Home / Berita Terkini / Semi-Annual Event Akuntansi Unpar: Make Bonds Out of Boundaries

Semi-Annual Event Akuntansi Unpar: Make Bonds Out of Boundaries

Hidup di era yang kompetitif, setiap individu haruslah bisa saling bekerja sama satu dengan lainnya. Teamwork merupakan salah satu skill yang harus bisa dimiliki oleh setiap individu. Ketika bekerja di dalam tim, pekerjaan yang terlihat banyak dan sulit untuk diselesaikan dapat dengan mudah diatasi. Selain itu, teamwork dapat mendekatkan kita dengan orang-orang yang memiliki latar belakang beragam dan bisa memperluas jaringan pertemanan. Dengan bekerja bersama orang lain, hal tersebut juga akan lebih membantu kita untuk mengembangkan soft skill di bidang komunikasi.

Melihat pentingnya kebutuhan untuk mengasah teamwork dan soft skill, Departemen Kesejahteraan Mahasiswa Himpunan Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Katolik Parahyangan (HMPSA Unpar) menyelenggarakan acara Semi-Annual Event (SAE) pada Minggu (11/11/2018) di Grafika Cikole, Lembang. Sesuai dengan namanya, kegiatan ini diadakan dua kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan April dan November.

Pada kesempatan ini, SAE ini diikuti oleh 52 mahasiswa program studi Akuntansi lintas angkatan. Tujuan diadakannya SAE selain untuk lebih dapat mendekatkan mahasiswa Akuntansi Unpar, juga sebagai pelatihan non-akademik, meningkatkan teamwork, soft skill, dan problem solving. Pada acara tersebut, peserta dibagi ke dalam beberapa kelompok dan diajak untuk menyelesaikan 9 permainan berbeda yang mengasah soft skill dan teamwork.

“Selain untuk refreshing dan mengasah soft skill, dalam SAE, mahasiswa juga bisa saling mengenal satu sama lain, khususnya untuk saling mengenal angkatan lain,” tutur Adelia Febriana ketua pelaksana SAE 2018.

“Tema yang kita angkat pada SAE ini adalah ‘Make Bonds out of Boundaries. Di sini kami mengajak peserta untuk dapat membuat ikatan dengan satu sama lain dan untuk belajar keluar dari zona nyamannya,” tambah mahasiswi angkatan 2017 tersebut.

Saat ditanya mengenai hal apa yang membedakan SAE pada bulan November dengan SAE yang dilaksanakan pada bulan April lalu, Adelia menuturkan bahwa meskipun tujuan acara ini tetap sama, namun ada perbedaan di segi rangkaian permainan. SAE pada bulan April mengangkat tema amazing race, yang mana peserta harus berkeliling sekitar Kota Bandung untuk mencari petunjuk-petunjuk yang sudah disebar sedangkan permainan pada SAE bulan November bertemakan outbond.

Kegiatan SAE diikuti dengan antusias oleh para peserta. “Dari kuesioner yang dibagikan, peserta sangat enjoy,” ungkap Adelia. “Ditambah lagi acara ini dilaksanakan setelah UTS, jadi peserta bisa have fun dan juga bisa lebih akrab dengan satu sama lain,” imbuhnya.