Sambut Hari UMKM Internasional, UNPAR Gelar Expo Libatkan 80 Pelaku Usaha

UNPAR.AC.ID, Bandung – Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) menggelar Expo UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) selama 2 hari yang dibuka pada Rabu (21/6/2023). Mengusung tema ‘UMKM Unggul, Naik Kelas, Go Internasional’, acara yang dibuka untuk umum tersebut diselenggarakan dalam rangka menyambut hari UMKM Internasional yang jatuh pada 27 Juni 2023.

Expo selama dua hari ini menghadirkan lebih dari 80 tenant yang mewakili UMKM yang terafiliasi dengan Indonesia Entrepreneurship Forum (IEF), SCORE UNPAR, Lembaga Pengembangan Institusi dan Inovasi UNPAR, Kelas Kewirausahaan dan Simulasi Bisnis Program Studi Sarjana Administrasi Bisnis UNPAR, dan Program Studi Sarjana Manajemen UNPAR.

Expo UMKM ini mengundang banyak atensi dari mahasiswa UNPAR ataupun eksternal. Berbagai bidang usaha seperti makanan, kerajinan tangan, jasa, hingga batik turut hadir dalam acara ini. Tidak hanya dimeriahi oleh para tenant, para pengunjung juga dapat menikmati berbagai kegiatan lainnya seperti talkshow, workshop membuat kalung dan decoupage, demo masak, lomba menggambar, dan lainnya.

Ketua Indonesia Entrepreneuship Forum Dr. Banowati Talim menuturkan, berkolaborasi dengan berbagai pihak, Expo UMKM menjadi langkah nyata mendukung roda perekonomian bagi para pelaku usaha kecil hingga menengah.

“Kami sangat senang menyelenggarakan Expo UMKM sebagai bagian dari perayaan Hari UMKM Internasional. Acara ini menegaskan komitmen kami dalam mendukung pertumbuhan dan pengembangan UMKM di Indonesia. Melalui berbagi pengetahuan, jaringan, dan memamerkan pencapaian UMKM, kami bertujuan untuk menginspirasi dan mendorong para pengusaha untuk berusaha menuju keunggulan dan menjelajahi peluang di pasar global,” tuturnya.

Menilik dari sisi pelaku UMKM, Dani dari brand ‘blemkeun’ mengaku senang akan semangat dari para pengunjung yang datang. Brand miliknya berhasil menjual berbagai makanan di mana salah satu produknya yakni fruit sando terjual hingga 120 pack.

“Luar biasa. Animonya untuk UNPAR ini, fruit sando kami sampai 120 pack habis,” katanya.

Dirinya berharap agar acara Expo UMKM ini bisa berkelanjutan agar para UMKM bisa melakukan branding terlebih lagi.

“Semoga acara seperti ini bisa berkelanjutan, satu bulan sekali atau dua minggu sekali sehingga bisa meningkatkan branding UMKM ke depannya,” tuturnya.

Mahasiswa Teknik Informatika UNPAR Ghabriel Galyndeo saat berkunjung mengungkap bahwa Expo ini menarik untuk dikunjungi. Banyaknya variasi barang serta kompetitifnya para tenant membuat dirinya tertarik untuk diam sejenak di acara Expo UMKM ini. 


“Seru banget acaranya. Banyak variasi barang, dan ada beberapa tenant yang sudah sold out saja, kompetitif jadinya seru,” tuturnya, Kamis (22/6/2023).

Tidak hanya para UMKM, beberapa mahasiswa pun turut andil berjualan di Expo UMKM ini. Dominika Benedictha Mayrani, mahasiswa Administrasi Bisnis Unpar turut mengikuti acara ini dengan produk miliknya yakni kimchi.

Gak nyangka ternyata ramai sekali dan ternyata produknya habis di hari pertama. Masih terasa seperti mimpi kalau kita mahasiswa bisa berjualan produk yang sudah dirancang satu bulan lebih, ” ucapnya.

Dirinya juga berharap acara seperti ini akan terus ada karena manfaatnya yang terasa untuk mahasiswa mempraktikkan ilmu yang telah diberikan ataupun para UMKM untuk memasarkan produk, mencari pelanggan, dan memperluas pasar. (KTH-Humkoler UNPAR)

Berita Terkini

Mengendalikan A.I. di Era A.I.

Mengendalikan A.I. di Era A.I.

UNPAR.AC.ID, Bandung - Hampir semua orang di dunia sudah familiar dengan teknologi Artificial Intelligence (A.I.) pun menggunakannya. Artificial Intelligence atau Kecerdasan Artifisial adalah mesin (komputer) yang memiliki kemampuan untuk berpikir dan bertindak...

Prodi Studi Humanitas UNPAR Terakreditasi Baik BAN PT

Prodi Studi Humanitas UNPAR Terakreditasi Baik BAN PT

https://www.youtube.com/watch?v=tPoNEuVdlLc UNPAR.AC.ID, Bandung – Program Studi Studi Humanitas Universitas Katolik Parahyangan telah memenuhi peringkat akreditasi “Baik” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) tertanggal 23 Januari 2024. Peringkat...

Kontak Media

Divisi Humas & Protokoler

Kantor Pemasaran dan Admisi, Universitas Katolik Parahyangan

Jln. Ciumbuleuit No. 94 Bandung 40141 Jawa Barat

Jun 22, 2023

X