Sampaikan Pesan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, Rektor UNPAR Ajak Amalkan Cinta Kasih Persaudaraan

UNPAR.AC.ID, Bandung – Rektor Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) Mangadar Situmorang, Ph.D. mengajak segenap komunitas akademika UNPAR mengamalkan kasih persaudaraan dalam menyambut Natal 2021. Terinspirasi dari tema “Cinta Kasih Kristus yang Menggerakkan Persaudaraan” sebagaimana ditetapkan oleh Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) bersama Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI), UNPAR pun harus berubah dan berkembang sebagai wujud cinta kasih untuk menggerakkan persaudaraan dan memberikan kebaikan bagi banyak orang.

“Tema ini mengambil inspirasi dari Santo Petrus yang mengatakan, ‘Karena kamu telah menyucikan dirimu oleh ketaatan kepada kebenaran sehingga kamu dapat mengamalkan kasih persaudaraan yang tulus ikhlas, hendaklah kamu bersungguh-sungguh saling mengasihi dengan segenap hatimu’. Kutipan ini dapat kita tempatkan pada dua konteks,” ujar Rektor dalam pesannya, Rabu (22/12/2021).

Konteks pertama yaitu ihwal pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia. Pandemi, lanjut Rektor, telah mengakibatkan dampak kesehatan, ekonomi, dan sosial.

“Kita diajak untuk peduli kepada saudara-saudara kita yang mengalami penyakit, kematian, maupun juga dampak ekonomi yang sangat besar,” tuturnya.

Sementara konteks kedua, kutipan Santo Petrus tersebut pun sejalan dengan Spiritualitas dan Nilai-nilai Dasar UNPAR (SINDU). SINDU yang telah tertanam dalam setiap pribadi komunitas akademik UNPAR menjadi basis atas tiga nilai dasar yang menjadi pegangan, yaitu manusia yang utuh, cinta kasih dalam kebenaran, dan hidup dalam keberagaman.

“Dengan prinsip-prinsip itu kita semua diajak untuk tetap menghargai, menghormati kemanusiaan yang berbasis pada kebenaran-kebenaran ilmiah. Di tengah pandemi dan transformasi teknologi, UNPAR juga harus siap berubah dan berkembang sebagai wujud cinta kasih dan cinta kasih inilah yang menjadi modal kita untuk menggerakkan persaudaraan dan memberikan kebaikan-kebaikan bagi banyak orang,” ucap Rektor.

Selamat merayakan Natal 2021 dan menyambut Tahun Baru 2022! (Ira Veratika SN-Humkoler UNPAR)

Berita Terkini

Hidup Rukun di Tengah Kompleksitas Seni, Agama, dan Bangsa

Hidup Rukun di Tengah Kompleksitas Seni, Agama, dan Bangsa

UNPAR.AC.ID, Bandung – Seni, agama, dan bangsa/negara memiliki hubungan antara satu sama lain. Namun, hubungan antara ketiga hal tersebut bukanlah sebuah persoalan yang mudah. Hubungannya sangat dinamik, problematik, dan kompleks.  Banyak seni yang terlahir dari agama...

Kontak Media

Divisi Humas & Protokoler

Kantor Pemasaran dan Admisi, Universitas Katolik Parahyangan

Jln. Ciumbuleuit No. 94 Bandung
40141 Jawa Barat

Dec 23, 2021

X