Sambut Mahasiswa Baru, Rektor UNPAR Ajak Jaga Kedamaian dengan Menghidupi Budaya

UNPAR.AC.ID, Bandung – Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) menggelar upacara pembukaan Penerimaan Mahasiswa Baru dan Pembukaan Tahun Akademik 2022/2023 pada Rabu (7/9/2022) secara onsite di Ruang Multifungsi Pusat Pembelajaran Arntz-Geise (PPAG) UNPAR. Rektor UNPAR Mangadar Situmorang Ph.D. dalam upacara tersebut mengukuhkan total 2.407 mahasiswa baru jenjang D-3, S-1, S-2, S-3, dan Program Profesi Insinyur.

Upacara yang merupakan awal dari rangkaian acara Masa Inisiasi dan Adaptasi (SIAP) bertajuk “Menghidupi Budaya, Memperindah Dunia” yang diikuti oleh mahasiswa baru, Senat UNPAR, pimpinan unit kerja, pimpinan organisasi kemahasiswaan dan para dosen merupakan upacara penerimaan onsite pertama setelah 2 tahun online pasca pandemi Covid-19.

SIAP merupakan serangkaian kegiatan bagi mahasiswa baru untuk bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan dunia pendidikan tinggi. Dengan mengikuti kegiatan ini, mahasiswa baru diharapkan bisa mengikuti proses pembelajaran akademik dengan baik dan menyelesaikan studi tepat waktu. 

Rektor UNPAR menyambut baik kedatangan para mahasiswa baru ke UNPAR. Upacara ini menurutnya merupakan peristiwa penting dikarenakan rangkaian acara SIAP bisa kembali dilaksanakan secara onsite

“Kehadiran teman-teman mahasiswa baru menjadi indikasi, petunjuk bahwa situasi semakin membaik,” ujarnya. 

Meskipun demikian, Rektor secara khusus berpesan agar mahasiswa baru bisa aktif hadir datang ke kampus untuk mengikuti proses akademik maupun non-akademik dengan memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku. Mahasiswa baru dapat memanfaatkan waktu dan teknologi yang ada dengan aktivitas positif seperti menjalin persahabatan dengan sivitas lainnya, berdialog dengan tenaga kependidikan, dan juga melibatkan diri dalam kegiatan kemahasiswaan. 

“Sekalipun keadaan semakin membaik, pandemi Covid-19 mereda, tetapi kita juga tahu kewaspadaan, kehati-hatian, dan kepatuhan terhadap protokol kesehatan harus tetap dijaga,” tuturnya.

Selain itu, Rektor juga berpesan untuk tidak menyebarkan hoaks namun kedamaian dan juga keindahan. Budaya harus dihidupi dengan sehat, baik, positif, damai, dan santun agar dunia bisa menjadi lebih indah. 

“Mari saling menghormati, menjaga, meneguhkan keindahan-keindahan yang kita miliki secara personal,” ucapnya.  

Lebih lanjut, Rektor mengatakan bahwa UNPAR menekankan kebhinekaan dan keberagaman. Berbagai mahasiswa datang dengan latar belakang yang berbeda satu dengan yang lainnya dan hal tersebut harus dihargai seluruhnya. 

“Di tempat ini, semua itu harus dihargai dan dihormati,” ujarnya. 

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNPAR C. Harimanto Suryanugraha, OSC, Drs., SLL. menyampaikan jika sejumlah mahasiswa baru tahun ajaran 2022/2023 berasal dari berbagai jalur seperti Penelusuran Minat dan  Kemampuan (PMDK), Ujian Saringan Masuk (USM), Jalur Mitra Sekolah, Seleksi Khusus, serta seleksi Ujian Tulis Berstandar Komputer (UTBK) yang  berasal dari berbagai wilayah di Indonesia.

Dia pun turut menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan penerimaaan mahasiswa baru UNPAR tahun ajaran 2022/2023 atas kerja keras sehingga acara tersebut dapat berjalan dengan lancar. 

“Dalam kesempatan ini kami ingin menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh pelaksana kegiatan penerimaan mahasiswa baru UNPAR tahun akademik 2022/2023 yaitu pimpinan UNPAR, para dosen, tenaga kependidikan, dan semua pihak yang terlibat langsung maupun tidak langsung yang telah bekerjasama dengan penuh tanggung jawab dan dedikasi yang tinggi demi terlaksana nya kegiatan penerimaan mahasiswa baru tahun 2022,” ujarnya. (KTH/JES-Humkoler UNPAR)

Berita Terkini

Menilik Ihwal Ekonomi Kesejahteraan dari Perspektif Amartya Sen

Menilik Ihwal Ekonomi Kesejahteraan dari Perspektif Amartya Sen

UNPAR.AC.ID, Bandung – Dewasa ini, kesejahteraan ekonomi merupakan hal yang masih sulit untuk dicapai. Faktor utama dari kesejahteraan bukan lagi berbicara mengenai ekonomi semata, lebih jauh lagi berbicara mengenai kemanusiaan dan hal tersebut harus dapat diukur. ...

Panitia Seleksi Umumkan 6 Bakal Calon Rektor UNPAR Masa Bakti 2023-2027

Panitia Seleksi Umumkan 6 Bakal Calon Rektor UNPAR Masa Bakti 2023-2027

UNPAR.AC.ID, Bandung – Panitia Proses Seleksi Rektor Universitas Katolik Parahyangan mengumumkan 6 nama Bakal Calon Rektor UNPAR masa bakti 2023-2027 di Selasar Multifungsi Pusat Pembelajaran Arntz-Geise UNPAR, Kamis (26/1/2023). Dari 10 Pelamar Bakal Calon Rektor, 6...

Kontak Media

Divisi Humas & Protokoler

Kantor Pemasaran dan Admisi, Universitas Katolik Parahyangan

Jln. Ciumbuleuit No. 94 Bandung
40141 Jawa Barat

Sep 7, 2022

X