Teken MoU, RAPP Beri Beasiswa hingga Internship Program Bagi Mahasiswa UNPAR

UNPAR.AC.ID, Bandung – Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) bersama PT Riau Andalan Pulp & Paper (RAPP), di Gedung Rektorat UNPAR, Selasa (7/3/2023). Paralel, ditandatangani pula Memorandum of Agreement (MoA) antara Fakultas Teknologi Industri (FTI) UNPAR dengan RAPP guna menindaklanjuti MoU tersebut.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Rektor UNPAR Mangadar Situmorang, Ph.D; MoA oleh Dekan FTI UNPAR Dr. Ir. Thedy Yogasara, S.T., M.Eng.Sc. bersama GM Strategic HR RAPP Thomas Handoko. 

Adapun ruang lingkup yang diatur dalam kerja sama tersebut di antaranya meliputi pemberian beasiswa oleh RAPP; rekrutmen lulusan UNPAR; internship program, hingga pelaksanaan penelitian. 

Rektor Mangadar menuturkan, UNPAR selalu terbuka akan kolaborasi bersama berbagai pihak, termasuk dari pelaku Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI). Hal itu sejalan pula dengan semangat program Kampus Merdeka yang menjadi bagian dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Sinergi bersama banyak pihak, termasuk dengan RAPP membuka banyak peluang bagi UNPAR sebagai penyelenggara pendidikan tinggi.

“Tanpa kolaborasi, amat sulit bagi perguruan tinggi manapun termasuk UNPAR, untuk maju dan terus berkembang,” ucap Rektor.

Begitu pula dengan DUDI yang dinilai memerlukan kerja sama dengan perguruan tinggi. Universitas bisa mengidentifikasi secara persis apa kebutuhan dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi. Mulai dari tempat belajar, magang, penelitian dan sebagainya sebagaimana dalam lingkup Tridarma Perguruan Tinggi.

“Mahasiswa kami bisa masuk pada dunia kerja, menjadi salah satu indikator keberhasilan perguruan tinggi, sebagaimana sering kita sebut yaitu pada employability-nya. Keterserapan mereka di dunia kerja dan ini juga sejalan dengan kebijakan MBKM tentang pengalaman mahasiswa belajar di luar program studi,” tuturnya.

Rektor pun menyampaikan terima kasih atas kerja sama yang akhirnya terjalin dengan RAPP. Pengembangan UNPAR ke depan, lanjut Rektor, akan sangat ditentukan oleh seberapa luas kolaborasi yang berjalan dan sejauhmana UNPAR bisa bekerja sama dengan berbagai pihak.

“Ini pun menjadi modal kami untuk terus mengupayakan pengembangan UNPAR ke depan. Kolaborasi seperti ini menjadi modal kami untuk bisa melangkah lebih jauh bagi peningkatan pelayanan pendidikan tinggi,” ujarnya.

Sementara itu, Dekan FTI UNPAR Dr. Thedy menyampaikan apresiasinya atas jalinan kerja sama dengan RAPP. Beberapa hal yang disepakati bersama dalam MoA, mulai dari pemberian beasiswa hingga rekrutmen lulusan, khususnya di FTI bisa membawa dampak signifikan bagi kepentingan bersama.

“Kami berharap agar para mahasiswa maupun lulusan FTI nanti bermutu dan bisa terserap dalam dunia kerja. Serta berharap juga banyak hal-hal yang bisa dikolaborasikan kedepannya bersama RAPP,” ucapnya.

GM Strategic HR RAPP Thomas Handoko. Pun menuturkan, saat ini DUDI dituntut pula untuk berkolaborasi bersama perguruan tinggi. Kebutuhan akan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas menjadi kunci keberlangsungan dunia usaha dan industri saat ini.

“Untuk melanjutkan keberlangsungan industri ini, merekrut lulusan saja tidak cukup, kami perlu melihat keberlanjutan bisa melalui kerja sama dengan institusi pendidikan untuk mulai membina talenta-talenta muda. Pemberian beasiswa, internship program, hingga rekrutmen lulusan UNPAR pun menjadi salah satu langkah yang dilakukan untuk mencapai tujuan itu.

“Adanya kebutuhan kolaborasi seperti itu dan juga didorong oleh para alumni UNPAR, maka dari itu kami ingin bekerja sama dengan UNPAR,” ucapnya.

Usai penandatanganan MoU dan MoA dilakukan, selanjutnya berlangsung sesi diskusi bersama dan tanya jawab seputar ruang lingkup kerja sama.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut di antaranya Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNPAR C. Harimanto Suryanugraha, OSC, Drs., SLL.; Dekan FTIS UNPAR Dr. rer. nat Cecilia Esti Nugraheni, S.T., M.T.; Dekan Fakultas Ekonomi UNPAR Dr. Budiana Gomulia, Dra., M.Si; Kepala Kantor Internasional dan Kerjasama UNPAR Sylvia Yazid, Ph.D.; dan Kepala Lembaga Pengembangan Institusi dan Inovasi (LPII) UNPAR Catharina B. Nawangpalupi, Ph.D. serta jajaran dosen dari FTI UNPAR. (KTH-Humkoler UNPAR)

Berita Terkini

UNPAR dan Bank BJB Bersinergi Dorong Pertumbuhan UMKM melalui BJBPreneur

UNPAR dan Bank BJB Bersinergi Dorong Pertumbuhan UMKM melalui BJBPreneur

UNPAR.AC.ID, Bandung – Pada Selasa (20/02/2024), Ruang Multifungsi PPAG Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) menjadi arena yang ramai oleh kehadiran para pemangku kepentingan dari berbagai sektor dalam acara “BJBPreneur: Future for Sustainability on Campus”. Acara...

UNPAR Raih 3 Gold Winner Anugerah LLDIKTI IV Tahun 2024

UNPAR Raih 3 Gold Winner Anugerah LLDIKTI IV Tahun 2024

UNPAR.AC.ID, Bandung – Universitas Katolik Parahyangan meraih tiga Gold Winner Anugerah Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV Tahun 2024, yang bertempat di The Grand Krakatau Ballroom pada Senin (19/2/2024) malam. Dalam malam penganugerahan tersebut,...

Kontak Media

Divisi Humas & Protokoler

Kantor Pemasaran dan Admisi, Universitas Katolik Parahyangan

Jln. Ciumbuleuit No. 94 Bandung 40141 Jawa Barat

Mar 7, 2023

X