Home / Mahasiswa / Seminar Pemilu Presiden 2014 : Menggugah Partisipasi dan Sikap Kritis Mahasiswa dalam Mewujudkan Pemilu yang Berkualitas

Seminar Pemilu Presiden 2014 : Menggugah Partisipasi dan Sikap Kritis Mahasiswa dalam Mewujudkan Pemilu yang Berkualitas

Pada tanggal 26 April 2014 Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK) UNPAR mengadakan seminar yang membahas tentang pemilu presiden 2014. Acara ini diadakan di Gedung Aula Pasca Sarjana UNPAR. Pembicara yang diundang dalam seminar ini adalah Dr. Pius Sugeng Prasetyo, M.Si sebagai perwakilan dosen Administrasi Publik UNPAR, Perwakilan Komisi Pemilu Jabar yaitu Drs. Tepy Wawan Dharmawan, SH; dan Perwakilan Badan Pengurus Pemilu Jabar yaitu  Drs. Eliazar Barus,A.P.M.Si. Serta mengundang Dominique Nicky Fahrizal, SH, MH sebagai pembawa acara dan moderator.

Pemilu merupakan sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat. Apabila pemilu tidak dillaksanakan maka negara kita mungkin masih merasakan kerasnya sistem pemerintahan  monarki, oligarki, diktator bahkan kolonialisme. Akhir-akhir ini antusias masyarakat terhadap pemilu semakin berkurang salah satu penyebabnya karena masyarakat merasa tidak puas atas kinerja system politik yang tidak memberikan perbaikan kualitas. Sebagai catatan, pada tahun 1999 persentase partisipasi masyarakat Jawa Barat dalam memberikan hak suaranya adalah sebesar 90%. Namun pada pemilihan calon legislatif 2014, persentase partisipasi masyarakat menurun menjadi 71,2%.

Pada pemilu  2014 diharapkan banyak pemilih muda yang ikut serta memberikan hak suaranya. KMK ingin menunjukkan kepada kaum muda khususnya mahasiswa bahwa suara mereka juga penting dalam pemungutan suara. Sebagai kaum muda diharapkan tidak hanya asal memilih calon wakil rakyat, tetapi kita perlu mempertimbangkan keputusan yang akan diambil sehingga dapat menjadi smart voters, Sehingga pada pemilihan capres mendatang  dapat berpartisipasi dengan mantap dan persentase golongan putih dalam pemungutan suara dapat ditekan seminimal mungkin.