Home / Berita Terkini / Studi Pabrik Teknik Industri 2015

Studi Pabrik Teknik Industri 2015

Guna menambah wawasan dan ilmu mahasiswa, Program Studi Teknik Industri mengadakan kegiatan Studi Pabrik. Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa dapat menggali serta memperoleh pengalaman langsung di lapangan yang berkaitan dengan teori-teori/ilmu yang telah mereka peroleh di dalam kelas perkuliahan.

Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 7-12 Juni 2015 ke beberapa pabrik yang berada di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Pabrik-pabrik tersebut antara lain adalah: PT. Sido Muncul di Semarang, PT. Sido Muncul Pupuk Nusantara, PT. Coca-Cola Amatil Indonesia di Semarang, PT. Djarum di Kudus, PT. Polytron di Kudus, PT. Dua Kelinci di Kudus, serta PT. Pabrik Kertas Tjiwi Kimia di Mojokerto.

Banyak pengetahuan yang mahasiswa peroleh dari kegiatan ini seperti proses produksi mencakup alur dan tahapan produksi di industri-industri tersebut, instrumen serta sumber daya yang dipergunakan, pengelolaan limbah, dsb.

Kunjungan di PT. Polytron, mahasiswa diijinkan untuk melihat secara langsung proses pekerjaan, baik yang menggunakan mesin seluruhnya maupun yang melibatkan pekerja di lantai produksi. Sedangkan di PT. Sido Muncul, mahasiswa mendapat gambaran tentang begitu pentingnya peranan laboratorium research and development yang bertugas untuk menjaga kualitas produk serta melakukan inovasi untuk menemukan variasi produk baru yang memiliki peluang besar untuk laku di pasaran, seperti inovasi kopi jahe, susu jahe, dan produk lainnya.

Satu hal yang cukup unik ditemui oleh peserta studi pabrik di PT. Coca-Cola Amatil Indonesia. Industri tersebut membuat baju pegawai yang terbuat dari botol plastik kemasan coca-cola. Hal tersebut merupakan salah satu aksi nyata dari dicanangkannya “Go Green” di PT . Coca-Cola.