Home / Berita Terkini / Tech A Break: Tokopedia Goes To Campus

Tech A Break: Tokopedia Goes To Campus

Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) menjadi salah satu universitas yang dikunjungi tim Tokopedia dalam acara “Tech A Break: Tokopedia Goes To Campus”. Lewat acara ini, Tokopedia ingin berbagi ilmu sekaligus mencari talenta-talenta baru di lingkungan kampus. Acara yang diselenggarakan pada Kamis, 25 Oktober di Fakultas Teknik Informatika dan Sains (FTIS) Unpar ini menghadirkan dua pembicara dari tim ahli data Tokopedia.

Pada sesi pertama, Sulung Suganda Data Engineer di Tokopedia menerangkan tentang bagaimana sebuah pencarian di aplikasi Tokopedia diproses untuk menghasilkan analisis spesifik menggunakan berbagai aplikasi seperti “Druid” dan lainnya. Pada sesi kedua, Adiyoga Istiono Putra alumnus Teknik Industri Unpar tahun 2008, menjelaskan tentang bagaimana tim analisis data di Tokopedia bekerjasama dengan analis sektor bisnis dan teknologi untuk menghasilkan kebijakan yang tepat dalam perkembangan perusahaan.

Dalam sisi teknis, perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan daring seperti Tokopedia sangat memperhatikan pencarian para pengguna layanan mereka. Dengan memperhatikan hal ini, Tokopedia dapat memberikan pilihan produk dagangan yang sesuai dengan preferensi dari pengguna layanan secara spesifik. Dengan menggunakan metode seperti itu, kemungkinan untuk para pengguna layanan membeli dagangan yang diperlihatkan Tokopedia semakin meningkat. Hal tersebut yang dipelajari oleh para analis dan insinyur khusus tim Tokopedia.

Acara ini diminati oleh mahasiswa FTIS. Kebanyakan dari peserta adalah mahasiswa tingkat akhir yang tengah menyelesaikan penulisan skripsi. Setelah acara usai, seluruh peserta menerima bingkisan dari Tokopedia. Beberapa peserta yang berpartisipasi di sesi tanya jawab juga mendapatkan voucher belanja Tokopedia.