Home / Berita Terkini / Studi Pabrik 2014 Program Studi Teknik Industri UNPAR

Studi Pabrik 2014 Program Studi Teknik Industri UNPAR

Acara Studi Pabrik (Stupa)merupakan salah satu acara tahunan dari program studi teknik industri. Acara Stupa 2014 berlangsung pada tanggal 8-12 Juni 2014 dengan tujuan kunjungan ke Jawa Tengah (Kudus) dan Jawa Timur (Pasuruan). Adapun perusahaan yang dikunjungi yaitu PT Djarum yang berada di Kudus, serta PT Sampoerna dan PT Amerta Indah Otsuka yang berada di Pasuruan.

PT Djarum adalah perusahaan yang pertama dikunjungi dan berlokasi di Jawa Tengah, tepatnya di Kabupaten Kudus. Di perusahaan ini, para mahasiswa disuguhi dengan berbagai pengetahuan tentang pembuatan rokok. Rombongan Stupa diajak untuk melihat bagian SKT (Sigaret Kretek Tangan) di mana pada bagian tersebut proses pengelintingan rokok hingga packing-nya masih dilakukan secara manual. Selain SKT, rombongan Stupa pun diajak untuk mengamati bagian SKM (Sigaret Kretek Mesin) untuk melihat proses pembuatan rokok yang serba terotomasi. Hal yang paling menaik adalah pemanfaatan mesin-mesin yang luar biasa canggih beserta robot-robot. Selanjutnya, para mahasiswa juga berkunjung ke bagian pembibitan tembakau dan WTCP (Water Treatment and Composting Process) yang merupakan tempat pengolahan limbah dari rokok.

Kunjungan kedua adalah ke PT Sampoerna yang lebih difokuskan pada bagian print pack-nya. Pada kesempatan ini, rombongan dibagi menjadi dua bagian karena adanya keterbatasan kuota untuk pengunjung. Setelah selesai melakukan pengamatan, kedua kelompok rombongan akan saling bertukar bagian. Kedua bagian yang dikunjungi adalah bagian SKM (Sigaret Kreteg Mesin) dan bagian print-pack. Namun, karena tedapat keterbatasan waktu, hal pertukaran bagian tersebut tidak terealisasi.

Kunjungan ketiga adalah ke PT Amerta Indah Otsuka, yakni perusahaan yang memproduksi minuman Pocari Sweat, di perusahaan ini, diberikan kesempatan untuk mengamati proses pembuatan minuman tersebut mulai dari proses pembuatan botolnya hingga proses pengisian minuman dan packing-nya, serta dijelaskan pula bagaimana sejarah dari terciptanya minuman tersebut.

Kunjungan singkat pada acara Stupa ini sungguh sangat bermakna. Melalui kegiatan tersebut, para mahasiswa dapat lebih memahami ilmu-ilmu yang dipelajari di perkuliahan beserta pengaplikasiannya di dunia kerja, terutama di bidang manufaktur industri.