Home / Berita Terkini / Short Diplomatic Course 2013

Short Diplomatic Course 2013

Kegiatan Short Diplomatic Course yang diselenggarakan oleh Program Studi Ilmu Hubungan Internasional  Pada tanggal 4 November 2013 Bertempat di ruang audio visual, gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Univesitas Katolik Parahyangan berlangsung dengan antusias yang tinggi dari peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan ini berbentuk seminar dan di dalamnya terdapat dua sesi. Sesi pertama mengenai tata bahasa persidangan. Yang dibahas dalam sesi tersebut, antara lain: bahasa formal yang digunakan oleh PBB, peserta konferensi, berbagai sapaan resmi dalam persidangan, serta berbagai tata bahasa persidangan, seperti opening, offering agenda, giving-taking floor statement, concluding, expression, dan sebagainya. Sesi kedua mengenai teknik komunikasi massa. Yang dibahas dalam sesi tersebut adalah speaking course untuk 20 peserta dan hal penting dalam berbicara, seperti smartness when you say something, elegant, distinctiveness, intonation, pronunciation, body language, dan eyecontact.

Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian acara yang ada dalam Prakdip 2013. Praktik Diplomasi merupakan sebuah mata kuliah, bernilai 4 SKS, yang dirancang secara khusus dimana mahasiswa/i tingkat akhir memainkan peran sebagai seorang diplomat yang terlibat dalam isu-isu multilateral. Praktik Diplomasi 2013 mengadopsi Non-Alignment Movement sebagai konsep model konferensi yang akan dimodelkan.

Karena sifatnya yang alami dan unik, bahasa diplomatik bukanlah sesuatu yang dapat dipelajari dan dikuasai dengan mudah, sekalipun oleh para ahli. Kegiatan ini bukan hanya mendukung proses persiapan peserta Praktik Diplomasi 2013, tapi juga membekali para mahasiswa/i dalam menghadapi kegiatan diplomasi yang sesungguhnya.