Serbuan Vaksinasi Covid-19, Seruan Gotong Royong 63 Tahun Keberadaan FH UNPAR

Dok. Ilumni FH UNPAR

UNPAR.AC.ID, Bandung – Memperingati 63 tahun keberadaannya, Fakultas Hukum Universitas Katolik Parahyangan (FH UNPAR) bersama Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Sesko AL), dan Pangkalan TNI AL Bandung (Lanal Bandung) didukung Salim Group berkolaborasi bersama mengadakan kegiatan Serbuan Vvaksinasi Covid-19 guna mempercepat penanganan Covid-19, pada 17-18 September 2021, di Pusat Pembelajaran Arntz-Geise (PPAG) UNPAR.

“Besar harapan, vaksinasi yang ditujukan bagi masyarakat usia 12 tahun ke atas (12+) itu bisa mendorong tercapainya herd immunity. Sebanyak 3.500 warga tanpa syarat domisili ditargetkan mengikuti vaksinasi sebagai upaya bersama memastikan keselamatan dan kesehatan warga. Ikhtiar ini pun bagian dari cara bersama memulihkan perekonomian nasional. Tak dimungkiri, dua hal itu tak mudah diwujudkan, namun ada doa dan keyakinan bahwa kita sebagai bangsa akan mampu melalui ini,” demikian dikutip dalam keterangan tertulis Keluarga Besar PP Ilmuni FH UNPAR.

Kegiatan Serbuan Vaksinasi ini juga dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT FH UNPAR ke-63 serta HUT TNI AL yang ke-76. Vaksinasi tahap 2 nantinya direncanakan akan berlangsung pada 16 Oktober 2021 mendatang. Serbuan Vaksinasi menjadi program pertama pada Ilumni FH UNPAR periode 2021-2025 dibawah kemimpinann Dr. Samuel M.P. Hutabarat S.H., M.Hum. Sementara kepanitiaan Serbuan Vaksinasi dipimpin Irawaty Hutabarat S.H.M.Kn. Kegiatan Serbuan Vaksinasi  yang dilaksanakan pada tanggal 17-18 September 2021 telah berhasil memberikan vaksinasi tahap pertama bagi sekitar 1.700 penerima vaksin.

Covid 19: Momentum Wujudkan Gotong Royong dalam Kehidupan Berbangsa.

Pandemi Covid 19 yang hampir 2 tahun melanda dunia jelas membuat hampir semua negara mengalami dampaknya, tidak ada yang siap dengan pandemi ini, tidak hanya tentang korban jiwa yang ditimbulkan, namun juga berdampak  terhadap perekonomian yang sungguh mendalam dirasakan di hampir di seluruh aspek kehidupan.

Melihat dan memahami pandemi ini dapat dianalogikan seperti badai besar di tengah lautan dan kita, bangsa Indonesia adalah salah satu kapal yang sedang berlayar di lautan. Pertanyaannya, dapatkah kita bertahan di tengah badai ini dan terus berlayar menuju tempat impian kita bersama, Indonesia yang cerdas, adil dan sejahtera?

Jawabannya ada pada segenap orang yang berada di atas kapal tersebut. Bagaimana kita memaknai badai ini sebagai sebuah tantangan, tanggung jawab dan kewajiban bersama untuk saling menjaga dan menyelamatkan. Tidak ada keselamatan bagi 1 penumpang pun jika kapal tersebut hancur dalam badai karena tidak adanya kerja sama dari segenap penumpang kapal, sehingga bekerja sama adalah satu-satunya jalan untuk kita berhasil melewati badai pandemi ini.

Kerja sama yang dalam istilah para pendiri bangsa kita terus digemakan dengan gotong royong adalah jiwa bangsa Indonesia, dan gotong royong adalah cara untuk keluar dari badai tersebut. Lebih dari itu, pandemi ini adalah kesempatan bagi kita sebagai bangsa meningkatkan kapasitas dan belajar berinovasi dari setiap tantangan yang ada. Ada sebuah pelajaran berharga bahwa setelah ini kita akan semakin tangguh dan kuat sebagai bangsa atau sebaliknya, kita gagal dalam bertahan dan kapal besar bernama Indonesia akan karam.

