Home / Berita Terkini / Seminar Nasional Hasil-hasil Penelitian Pascasarajana Program Magister Ilmu Sosial (MIS)

Seminar Nasional Hasil-hasil Penelitian Pascasarajana Program Magister Ilmu Sosial (MIS)

Program studi Magister Ilmu Sosial (MIS), menyelenggarakan seminar nasional “Hasil-hasil penelitian Pascasarjana” pada tanggal 29 dan 30 November 2013. Acara yang berlangsung di Kampus Pascasarjana jalan Merdeka Bandung ini bertema “Pembangunan dalam Globalisasi”. Thema ini dimaksudkan agar bidang-bidang kajian ilmu sosial dikaitkan dengan masalah-masalah internasional terutama menghadapi era globalisasi.

Acara seminar dibuka oleh ketua Program MIS PPS-UNPAR, Dr. Sukawarsini Djelantik, yang menguraikan  tujuan seminar untuk mensosialisasikan dan mendiseminasikan hasil-hasil penelitian program pascasarjana kepada masyarakat luas dan pemangku kepentingan seperti pemerintah nasional, Pemda Provinsi, dan Pemda Kabupaten/Kodya. Seminar Nasional juga menjadi ajang sosialisasi dan menjalin jejaring bagi para mahasiswa. Sebagai pembicara kunci pada hari pertama adalah dr. Basuri Tjahaya Purnama, Bupati Kabupaten Belitung Timur, dan Prof. Bob Sugeng Hadiwinata. Bupati Basuri menguraikan berbagai tantangan dan masalah yang dihadapi dalam menerapkan misinya memajukan Daerah Belitung Timur. Pembicara kunci hari kedua adalah Ibu Anie Hashim Djoyohadikusumo, seorang pendiri organisasi non-pemerintah, filantropis dan penggiat sosial. Melalui organisasinya, Yayasan Wadah Titian Harapan, beliau telah melakukan berbagai kegiatan pembangunan masyarakat di berbagai wilayah di Indonesia. Rektor Unpar, Prof. Robertus Wahyudi Triweko, Ph.D yang hadir pada kesempatan ini juga menyambut baik kerjasama yang mulai terjalin antara Unpar dengan Yayasan Wadah Titian Harapan terutama dalam bidang-bidang pemberdayaan masyarakat.

Kehadiran para narasumber dirasakan sangat bermanfaat bagi para mahasiswa pascasarjana yang selama ini sudah mempelajari berbagai teori dan konsep selama perkuliahan. Dengan berkomunikasi langsung dengan narasumber, mahasiswa dapat belajar dari tangan pertama tantangan dan peluang yang dihadapi dalam mengelola manajemen publik dan organisasi non-pemerintah.

Seminar Nasional merupakan agenda tahunan pada program studi Magister ilmu Sosial-PPS-UNPAR. Tampil sebagai presenter dari program MIS adalah: Anggia Valerisha, Gerry Octavia, Stephani Dania, Amelia Maya Irwanti, Sok Bunsen, Anvar Gafurov, Timotius Larosa, Bryan Hilton, Batu Mardohar Simanjuntak, dan Vivi Pusvitasari. Mereka umumnya mahasiswa tingkat akhir yang tengah menyelesaikan tahap akhir studi di Program Pascasarjana UNPAR.