktur berkelanjutan, kewirausahaan dan sistem produksi berbasis otomasi telah dilakukan para dosen Teknik Industri UNPAR dengan melibatkan para mahasiswanya. Penelitian-penelitian tersebut dilakukan dengan dana mandiri, dana universitas, dana pemerintah dan dana institusi dalam negeri maupun luar negeri. Hasil ini juga dibagikan ke masyarakat luas dalam berbagai bentuk pelatihan yang terkait dengan apa yang disebut sebagai perbaikan sistem.

Proses pemahaman mengenai perancangan sistem yang dijelaskan di atas adalah target dalam pencapaian kompetensi lulusan Teknik Industri di sisi teknik (hard skills). Namun, Teknik Industri UNPAR sadar bahwa kemampuan teknis tidak dapat berkembang dengan optimal tanpa didukung oleh kemampuan komunikasi dan kerjasama, atau aspek soft skills. Oleh karena itu, dalam menjalankan misi pendidikannya, Teknik Industri UNPAR menekankan pentingnya proporsi praktek yang relatif tinggi (praktikum, studio, dan studi lapangan) dan pemahaman di kelas (kuliah dan responsi) yang juga dibarengi dengan pencapaian kemampuan soft skills lewat kegiatan ekstrakurikuler. Untuk mendukung kemampuan berpikir sistem yang andal, Teknik Industri UNPAR juga memotivasi para mahasiswanya untuk terus berkontribusi dalam lomba dan kompetisi keilmuan teknik industri secara nasional dan internasional. Dalam upaya mendukung dan tetap mengedepankan perkembangan keilmuan di samping kegiatan pengajaran, Teknik Industri terus mengadakan kegiatan lomba dan seminar keilmuan. Sejak tahun 2005, Teknik Industri UNPAR telah menyelenggarakan kompetisi nasional di bidang statistika atau NSCE (National Statistics Competition for Engineering Students (ISCE).

Kerja cerdas dan keras keras yang dilakukan oleh Teknik Industri UNPAR telah dibuktikan dengan status akreditasi A atau sangat baik, yang telah diterima Teknik Industri UNPAR selama tiga periode berturut-turut yaitu sejak tahun 2005. Teknik Industri UNPAR sesuai dengan moto Teknik Industri, selalu berusaha untuk membantu dan menuju sesuatu yang lebih baik. We are industrial engineers, we make things better and make things work better!

Sumber: KOMPAS – Griya Ilmu, Selasa 27 Oktober 2015 (Teknik Industri UNPAR, Bagaimana Berindustri dengan Lebih Baik)

Berita Terkini

Prestasi Gemilang UKM Badminton UNPAR di Liga Pelajar Nusantara 2024

Prestasi Gemilang UKM Badminton UNPAR di Liga Pelajar Nusantara 2024

UNPAR.AC.ID, Bandung – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Badminton Universitas Parahyangan (UNPAR) telah menorehkan tinta emas dalam sejarah olahraga kampus dengan meraih prestasi membanggakan pada Liga Pelajar Nusantara 2024, yang diselenggarakan di Bogor. Dengan...

Sistem Penghubung Layanan dan SSO untuk Transformasi Digital Indonesia

Sistem Penghubung Layanan dan SSO untuk Transformasi Digital Indonesia

UNPAR.AC.ID, Bandung - Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik atau yang dikenal dengan sebutan SPBE merupakan salah satu upaya transformasi digital di Indonesia. Fokus utama dari SPBE ialah meningkatkan layanan publik agar masyarakat bisa mendapatkan kemudahan dan...

Kontak Media

Humas UNPAR

Kantor Sekretariat Rektorat (KSR), Universitas Katolik Parahyangan

Jln. Ciumbuleuit No. 94 Bandung 40141 Jawa Barat

Oct 27, 2015

X