Jika istilah gotong royong adalah nilai yang tidak familiar lagi beberapa tahun belakangan ini, maka pandemi ini adalah momentum untuk menyampaikan pada dunia, bahwa gotong royong adalah katakternya bangsa Indonesia.

Komitmen Ilumni FH UNPAR Menjawab Pesan Penting Para Pendiri Kampus “Bahkuning Hyang Mrih Guna Santjaya Bakti”.

Kehadiran FH UNPAR adalah komitmen para pendiri universitas untuk dapat melahirkan para ahli hukum yang dapat berkontribusi pada pembangunan bangsa. Dengan harapan para juris akan mengisi pembangunan hukum di Indonesia. Problem hukum yang terus berubah dan berkembang dapat terus dijawab dengan adanya FH UNPAR yang menjadi dapur keilmuan, di mana hasilnya akan disajikan dan dirasakan di tengah masyarakat.

Hal tersebut adalah pesan penting dari sebuah kalimat kuno yang tertulis pada Sesanti UNPAR: Bahkuning Hyang Mrih Guna Santjaya Bakti; Berdasarkan Ketuhanan, Menuntut ilmu untuk Dibaktikan pada Masyarakat. Maka pesan ini juga yang harus dimaknai dalam tindak tanduk para alumnus.

Kegaiatan vaksinasi yang saat ini dilaksanakan adalah sebuah ikhtiar terhadap pesan para pendiri kampus, bahwa para alumnus hadir dan turut berperan pada persoalan kemasyarakatan yang terjadi. Pesan tentang pengabdian keilmuan, partisipasi pada persoalan kemasyarakatan adalah hal yang seharusnya menjadi DNA-nya para alumnus UNPAR untuk terus mengabdikan diri pada masyarakat, terlebih bagi masyarakat yang marjinal dan kurang beruntung.

63 Tahun FH UNPAR: Serbuan Bergotong Royong

15 September 2021 adalah hari peringatan 63 tahun keberadaan FH UNPAR, yang merupakan FH swasta tertua di Indonesia. Umur 63 tahun tersebut adalah umur yang membawa permenungan panjang akan berkat, penyertaan, dan perlindungan Yang Maha Kuasa atas kontribusi para pendiri kampus,  pengurus dan alumnus, untuk dapat menyatakan syukur tersebut lewat pengamalan nilai nilai UNPAR.

Di tengah kondisi pandemi ini, program vaksinasi Ilumni FH UNPAR yang didukung penuh oleh Sesko AL, Lanal Bandung, Satgas Covid-19 UNPAR, dan Salim Grup melalui program Ser(b)uan vaksinasi, maka Ilumni FH UNPAR dari program ini menyampaikan Seruan Gotong Royong yang sejatinya adalah vaksin terbaik untuk bangsa ini keluar dari pandemi untuk Indonesia Tangguh dan Indonesia Tumbuh. Gotong royong akan menjaga, menumbuhkan, merawat dan memajukan Indonesia. Sudah saatnya kita melihat pandemi ini sebagai peluang untuk bertumbuh dan maju. (Ira Veratika SN-Humkoler UNPAR)

Berita Terkini

Mengendalikan A.I. di Era A.I.

Mengendalikan A.I. di Era A.I.

UNPAR.AC.ID, Bandung - Hampir semua orang di dunia sudah familiar dengan teknologi Artificial Intelligence (A.I.) pun menggunakannya. Artificial Intelligence atau Kecerdasan Artifisial adalah mesin (komputer) yang memiliki kemampuan untuk berpikir dan bertindak...

Prodi Studi Humanitas UNPAR Terakreditasi Baik BAN PT

Prodi Studi Humanitas UNPAR Terakreditasi Baik BAN PT

https://www.youtube.com/watch?v=tPoNEuVdlLc UNPAR.AC.ID, Bandung – Program Studi Studi Humanitas Universitas Katolik Parahyangan telah memenuhi peringkat akreditasi “Baik” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) tertanggal 23 Januari 2024. Peringkat...

Kontak Media

Divisi Humas & Protokoler

Kantor Pemasaran dan Admisi, Universitas Katolik Parahyangan

Jln. Ciumbuleuit No. 94 Bandung 40141 Jawa Barat

Sep 21, 2021

X